3 Cara Merawat Dashboard Mobil yang Mudah dan Benar | Wuling

Life Style

3 Cara Merawat Dashboard Mobil yang Mudah dan Benar

26 Juni, 2020

Image 3 Cara Merawat Dashboard Mobil yang Mudah dan Benar

Pemilik mobil harus rajin dan teliti dalam merawat setiap bagian mobil. Tak hanya di bagian luar saja, bagian interior pun wajib dirawat dibersihkan untuk mencegah kuman atau virus berkembang. Seperti cara merawat dasbor mobil yang harus dilakukan dengan benar.

Apalagi bila mobil memiliki interior bergaya elegan dengan wood panel seperti terpasang pada Wuling Cortez CT. Sayang sekali bila interiornya bagus tetapi tampak tak terawat karena kotor. Berikut beberapa langkah merawat dasbor mobil yang bisa dilakukan sebulan sekali.

Bersihkan Bagian Permukaan

Bersihkan Bagian Permukaan

Saat pertama membersihkan interior mobil, Anda harus memastikan di bagian permukaan tak ada kotoran, debu, dan lainnya di permukaan dasbor. Ini penting karena bisa saja karena sisa-sisa tersebut dapat menimbulkan goresan di atas dasbor ketika Anda sedang membersihkannya.

Anda bisa menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner dengan sikat halus agar semua semua kotoran terangkat. Gunakan vakum ini untuk menyedot semua kotoran di semua dasbor.

Baca juga: 4 Cara Simpel Melakukan Perawatan Interior Mobil

Mengelap Seluruh Permukaan Dasbor

Mengelap Seluruh Permukaan Dasbor

Setelah memastikan semua permukaan bebas dari kotoran dan debu, saatnya mengelap bagian dasbor. Anda bisa menggunakan cairan pembersih yang disesuaikan dengan material dasbor.

Untuk mencegah kerusakan, disarankan melakukan spot test sebelum melanjutkan pekerjaan dengan cairan pembersih ini. Spot test dapat dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih ke permukaan dasbor. Perhatikan apakah ada perubahan warna atau hal lain saat cairan tersebut disemprotkan. Bila tidak terjadi perubahan apapun, artinya Anda bisa melanjutkan pembersihan dengan cairan tersebut.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Aki Mobil Awet

Perhatikan Material Dasbor

Perhatikan Material Dasbor

Dasbor terbuat dengan material yang beragam. Ada yang terbuat dari bahan plastik, kayu, karet atau kulit. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan dasbor bermaterial kayu panel seperti Wuling Cortez CT, cukup dengan mengelap menggunakan kain microfiber yang masih bersih, untuk memaksimalkannya gunakan cairan khusus interior mobil.

Untuk membersihkan sela-sela dasbor, bisa menggunakan sikat kecil atau sikat gigi berbulu halus untuk kisi-kisi AC. Bila ada noda membandel yang sulit untuk dibersihkan, Anda tak perlu khawatir karena masih bisa dibersihkan menggunakan cairan pembersih buatan sendiri.

Cairan sendiri bisa dengan mencampurkan 2 gelas air kemudian campur dengan 3 sendok cuka, 1/2 sendok deterjen, dan 1/2 sendok sabun cair berbasis minyak. Semprotkan cairan pembersih buatan Anda ini langsung ke permukaan dasbor yang kotor atau terlebih dahulu menyemprotkan ke lap, kemudian bersihkan kotoran tersebut secara perlahan.

Nah, apabila dasbor mobil terbuat dari material kulit maka perlu lebih hati-hati. Material kulit biasanya lebih sensitif terhadap bahan-bahan kimia seperti sabun dan sejenisnya. Cairan tersebut biasanya mengering di material kulit dan membuatnya retak. Jadi, cukup membersihkan dasbor bermaterial kulit dengan mengelap menggunakan lap basah biasa.

Ayo, lakukan cara merawat dasbor mobil seperti yang dijelaskan di atas. Pastikan selalu menjaga kebersihan mobil Anda.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik