Cara Mengecek Nomor Rangka Mobil dan Fungsinya

30 May, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Cara Mengecek Nomor Rangka Mobil dan Fungsinya

Bagaimana cara mengidentifikasi perbedaan satu kendaraan mobil dengan yang lainnya? Warna, bentuk dan desain memang bisa menjadi pembeda antara satu kendaraan mobil dengan yang lain. Plat nomor mobil juga berbeda-beda. Tetapi semua perbedaan itu dapat dengan mudah dipalsukan. Karena itu, jika Anda ingin tahu keaslian sebuah mobil, maka yang harus Anda cek adalah nomor rangka mobil.

Apa Itu Nomor Rangka Mobil?

Nomor rangka mobil merupakan tanda yang menunjukkan aslinya kendaraan. Tanda satu ini merupakan bawaan dari produsen sehingga sulit untuk diubah atau dipalsukan. Biasanya, keterangan nomor rangka ini tertulis jelas di BPKB kendaraan. Anda bisa memanfaatkan nomor ini untuk memastikan bahwa mobil yang dibeli bukan hasil modifikasi. Posisinya berbeda-beda, tergantung desain mobil.

Misalnya, untuk model mobil sasis. Berarti posisi nomor rangka ada di sasisnya. Sedangkan untuk model monokok, letak nomor rangka di bawah jok kursi depan. Untuk yang berawalan MHF berarti produksi Indonesia, sedangkan produksi luar awalannya selain kombinasi tersebut.

Fungsi dari Nomor Rangka Mobil

Apa gunanya nomor rangka mobil ini? Berikut diantaranya:

1. Memudahkan Identifikasi Kendaraan

Tujuan utama adanya nomor rangka mobil adalah untuk mengidentifikasi kendaraan. Nomor rangka mobil umumnya terdiri atas 17 huruf dan angka yang dikombinasikan. Ada awalan kode seperti MHF yang sudah sedikit disinggung sebelumnya. Kode tersebut mengidentifikasikan bahwa kendaraan adalah hasil rakitan dalam negeri.

2. Keperluan Administratif Kendaraan

Setiap hendak membayar pajak kendaraan, perpanjang STNK, dan keperluan lainnya harus melalui cek fisik kendaraan. Cek fisik ini dilakukan dengan ‘menggosok’ bagian nomor rangka. Tujuannya untuk mencocokkan kendaraan dengan surat-suratnya. Baru setelah dicocokkan berarti proses administrasi pajak dapat dilakukan. Tentu akan merepotkan jika ternyata nomor rangka dengan yang ada di dokumen berbeda.

Selain itu, cek nomor rangka mobil juga bisa untuk mengetahui keaslian STNK. Anda cukup cocokkan nomor mesin yang ada di STNK dengan nomor rangka mobil. Jika nomor rangka mobil dengan nomor mesin di STNK cocok, berarti STNK tersebut asli.

3. Mengetahui Status Kendaraan

Status kendaraan, baik itu catatan kepemilikan dan aneka rekam jejaknya bisa dilihat dari nomor rangka. Hal ini bisa terjadi karena ada rangkaian 17 huruf dan angka yang menjadi isi nomor rangka.

Misalnya untuk Indonesia, VIN yang dipakai berdasarkan ISO 3779 yang dibagi ke dalam 3 bagian. Tiga digit pertama adalah WMI (World Manufacture Identification) atau identifikasi asal kendaraan.

Sedangkan 4-9 digit berikutnya adalah VDS (Vehicle Descriptor Section) yang mendeskripsikan nomor mesin. Begitu juga delapan digit terakhir yang mewakili VDS

4. Bukti Legalitas Kendaraan

Hukum di Indonesia menunjukkan bahwa kepemilikan kendaraan secara ilegal termasuk ke dalam tindak pidana. Adanya nomor rangka mobil menunjukkan bahwa kendaraan terbukti legalitasnya.

Bukan kendaraan bodong karena nomor rangka di mesin dan dokumen sesuai. Hal ini akan membuat proses administrasi lebih mudah, pemiliknya juga bebas dari tuntutan pidana.

Bagaimana Cara Mengecek Nomor Rangka Mobil? -1

Bagaimana Cara Mengecek Nomor Rangka Mobil?

Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecek nomor rangka mobil, diantaranya:

1. Langsung di Body Kendaraan

Cek langsung body mobil untuk melihat berapa nomor rangka mesinnya. Untuk mengidentifikasi letaknya, lakukan beberapa cara berikut:

  • Untuk mobil keluaran Eropa, nomor rangka berada di beberapa bagian. Mulai dari dekat mesin firewall, sela pintu, bawah jok, sampai kap mesin.
  • Untuk mobil keluaran Jepang, nomor rangkanya ada di sasis. Bisa juga di area tengah, depan, sampai belakang body.

2. Cek Dokumen Kendaraan

Cara satu ini tergolong manual tetapi sangat mudah (apalagi jika kendaraan memiliki dokumen yang lengkap). Lihat keterangan nomor rangka mobil di beberapa dokumen berikut:

  • STNK
  • BPKB
  • Faktur mobil
  • Buku panduan perawatan
  • Catatan perbaikan bengkel, dan sejenisnya

Untuk informasi nomor rangka mobil, akan tertera jelas di bagian identitas. Untuk kepentingan validitas, Anda bisa mencocokkan yang tertera di dokumen dengan nomor rangka di mesin.

3. Cek Secara Online

Selain dua cara tersebut, ternyata nomor rangka mobil bisa dicek secara online hanya dengan menggunakan handphone. Caranya:

  • Unduh aplikasi cek nomor rangka mobil seperti Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta, atau aplikasi cek pajak resmi sesuai daerah asal Anda. Untuk kendaraan di Jawa Tengah misalnya, bisa dengan aplikasi Sakpole di Google Play Store.
  • Pastikan Anda sudah login dengan akun Google, daftar dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan nomor polisi kendaraan.
  • Untuk NIK yang dimasukkan harus sama dengan kepemilikan yang tercatat di dokumen kendaraan.
  • Ada ikon “Search”, klik ikon tersebut untuk melihat hasilnya.
  • Informasi tentang rangka kendaraan, pajak, sampai nomor polisi lengkap tertera.

Untuk daerah lain sebenarnya sudah memiliki layanan tersendiri untuk pengecekan pajak hingga nomor rangka. Berikut beberapa aplikasi hingga situs resmi di beberapa daerah untuk cek nomor rangka mobil secara online:

  • Aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) bisa dipakai untuk area Yogyakarta, Banten, sampai Bali.
  • bapenda.jabarprov.go.id/infopkb (untuk kendaraan dengan nomor polisi area Jawa Barat)
  • info.dipendajatim.go.id/esamsat (untuk kendaraan dengan nomor polisi area Jawa Timur).

Ternyata nomor rangka mobil sangat besar fungsinya, baik dari segi menunjukkan legalitas, hingga kualitas kendaraan. Pastikan dalam membeli kendaraan terutama second, mencocokkan nomor rangka mesin dan dokumen jangan sampai terlewatkan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer