5 Cara Menyalip Mobil Agar Aman di Jalan - Wuling Motors | Wuling Indonesia

Life Style

5 Tips Cara Menyalip Mobil Agar Aman di Jalan

3 Februari, 2020

Image 5 Tips Cara Menyalip Mobil Agar Aman di Jalan

Menyalip kendaraan lain ketika berada di jalan memang sah-sah saja dilakukan. Seperti diketahui, tak semua pengendara di jalan memacu kendaraannya dengan kecepatan yang sama. Ada pengendara yang menjalankan mobilnya dengan laju lebih lambat, hal itulah yang memicu pengendara lain untuk menyalipnya.

Tapi perlu dicatat ya, salip-menyalip kendaraan di jalan tak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara agar tak membahayakan pengguna jalan lain. Apalagi jika jalan yang dilalui hanya memiliki satu jalur. Nah, sebelum menyalip ada baiknya Anda bisa mengikuti 5 tips berikut ini agar keamanan di jalan tetap terjaga.

Perhatikan keamanan

Anda mungkin merasa kesal ketika berada di belakang pengendara yang mengemudikan kendaraannya dengan lambat padahal tidak ada halangan di depan. Otomatis Anda ingin segera menyalipnya, ‘kan? Sebelum menyalip, ada baiknya perhatikan keamanannya dengan mempertimbangkan seberapa perlu Anda menyalip kendaraan di depan. Apakah berisiko membahayakan pengguna jalan lain?

Lihat kondisi jalan sekitar, apakah ada rambu dilarang mendahului karena kondisi jalan yang tak memungkinkan. Pastikan juga visibilitas Anda jelas sebelum mencoba menyalip. Juga pastikan tak ada kendaraan dari lawan arah untuk mencegah terjadinya tabrakan. Hindari untuk menyalip jika visibilitas Anda tak jelas, misalnya pada saat hujan dan pada saat berada di tikungan yang berisiko kecelakaan.

Pastikan kondisi mobil mampu menyalip

Sebelum berani untuk menyalip kendaraan di depan, sebaiknya memastikan bahwa performa kendaraan dalam kondisi baik dan tak membawa banyak barang sehingga membuat bobot mobil lebih berat. Jangan sampai karena bobot mobil lebih berat, membuat laju kendaraan Anda tak maksimal untuk menyalip yang justru malah membahayakan.

Jangan asal mengikuti kendaraan depan yang menyalip

Apabila ada kendaraan di depan Anda yang terlebih dulu menyalip, jangan langsung membuntutinya. Pengendara itu pastinya sudah memperhitungkan ruang yang cukup untuk mobilnya menyalip. Namun bisa jadi ruang tersebut tak cukup untuk Anda menyalip dan malah bisa membahayakan. Menyalip dengan mengikuti kendaraan depan juga berarti Anda tak memiliki visibilitas yang baik.

Cek spion

Pastikan kondisi jalan ‘bersih’. Maksudnya tak ada kendaraan lain dari depan, belakang, dan juga sisi blind spot Anda. Karena mungkin saja ada motor yang mau turut menyalip namun tak terlihat oleh Anda. Inilah fungsi kaca spion. Anda harus rajin-rajin mengecek kaca spion di bagian tengah dan juga samping. Kemudian, apabila ada tanda bahaya di depan yang tak memungkinkan untuk menyalip, jangan memaksakan kondisi tersebut. Misalnya saat ada kendaraan mogok di depan. Anda sebaiknya kembali ke jalur dan sedikit bersabar hingga jalanan sudah bersih kembali.

Jangan lupa menyalakan lampu sein

Nyalakanlah lampu sein ketika Anda akan menyalip. Ini akan menjadi penanda bagi pengguna jalan lain sehingga mereka bisa mewaspadai bahwa akan ada kendaraan lain yang hendak menyalip. Jangan lupa untuk mengakselerasikan kendaraan Anda lebih cepat daripada seharusnya ketika menyalip.

Quick Help