Pahami Cara Berputar Balik Mobil yang Aman - Wuling Motors | Wuling Indonesia

Life Style

Pahami Cara Berputar Balik Mobil yang Aman

9 April, 2020

Image Pahami Cara Berputar Balik Mobil yang Aman

Memutar balik, merupakan salah satu dasar yang harus dikuasai oleh pengendara. Memutar balik, artinya Anda membelokkan kendaraan 180 derajat ke arah sebaliknya.

Kelihatannya memang mudah, namun tak semua pengendara bisa memutar balik dengan sempurna. Kalau tak memahami tekniknya dengan baik, tak jarang ada pengendara yang kelewatan hingga harus maju dan mundur berulang kali. Tentu ini berbahaya sekaligus menghambat para pengendara lain di belakang maupun di arah sebaliknya. Berikut penjelasan putar balik dan cara berputar balik yang benar dan aman.

Pastikan jalan tersebut memang tempat memutar balik

Bagi pengendara, sebaiknya tak asal-asalan ketika hendak berputar balik apalagi saat mengendarai mobil. Anda bisa memperhatikan ada di sekitar tempat memutar balik ada marka jalan yang menunjukkan huruf ‘U’ terbalik tanpa ada coretan di tengahnya. Bila Anda melihat marka jalan tersebut, artinya Anda boleh memutar balik tanpa melanggar aturan lalu lintas yang ada.

Pada praktiknya, masih banyak ditemukan pengendara bandel yang nekat memutar balik di tempat yang bukan seharusnya. Selain melanggar lalu lintas, tindakan tersebut dapat membahayakan pengendara lainnya.

Cek lalu lintas sekitar

Sebelum Anda memutar balik, perhatikan kondisi jalan sekitar. Bila ramai, sebaiknya sedikit bersabar hingga jalanan lengang dari pengendara lain. Jangan lupa dekatkan kendaraan dengan tempat memutar balik agar tak terlalu jauh dan menyulitkan bagi Anda.

Nyalakan lampu sein

Ini adalah hal yang paling krusial sebelum pengendara memutar balik. Seringkali para pengendara lupa untuk menyalakan lampu sein sebelum memutar balik. Padahal lampu sein tersebut penting sebagai penanda bagi kendaraan di belakang, sehingga mereka mengetahui posisi Anda akan segera memutar balik.

Perhatikan lampu sein yang menyala di layar MID Anda. Pastikan lampu sein Anda sesuai dengan arah Anda berbelok. Tak jarang ditemukan pengendara tak menyadari kala akan memutar balik ke kanan malah justru lampu sein kiri yang menyala.

Pastikan ruang untuk memutar balik cukup

Sebelum memutar balik, pastikan jika ruang jalannya cukup. Misal, saat akan memutar balik di sebelah kanan, Anda bisa mengambil sedikit ruang di jalan kiri baru kemudian memutar setir ke kanan dan juga berlaku sebaliknya. Atau kalau ruang jalan kecil, Anda bisa mengarahkan kendaraan dekat ke tempat memutar balik, kemudian mundur, bila ruang sudah cukup baru bisa kembali berjalan.

Perhatikan juga jalan di arah sebaliknya. Pastikan jalan kosong, baru Anda bisa melanjutkan perjalanan lagi. Jangan memaksa untuk tetap maju ketika kondisi jalan sedang ramai karena bisa membahayakan pengendara lain.

Kunci utama saat memutar balik adalah rajin memperhatikan spion samping kanan, kiri, maupun tengah. Dengan memperhatikan spion dengan baik, Anda bisa memperkirakan kapan waktu yang pas untuk memutar balik.

Tentunya memutar balik bisa lebih nyaman ketika mobil dilengkapi dengan fitur Electric Outer Mirror with Side View Camera seperti yang tersemat di dalam Wuling Almaz. Teknologi pada kendaraan SUV ini sangat membantu pengendara untuk memutar balik sehingga dapat meminimalisir risiko kecelakaan. Fitur ini juga sangat membantu pengemudi yang baru lancar menyetir, agar keamanan dan keselamatan tetap terjaga.

 

Quick Help