Pahami Apa Itu Refinancing Mobil Sebelum Melakukannya

29 February, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Pahami Apa Itu Refinancing Mobil Sebelum Melakukannya

Memiliki mobil tentu menjadi sebuah keinginan semua orang. Maka dari itu, tidak jarang yang sampai mengumpulkan sejumlah uang demi mewujudkan keinginan tersebut. Saat ini semakin mudah untuk memiliki mobil, karena tidak harus memiliki uang tunai yang cukup namun bisa membeli secara kredit.

Kemudahan kredit ini biasanya diberikan oleh banyak dealer mobil yang ada di Indonesia. Tinggal membayar sejumlah uang muka, nantinya sudah bisa membawa pulang mobil impian Anda.

Selanjutnya tinggal membayar angsuran mobil setiap bulannya. Akan tetapi tidak semua orang keuangannya stabil, terkadang di tengah jalan ada sebuah kendala yang mengakibatkan kesulitan untuk menjalani kewajiban mengangsur kredit.

Maka dari itu, ada solusi yang dinamakan refinancing mobil. Cara ini dapat membantu ketika orang yang memiliki angsuran kredit mobil terkendala masalah keuangannya.  Bagi Anda yang belum memahami refinancing mobil, mari simak penjelasan lengkap berikut.

Pengertian Refinancing Mobil

Refinancing sendiri berarti mengubah struktur kredit atau pinjaman lama menjadi yang baru, dengan nilai, tenor, dan suku bunga yang sama. Selain itu, proses refinancing dapat dilakukan baik di bank yang sama maupun di bank lain. Tujuan dari proses refinancing sendiri adalah untuk mendapatkan dana tambahan yang diperlukan.

Untuk menghindari masalah di kemudian hari, refinancing juga harus dilakukan dengan hati-hati bagi calon pemilik mobil. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukannya.

Persyaratan Refinancing Mobil 1000x569

Persyaratan Refinancing Mobil

Jika Anda adalah nasabah lama bank, refinancing mobil bekas tidak memerlukan pendataan dan verifikasi akun dari awal lagi. Hal ini tidak sama dengan mengajukan pengajuan kepada perusahaan pinjaman lainnya.

Karena Anda telah menjadi nasabah lama di bank atau leasing yang sama, persyaratan refinancing akan lebih mudah bagi Anda. Kemungkinan disetujui permohonan refinancing juga lebih besar, tetapi tentunya dengan catatan kredit yang baik dan tanpa resiko telat.

Berikut syarat yang harus diperhatikan untuk memudahkan pengajuan refinancing mobil:

  1. Pertama, memiliki sejarah kredit yang baik. Syarat pertama adalah mutlak. Jika riwayat kredit pemohon buruk, bank atau leasing tidak akan mengabulkan permohonan kredit baru. Misalnya, seringkali tidak tiba tepat waktu di bulan yang sama atau bahkan tiba terlambat di bulan berikutnya.
  2. Kedua, perhatikan kondisi kendaraan Anda untuk memastikan nilai jual mobil tetap tinggi, sehingga dana refinancing kredit dapat dicairkan sebanyak mungkin.
  3. Ketiga, lengkapi semua dokumen dan data yang diperlukan. Karena data telah disimpan bersama jaminan, yaitu Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), pelanggan yang mengajukan kredit untuk leasing lama biasanya memiliki proses yang lebih cepat. Namun, Anda masih harus mengisi formulir untuk meminta kredit baru dan menutup kredit lama.

Proses Refinancing Mobil

Proses Refinancing Mobil

Bila ingin melakukan refinancing mobil, Anda bisa menyimak gambaran proses pengajuannya sampai disetujui pada penjelasan berikut ini. Pada umumnya, hampir semua perusahaan leasing dan bank memiliki proses yang tidak jauh berbeda.

  • Mengajukan Refinancing

Anda bisa mengajukan refinancing mobil di tempat leasing atau bank sebelumnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengajukan di tempat lain. Tetapi bila mengajukan di tempat sebelumnya, kemungkinan prosesnya lebih cepat karena sudah diketahui riwayatnya.

  • Total Pinjaman dan Bunga

Periksa dengan cermat jumlah pinjaman yang Anda butuhkan dan jumlah uang yang dapat Anda berikan jika Anda menjaminkan mobil Anda. Pastikan untuk mengurangi jumlah dengan uang cicilan mobil yang masih tersisa. Setelah itu, perhatikan berapa bunga yang dibebankan kepada Anda serta jenis bunga yang Anda pilih: floating atau fixed.

Untuk mendapatkan total pinjaman yang sama dengan bunga yang rendah, lakukan hal yang sama dengan beberapa lembaga keuangan lainnya. Namun, pastikan lembaga keuangan tersebut telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

  • Melengkapi Dokumen

Berikut dokumen yang biasanya diperlukan

  • Fotokopi KTP Pemohon
  • Fotokopi KTP Suami/Istri
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Akte Nikah/ Cerai/ Akta Kematian Pasangan
  • Fotokopi NPWP Pemohon
  • Slip gaji Penghasilan 1-3 bulan terakhir
  • Fotokopi Rekening atau Tabungan 3 bulan terakhir
  • Simulasi Kredit

Jika Anda telah memilih lembaga pembiayaan yang akan Anda gunakan dan telah menyerahkan semua dokumen di atas, Jangan lupa untuk mengajukan simulasi kredit untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan mengatur cara Anda membayar dari segi jenis bunga dan jangka waktu pembayaran.

  • Survey

Biasanya, tim dari bank atau lembaga pembiayaan akan melakukan survei terhadap mobil yang akan dijaminkan. Untuk melakukan ini, pastikan mobil dalam keadaan aman dan tetap berfungsi dengan baik secara mesin dan visual.

  • Refinancing Disetujui

Jika proses refinancing mobil Anda disetujui oleh lembaga keuangan atau bank, mereka biasanya akan melunasi uang yang masih tersisa, sehingga uang sisanya akan diberikan kepada Anda. Proses ini biasanya berlangsung 3 hingga 7 hari kerja, tetapi ini biasanya bergantung pada kebijakan bank.

Selain itu, nilai pinjaman yang diberikan oleh bank biasanya dipengaruhi oleh sejumlah variabel, terutama kondisi dan tahun pembuatan mobil yang digunakan sebagai agunan. Namun, secara umum, bank akan memberikan batas maksimal pencairan sebesar 70% dari nilai taksiran mobil yang dijaminkan.

Seperti itulah gambaran dari refinancing mobil. Solusi tersebut dapat memberikan pemahaman untuk Anda yang memiliki kesulitan dalam melakukan kewajiban dalam membayar angsuran mobil namun membutuhkan dana segar.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer