5 Tips Mengatur Kaca Spion Mobil yang Benar | Wuling

Life Style

5 Tips Mengatur Kaca Spion Mobil yang Benar

27 Februari, 2021

Image 5 Tips Mengatur Kaca Spion Mobil yang Benar

Dalam hal berkendara, kaca spion mobil adalah fitur keselamatan yang sangat penting untuk diperhatikan. Apabila Anda tidak melihat spion, maka keselamatan akan sangat terancam dan Anda tidak bisa melihat mobil di bagian belakang dan meningkatkan risiko tabrakan.

Untuk para pengemudi pemula, tentu melirik ke arah spion bukan hal yang penting dan fokus kedepan menjadi acuan supaya mobil melaju dengan baik. Membiasakan untuk melihat spion sangatlah penting dilakukan dan dengan melihat spion, anda akan mengetahui kondisi kendaraan di belakang.

Ketika Anda mulai menghidupkan mobil dan akan berangkat menggunakan mobil, sebaiknya sesuaikan dulu spion untuk mengatur jarak pandang. Dalam mengatur jarak pandang spion memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena ada berbagai hal yang perlu diperhatikan.

Berikut ini akan kami berikan cara mengatur spion mobil yang benar supaya mempermudah Anda selama berkendara.

1. Duduk di Kursi Pengemudi

Duduk di Kursi Pengemudi

Hal pertama yang harus dilakukan Anda adalah duduk di kursi pengemudi dan pastikan posisi jok mobil dengan setir dikendalikan dengan nyaman. Pastikan memiliki akses untuk menginjak rem, memindahkan gigi dan akselerator.

Spion tengah yang berada di depan, silahkan Anda gerakan secara perlahan dan pastikan posisinya tegak agar Anda tidak perlu menggerakan kepala untuk melihat ke belakang. Dengan mengatur posisi spion tengah, maka Anda tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk memutar tubuh untuk melihat arah belakang.

2. Atur Spion Samping

Atur Spion Samping

Desain mobil memang lebih variatif dengan perkembangan teknologi, karena banyak fitur yang sangat memudahkan para pengemudi. Tidak hanya soal fitur bagian dalam, namun juga berbagai fitur bagian luar mobil.

Sekarang sudah banyak mobil yang memiliki tuas kendali kecil di bagian pintu samping dan tuas tersebut bisa dipakai untuk menyesuaikan posisi kaca spion samping. Apabila Anda menggunakan mobil dengan model lama, maka Anda harus menyesuaikan posisi spion secara manual yaitu dengan memakai tuas atau menekan cermin secara langsung.

3. Sesuaikan Kaca Spion Pengemudi

Sesuaikan Kaca Spion Pengemudi

Pengemudi mobil memang sangat diuntungkan dengan keberadaan kaca spion, karena sangat membantu dalam melihat kondisi kendaraan lain di bagian belakang. Apabila mobil tidak menggunakan kaca spion, tentu hal ini sangatlah membahayakan keselamatan.

Setelah Anda duduk di bagian kursi pengemudi, sebaiknya pastikan posisi kaca spion samping dengan benar dan pastikan Anda bisa melihat jalan di bagian belakang, sehingga bagian sisi mobil juga bisa terlihat.

4. Sesuaikan Kaca Spion Samping Penumpang

Sesuaikan Kaca Spion Samping Penumpang

Tidak hanya penumpang saja yang harus duduk dengan posisi yang benar dalam mobil, namun penumpang di sampingnya juga posisi duduknya harus benar dan pastikan memakai sabuk pengaman, supaya lebih aman dalam berkendara.

Apabila kaca spion di dekat pengemudi sudah sesuaikan, maka Anda harus juga sesuaikan kaca spion yang berada di pinggir penumpang. Jika menggunakan spion manual, maka Anda harus memindahkan posisi kaca spion dengan berpindah kursi ke bagian penumpang.

5. Periksa Semua Spion Mobil dengan Duduk di Kursi Pengemudi

Periksa Semua Spion Mobil dengan Duduk di Kursi Pengemudi

Apabila Anda sudah menyetel semua spion dengan benar dan anda ingin memeriksanya kembali, maka Anda tinggal duduk di bagian kursi pengemudi. Lihatlah semua kaca spion, apakah posisinya sudah sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan bisa melihat bagian belakang dengan nyaman, sehingga Anda bisa menyalip kendaraan lain dengan aman dan Anda bisa lebih mudah saat memarkirkan mobil.

Keluarga wuling, keberadaan spion mobil sangat penting untuk keselamatan Anda dan penumpang lainnya selama berkendara. Jangan sampai mengalami kesulitan melihat posisi mobil di belakang saat sedang berkendara. Dengan mengatur posisi spion dengan benar, maka Anda akan lebih mudah berkendara sehari hari.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik