Tips Menyetir Mobil di Malam Hari Agar Aman | Wuling

Life Style

Tips Menyetir Mobil di Malam Hari Agar Aman

30 Juni, 2020

Image Tips Menyetir Mobil di Malam Hari Agar Aman

Berkendara di malam hari bukanlah pekerjaan mudah. Minimnya penerangan di malam hari menjadikan berkendara di malam hari cukup memberikantantangan tersendiri bagi si pengemudi. Deretan tips berikut dapat membantu Anda agar menyetir di malam hari lebih aman. Simak, ya!

Menyalakan Lampu Depan

Menyalakan Lampu Depan

Ini mungkin umum dilakukan oleh pengendara. Menyalakan lampu ketika berkendara di malam hari merupakan suatu keharusan. Lampu depan yang terus menyala dapat menambah visibilitas Anda ketika berkendara, sehingga Anda bisa lebih waspada dengan keadaan sekitar.

Biasanya kecelakaan yang terjadi di malam hari disebabkan oleh lengahnya pengendara dengan keadaan sekitar karena gelap. Menyalakan lampu dapat mencegah hal ini terjadi. Jika memang dibutuhkan, Anda juga bisa menyalakan lampu jauh untuk menambah visibilitas ketika berkendara. Namun jangan memakainya terus menerus di malam hari ya, karena bisa membuat pengendara yang berasal dari lawan arah terganggu karena cahaya silaunya.

Jaga Jarak Dengan Kendaraan Depan

Jaga Jarak Dengan Kendaraan Depan

Hindari berkendara secara agresif di malam hari seperti membuntuti kendaraan di depan dengan jarak yang terlalu dekat. Menjaga jarak itu sangat penting agar kita bisa bereaksi dengan cepat ketika terjadi sesuatu dengan pengendara yang ada di depan. Visibilitas Anda dalam melihat lubang di jalan dan segala hambatan lainnya lebih jelas ketika terdapat jarak dengan pengendara di depan. Dengan demikian kecelakaan dapat terhindar.

Selain itu, menjaga jarak juga penting agar pengendara di depan tak gugup karena merasa dibuntuti oleh Anda. Bukan tidak mungkin jika si pengendara depan merasa gugup, ia bisa salah mengambil keputusan dan kecelakaan pun tak terhindarkan.

Tetap Waspada Dengan Keadaan Sekitar

Tetap Waspada Dengan Keadaan Sekitar

Awasi setiap pergerakan yang ada di sekitar Anda. Rajin-rajin mengecek kaca spion di samping dan juga di tengah. Pastikan kaca spion dalam kondisi bersih sehingga pandangan Anda tidak terganggu.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih waspada dengan keadaan di sekitar jalan seperti pesepeda, pejalan kaki, hewan melintas, dan hal lainnya. Terkadang banyak hewan yang luput tak terlihat di mata ketika malam hari dan membuat si pengendara gugup dan berusaha menghindarinya. Menghindar secara tiba-tiba tersebut justru berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Pastikan Semua Komponen Mobil Berfungsi Baik

Pastikan Semua Komponen Mobil Berfungsi Baik

Sebelum melakukan perjalanan di malam hari, sebaiknya terlebih dahulu mengecek kondisi komponen mobil secara menyeluruh. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik terutama lampu depan, demi memberikan visibilitas yang maksimal di malam hari.

Kondisi Tubuh Prima

Kondisi Tubuh Prima

Saat berkendara di malam hari biasanya stamina tubuh mulai berkurang. Kondisi ini tentu berbahaya bagi si pengendara meskipun Anda telah terbiasa melintas di jalan tersebut. Menyetir dalam kondisi gelap juga dapat menambah kelelahan Anda dan membuat Anda mengantuk.

Bukan rahasia lagi kalau mengantuk sering menjadi penyebab kecelakaan. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya Anda beristirahat terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Ini tentu akan meminimalisir terjadinya kecelakaan. Dan juga jangan mengambil risiko dengan berkendara dalam kondisi kelelahan.

Tak Perlu Ngebut

Tak Perlu Ngebut

Biasanya saat berkendara di malam hari, kondisi jalanan cenderung lebih lengang. Hal ini juga yang membuat pengendara memilih untuk berkendara di malam hari agar lebih cepat sampai di tujuan.

Jalanan yang lengang seringkali membuat pengendara tancap gas dan memacu mobil dengan kecepatan di atas rata-rata. Padahal saat berkendara di malam hari, Anda disarankan untuk memacu kendaraan lebih lambat agar memberikan kesempatan untuk bereaksi lebih cepat ketika terjadi sesuatu.

Berkendara di malam hari memang menjadi sebuah tantangan. Namun jika mobil dilengkapi dengan fitur canggih tentu akan semakin memudahkan si pengendara agar perjalanan lebih aman dan nyaman. Seperti ketika Anda mengendarai Wuling Almaz. Sebagai kendaraan Drive Unlimited Way yang memiliki segudang fitur canggih seperti Full Surrounded 360 Camera dan Voice Command Halo Wuling, menyetir di malam hari pasti terasa lebih aman.

Fitur Full Surrounded 360 Camera dapat membantu pengendara untuk melihat sekitar terlebih saat memarkir kendaraan. Tak perlu keluar dari mobil, keadaan di sekitar mobil dapat terlihat melalui kamera tersebut. Di samping itu, adanya Voice Command Halo Wuling juga bisa menjaga pengendara agar mata pengendara fokus ke depan ketika ingin mengakses sesuatu seperti mengubah volume suara, mengatur jendela atau mengganti frekuensi radio di fitur ini.

Quick Help