Beli Mobil Listrik di Awal Tahun? Simak Tips Ini!

21 January, 2023

Image Beli Mobil Listrik di Awal Tahun? Simak Tips Ini!

Tertarik beli mobil listrik di awal tahun ini? Ya, rasanya ini merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk mengganti penggunaan mobil bensin menjadi mobil listrik. Momen tahun baru merupakan langkah awal bagi Anda untuk melakukan perubahan terhadap lingkungan, yaitu beli mobil listrik untuk mengurangi emisi karbon. Tentunya bagi Anda yang menghendaki kendaraan yang ramah lingkungan serta irit, mobil listrik adalah jawabannya.

Nah, sebelum memutuskan untuk beli mobil listrik, sebaiknya Anda perlu tahu beberapa tips beli mobil listrik berikut ini:

Pertimbangkan Jarak Tempuh Baterai

1. Pertimbangkan Jarak Tempuh Baterai

Dengan beli mobil listrik, Anda harus siap dengan konsekuensi baru yang berbeda dengan mobil berbahan bakar bensin atau diesel. Salah satunya adalah penggunaan sumber energi baterai yang tentunya berbeda dengan mobil konvensional. Sumber tenaga dari mobil listrik adalah baterai, yang nantinya sangat berpengaruh terhadap jarak tempuh kendaraan.

Anda perlu mempertimbangkan berapa jarak tempuh dari baterai mobil listrik yang hendak Anda beli. Jarak tempuh mobil listrik bisa mencapai hingga ratusan kilometer dalam kondisi baterai penuh. Seperti mobil listrik Wuling Air ev yang memiliki kapasitas baterai 26,7 kWh dengan jarak tempuh 300 kilometer untuk tipe Long Range dan 18 kWh dengan jarak tempuh 200 km untuk tipe Standard Range.

Pastikan Ketersediaan SPKLU

2. Pastikan Ketersediaan SPKLU

Ketersediaan SPKLU di tempat terdekat dari lokasi Anda sangat penting untuk diperhatikan. SPKLU merupakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum dimana Anda bisa mengisi daya baterai mobil listrik disini. Namun tak perlu khawatir karena saat ini pemerintah dan juga swasta telah membangun serta menyediakan SPKLU di banyak titik sehingga memudahkan masyarakat umum untuk ngecas mobil listrik.

Garansi Baterai Mobil Listrik

3. Garansi Baterai Mobil Listrik

Sebelum beli mobil listrik, Anda juga sebaiknya memastikan adanya garansi baterai pada mobil listrik tersebut. Garansi baterai sangat penting karena baterai merupakan komponen utama pada mobil listrik. Contohnya pada Wuling Air ev terdapat garansi baterai hingga 8 tahun atau 120 kilometer serta garansi umum hingga 3 tahun atau 100 kilometer. Tentunya adanya garansi ini memudahkan Anda dalam merawat dan menggunakan mobil listrik lantaran terdapat jaminan jika terjadi kerusakan.

Sesuaikan dengan Budget

4. Sesuaikan dengan Budget

Terakhir, Anda perlu mempertimbangkan budget yang Anda miliki. Pastikan mobil listrik yang pilih sesuai dengan ketersediaan keuangan sehingga tidak menguras kantong Anda untuk kebutuhan penting lainnya. Selain itu, menggunakan mobil listrik juga mendukung peralihan gerakan ramah lingkungan untuk menghasilkan udara yang lebih sehat, terutama di kota besar.

Nah, itulah beberapa tips beli mobil listrik yang penting Anda perhatikan. Diskusikan dengan pasangan dan keluarga Anda sebelum membeli agar semakin mantap memilih mobil impian. Pastikan juga Anda melakukan test drive sebelum beli mobil listrik, ya!

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer