5 Tips dan Destinasi Long Trip Seru dengan Mobil

26 April, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image 5 Tips dan Destinasi Long Trip Seru dengan Mobil

Jalan-jalan menggunakan mobil tentu menjadi hal menyenangkan, apalagi jika perjalananmu termasuk ke jenis long trip. Walau menyenangkan, ternyata ada banyak hal yang harus disiapkan. Ini dia beberapa tips hingga pilihan destinasi long trip memakai mobil.

Apa Itu Long Trip dan Bedanya dengan Short Trip?

Sebelum membahas destinasi dan tips long trip, kenali dahulu definisinya. Long trip artinya perjalanan panjang. Maksudnya, perjalanan dengan jarak tempuh jauh menggunakan kendaraan.

Misalnya, bepergian ke luar kota, provinsi, hingga luar negeri masuk ke istilah long trip. Mengingat jaraknya yang jauh, tentu waktu yang dibutuhkan lebih dari sehari. Berbeda dengan short trip yang merupakan perjalanan pendek, hanya hitungan jam.

5 Tips Long Trip Seru dengan Mobil

5 Tips Long Trip Seru dengan Mobil

Banyak tips long distance trip yang bisa Anda lakukan biar perjalanan lancar, seru dan tidak membosankan, diantaranya:

1. Tidur Cukup Sebelum Perjalanan

Penting banget yang satu ini. Sebelum melakukan perjalanan jauh, kondisikan badan dahulu agar selalu fit. Tidur yang cukup antara 7-8 jam agar badan tidak lesu selama perjalanan. Apalagi jika tugas Anda sebagai driver, sangat berbahaya jika sehari sebelum trip malah dalam keadaan kurang tidur.

Sebaiknya, mulai perjalanan di awal pagi karena di pagi hari kondisi tubuh dalam keadaan bugar. Bahkan menurut dr. Michael Breus, menyetir di waktu sore tidak disarankan. Hal ini disebabkan karena suhu tubuh di waktu tersebut rendah, sehingga cenderung mengantuk.

2. Buat Rencana Tempat Pemberhentian

Buat rencana pemberhentian secara jelas, hitung tiap berapa jam akan berhenti. Jangan hanya mengandalkan satu orang sebagai driver. Untuk kebutuhan long trip, driver cadangan sangat diperlukan dengan alasan keamanan. Upayakan berhenti di rest area yang nyaman agar istirahat berkualitas. Susun rute perjalanannya dengan tepat agar tahu rest area mana saja yang akan dituju.

3. Buat Suasana Mobil Nyaman

Mengingat perjalanan yang akan dilakukan cukup jauh, pastikan kabin mobil nyaman. Misalnya, memasang pengharum mobil yang tidak memicu rasa mual. Selain itu, bersihkan kabin dahulu, pastikan nyaman ditempati untuk long trip.

Siapkan beberapa sarana pendukung kenyamanan, seperti bantal kepala, tisu, plastik, payung kecil, dan sebagainya. Cek juga kondisi sound system mobil sebagai sarana hiburan nantinya selama di perjalanan.

4. Jangan Lupa Cek Semua Kondisi Mobil

Hal penting satu ini jangan sampai terlewat karena mendukung kelancaran trip. Pastikan sebelum berangkat semua kondisi mobil sudah dicek. Perbaiki segera kerusakannya agar tidak mengganggu long trip-mu.

Mulai dari oli, air radiator, rem, wipers, dan sebagainya. Jika memang perlu, servis dahulu mobilmu sebelum dipakai untuk perjalanan jauh. Pastikan juga kekuatan kaki-kaki mobil dan kondisinya dicek agar kendaraan dalam kondisi prima.

5. Bawa Bekal

Mengingat perjalanan yang ditempuh memerlukan waktu lama, pastikan bekal logistiknya cukup. Memang di rest area tersedia aneka makanan dan minuman, tetapi sediakan juga sebelum berangkat. Misalnya snack kemasan, air mineral, roti sobek, dan aneka camilan lainnya. Pastikan bekal cukup dan tidak perlu berlebihan membawanya. Jangan lupa bekal obat-obatan, seperti anti mabuk kendaraan dan masuk angin.

5 Destinasi Long Trip dengan Mobil

5 Destinasi Long Trip dengan Mobil

Sudah punya tujuan long trip kemana saja? Jika belum, beberapa tempat berikut bisa jadi rekomendasi:

1. Malang

Destinasi long trip yang seru satu ini berlokasi di Jawa Timur, yakni Malang. Kota yang terkenal dengan buah apel ini memang lumbungnya wisata menarik. Mulai dari agrowisata petik buah, pantai, wisata air terjun, hingga pegunungan. Belum lagi fasilitas pendukung wisatawan juga banyak tersedia. Saat long trip ke Malang, Anda juga tidak perlu khawatir atau bingung mencari penginapan.

2. Banyuwangi

Jika ingin mencoba long trip dengan jarak lumayan jauh, Banyuwangi adalah destinasi yang tepat. Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika bersambang ke kabupaten di Jawa Timur ini. Mengunjungi wisata bahari ada banyak destinasinya, seperti Pantai Pasir Merah. Jika ingin melihat panorama pegunungan, kunjungi Kawah Ijen, Jawatan Benculuk, hingga Taman Nasional Baluran.

Tidak perlu khawatir long trip dengan mobil ke Banyuwangi walau jaraknya cukup jauh. Anda bisa mengandalkan Wuling Alvez yang memiliki performa gahar dengan kapasitas mesin 1485 cc bahan bakar bensin. Cocok untuk mendukung long trip karena tenaganya setara 105 hp. Didukung interior kabin yang membuat penumpang nyaman serta fitur entertainment, pasti betah menikmati perjalanan long trip bersama kerabat.

3. Semarang

Semarang cocok sebagai destinasi long trip yang kaya akan tempat wisata. Mulai dari wisata Kota Lama, candi, hingga wisata alam semua tersedia. Belum lagi ragam wisata kuliner yang otentik dari ibu kota Jawa Tengah ini menarik untuk dicicipi. Salah satu pilihan tempat wisata hits di Semarang untuk long trip adalah Eling Bening. Udara bersih yang berpadu dengan panorama gunung Merbabu dan pegunungan Telomoyo.

4. Pantai Anyer

Jika tinggal di Jakarta, kawasan Anyer merupakan destinasi yang wajib masuk ke list. Pantai satu ini jaraknya tidak begitu jauh dari Jakarta, tetapi sangat seru untuk dikunjungi. Rangkaian fasilitas di sekitarnya juga sudah sangat lengkap. Mulai dari penginapan, resto, parkir, dan masih banyak lainnya. Belum lagi pemandangan indah pantai yang cocok untuk merefresh pikiran.

5. Cirebon

Long trip seru ke kawasan Pantai Utara Jawa Barat juga patut dijadikan referensi. Cirebon merupakan destinasi yang kaya akan berbagai jenis wisata, baik alam, sejarah, kebudayaan, hingga kuliner lengkap tersedia. Anda bisa berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon, menonton pertunjukan Sintren, dan mencicipi Nasi Jamblangnya. Jangan lupa beli batik khas Cirebon yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Liburan long trip memang meninggalkan kesan mendalam, karena waktunya yang relatif lama. Pastikan persiapannya maksimal dan pilihan destinasinya direncanakan secara matang. Terutama mempersiapkan kendaraan yang didukung kenyamanan optimal.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer