Tips Parkir Mobil Matic di Tanjakan Agar Aman

1 February, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image Tips Parkir Mobil Matic di Tanjakan Agar Aman

Ketika Anda parkir mobil matic di sebuah bukit yang curam, maka akan ada gravitasi yang bekerja dan saat melakukan parkir yang tidak tepat, maka mobil bisa saja terguling. Anda harus melakukan langkah-langkah pencegahan yang benar, agar menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda harus memastikan penggunaan rem tangan dan pastikan posisi putaran roda diarahkan ke posisi yang tepat. Apabila menggunakan mobil manual, maka bisa menggunakan gigi mundur atau gigi pertama saat memarkir mobil di sebuah tanjakan.

Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan

Cara Parkir Mobil Matic di Tanjakan

Pertama, untuk melakukan parkir mobil, pastikan posisi mobil berada sejajar dengan tepi jalan. Apabila memarkirkan kendaraan dengan posisi menghadap ke atas, pastikan di belakang ada ruang penuh untuk mobil. Sementara ketika memarkirkan kendaraan di sebuah lereng yang menurun, pastikan menyisakan ruang penuh di bagian depan mobil.

Berikut poin penting lainnya yang harus Anda ketahui saat parkir di tanjakan:

  • Anda harus memutar roda ke arah tepi jalan dan harus mengarahkan roda jauh dari tepi jalan, apabila Anda parkir di sebuah tanjakan. Apabila parkir di bawah bukit, maka Anda harus memutar roda ke arah tepi jalan.
  • Anda harus menekan rem kaki, lalu letakan mobil di posisi yang netral kemudian harus putar setir satu putaran penuh ke arah yang tepat, hal ini akan menghindarkan mobil meluncur ke lalu lintas saat rem gagal.
  • Apabila Aanda tidak menemukan trotoar, maka Anda harus memutar roda depan anda ke bagian tepi jalan dan ini bisa dilakukan saat mobil menghadap ke atas atau bawah. Cara ini akan membuat mobil berjalan atau menggelinding ke rumput atau tanah yang berada di samping jalan dan akan menghindarkan mobil melaju ke jalur lalu lintas.
  • Anda jangan memutar roda saat mobil dalam kondisi berhenti, karena akan memberikan tekanan pada bagian ban dan sistem power steering yang berjalan di mobil.

Ketika melakukan penggulingan mobil ke tepi jalan, maka Anda harus melakukannya dalam posisi yang konsentrasi. Angkat kaki yang menekan rem dan biarkan mobil meluncur secara perlahan menuruni bukit dan proses ini dijalankan hingga Anda merasakan bahwa ban depan sudah diputar ke bagian tepi jalan.

Saat sedang memarkir kendaraan matic di tanjakan, jangan lupa untuk memastikan tidak ada mobil lain yang akan naik atau turun bukit di belakang mobil Anda dengan melihat cermin untuk melihat ke bagian belakang.

Setelah mobil selesai diparkir, tinggalkan mobil dan pastikan kembali mobil berada di area parkir yang tepat.

Almaz yang merupakan produk SUV unggulan dari Wuling memiliki fitur keamanan terbaik dapat Anda ajak untuk melakukan berkendara dan parkir mobil dalam situasi yang seperti ini. Memiliki fitur Anti-lock Break System (ABS) dan Electronic brakeforce distribution (EBD) sangat membantu Anda mengendalikan mobil dalam berbagai situasi sulit, salah satunya saat parkir mobil di tanjakan.

Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan fitur Hill Hold Control (HHC) pada Almaz yang sangat berguna saat parker dan berkendara di tanjakan atau turunan yang sangat padat. Seperti kondisi jalan saat berkendara melalui jalur Alas Baluran ataupun Alas Kumitir yang berada di wilayah Banyuwangi. Fitur ini sangat baik untuk mempertahankan posisi mobil saat stop and go di tanjakan selama beberapa detik.

Mulai sekarang, ikuti tips parkir mobil matic di atas dan gunakan kendaraan Anda sebaik mungkin.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer