Mobil SUV, Spesifikasi Hingga Kelebihannya

30 August, 2022
clock-bold
5 menit membaca

Image Mobil SUV, Spesifikasi Hingga Kelebihannya

Mobil SUV merupakan salah satu tipe mobil yang cukup populer di pasaran. Tipe mobil jenis ini dikenal karena kekuatannya sehingga tangguh digunakan dalam segala medan. Tidak heran jika mobil tipe SUV ini cukup diminati oleh banyak orang.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu mobil SUV, bagaimana spesifikasinya hingga kelebihan dan perbedaan dengan mobil MPV, akan diulas secara lengkap di bawah ini:

Pengertian Mobil SUV

Pengertian Mobil SUV

SUV adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle yang bisa diartikan sebagai kendaraan utility sport. Seperti namanya, mobil tipe ini merupakan kombinasi dari dua tipe mobil yaitu mobil penumpang dan mobil off-road. Dengan perpaduan tersebut, SUV tidak hanya cocok digunakan berkendara di kota akan tetapi juga bisa digunakan di medan yang berat seperti jalanan desa yang berlubang.

Secara umum, mobil SUV termasuk dalam jenis mobil sport. Tidak heran jika desain, kekuatan dan kapasitas mesin disesuaikan dengan kebutuhan sebagai mobil sport yang tangguh dan berkarakter kuat.

Ciri lain dari mobil tipe ini adalah menggunakan sistem FWD (four wheel drive) yang mana keempat roda SUV dibekali dengan sistem  penggerak mandiri. Mobil SUV sendiri terdiri dari beberapa kategori yang bisa disesuaikan dengan kebutuhannya penggunanya, yaitu Compact SUV, Medium SUV dan juga Big SUV.

Spesifikasi Umum Mobil SUV 

Spesifikasi Umum Mobil SUV

Mobil SUV adalah kendaraan yang dirancang agar bisa digunakan dalam segala medan. Mobil ini nyaman digunakan di jalanan perkotaan yang macet namun juga tangguh dan kuat saat digunakan di medan berat seperti jalanan desa yang berlubang.

Berikut ini spesifikasi umum mobil SUV yang perlu Anda ketahui:

1. Bodi Mobil

1. Bodi Mobil

Dilihat dari desain eksteriornya, mobil SUV memiliki body yang tangguh dan juga gahar. Desain ini disesuaikan dengan fungsi utama penggunaannya yaitu sebagai mobil penjelajah. Mobil SUV biasanya memiliki ground clearance atau tinggi di atas 200 mm. Jenis ban yang digunakan adalah ban tipe besar dan tebal dengan pelek minimal 15 inci. Kontur ban dipilih dengan alur kotak-kotak dengan tujuan agar mobil tidak mudah tergelincir.

2. Dapur Pacu

2. Dapur Pacu

Mobil SUV dibekali dengan mesin berkapasitas cukup besar yaitu rata-rata 1500 cc atau bahkan lebih. Penggunaan mesin berkapasitas besar tersebut untuk mendukung fungsi utamanya sebagai kendaraan penjelajah.

3. Kapasitas Penumpang

3. Kapasitas Penumpang

Meskipun fungsi utamanya adalah sebagai mobil penjelajah, akan tetapi mobil SUV memiliki kabin yang cukup luas sehingga bisa menampung penumpang lebih banyak. Rata-rata mobil SUV memiliki kapasitas mulai dari 4-7 penumpang tergantung dari kategorinya.

4. Fitur

4. Fitur

Mobil SUV sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa 4 airbag yang terdapat pada bagian pengemudi, penumpang samping pengemudi dan penumpang baris kedua. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keyless system menggunakan tombol start stop engine. Tidak hanya itu, rata-rata mobil SUV juga sudah menggunakan LCD 8-10 inchi sebagai media untuk menonton video, mendengarkan musik hingga monitor ruangan parkir.

Kelebihan Mobil SUV

Kelebihan Mobil SUV

Saat ini mobil SUV termasuk dalam salah satu tipe kendaraan yang merajai pasar otomotif. Alasannya tidak lain karena mobil SUV mampu memenuhi kebutuhan akan kendaraan yang nyaman namun tetap tangguh dalam segala medan.

Berikut ini beberapa kelebihan mobil yang perlu Anda ketahui:

1. Tangguh dalam Segala Medan

1. Tangguh dalam Segala Medan

Mobil SUV dirancang dengan desain dan mesin yang kuat sehingga tangguh digunakan dalam segala medan. Ground clearance yang tinggi juga memungkinkan mobil ini mampu melewati jalan berlubang dan berbatu dengan lebih mudah.

Mobil SUV Spesifikasi Hingga Kelebihan 3.2 1000x569

2. Memiliki Kabin Cukup Luas

Meskipun termasuk dalam mobil sport, akan tetapi SUV menawarkan ruang kabin yang cukup luas. Rata-rata mobil SUV memiliki kapasitas mulai dari 4 hingga 7 penumpang tergantung dari kategorinya. Selain itu, ruang bagasi juga cukup luas sehingga cocok juga digunakan untuk membawa banyak barang.

3. Nyaman Dikendarai

3. Nyaman Dikendarai

Mobil SUV secara umum memang dirancang sebagai mobil penjelajah. Akan tetapi mobil ini tetap menawarkan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpangnya. Terdapat banyak fitur yang mampu menunjang kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Selain SUV, mobil MPV juga termasuk salah satu tipe mobil yang banyak dicari orang. Mobil MPV sendiri merupakan mobil tipe keluarga yang didesain untuk memberikan kenyamanan penuh selama berkendara.

Meskipun memiliki fungsi utama yang berbeda, akan tetapi masih banyak orang yang sulit membedakan mobil SUV dan mobil MPV ini. Agar tidak salah, ketahui dulu perbedaan mobil SUV dan MPV seperti berikut:

1. Bodi Mobil

1. Bodi Mobil

Mobil SUV memiliki body mobil yang gahar dan tangguh karena fungsi utamanya adalah sebagai kendaraan penjelajah. Sedangkan mobil MPV dirancang dengan desain yang cantik, elegan dan hangat karena fungsi utamanya adalah sebagai kendaraan keluarga.

Mobil SUV Spesifikasi Hingga Kelebihan 4.2 1000x569

2. Kapasitas Mesin

Mobil SUV menggunakan kapasitas mesin cukup besar yaitu rata-rata 1.500 cc. Penggunaan mesin berkapasitas besar ini agar kendaraan mampu melewati segala medan dengan mudah. Sedangkan mobil MPV rata-rata menggunakan mesin berkapasitas 1000-1200 cc karena fokus utamanya adalah kenyamanan, bukan kecepatan.

3. Kapasitas Mobil

3. Kapasitas Mobil

Untuk kapasitas, mobil SUV rata-rata mampu menampung 4 hingga 8 penumpang karena kapasitas kabin yang cukup luas. Kapasitas ini tidak jauh berbeda dengan mobil MPV juga juga mampu menampung mulai dari 6 hingga 8 penumpang. Perbedaannya, bagasi mobil MPV biasanya lebih luas dari mobil SUV.

4. Fitur

4. Fitur

Pada dasarnya fitur yang terdapat pada mobil SUV dan mobil MPV tidak jauh berbeda. Kedua mobil ini sama-sama unggul dalam fitur kenyamanan dan keselamatan. Meskipun begitu, mobil MPV biasanya lebih unggul dalam fitur kenyamanan karena fungsi utamanya adalah sebagai mobil keluarga.

Saat ini ada banyak pilihan mobil SUV yang bisa Anda pilih untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Salah satunya mobil Wuling Almaz RS yang tidak hanya tangguh dalam segala medan akan tetapi juga dibekali dengan berbagai teknologi inovatif. Mobil ini sangat cocok untuk kendaraan masa kini karena memiliki tampilan stylish serta didukung dengan fitur kenyamanan dan keselamatan yang lengkap.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer