Persaingan bisnis yang ketat membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan layanan purna jual kepada konsumennya, tidak terkecuali pada penjualan mobil. Layanan purna jual penting diperhatikan sebelum membeli sebuah mobil karena sangat berdampak pada masa depan kendaraan Anda.
Sebelum membeli mobil, pastikan Anda memilih mobil yang memberikan layanan purna jual. Sepert mobil listrik Wuling Air Ev yang memberikan garansi umum selama 3 atau 100 ribu kilometer pertama serta garansi komponen inti hingga 8 tahun atau 120.000 kilometer. Layanan purna jual ini dapat memberikan kepercayaan pada konsumen terhadap produk yang dibelinya.
Lantas, apa sebenarnya layanan purna jual itu? Untuk tahu lebih jelas mengenai layanan ini, yuk simak ulasan berikut ini!
Apa Itu Layanan Purna Jual
Layanan purna jual adalah layanan yang diberikan oleh perusahaan terhadap konsumennya setelah mereka membeli atau menggunakan produk tersebut. Layanan purna jual merupakan alat yang sangat efektif untuk mempertahankan pelanggan agar tidak beralih ke kompetitor.
Untuk itulah, layanan purna jual sifatnya wajib bagi sebuah strategi pemasaran produk. Dengan adanya layanan ini, kepuasan pelanggan akan meningkat. Hal ini juga dapat meningkatkan loyalitas dari pelanggan.
Layanan atau jaminan purna jual ini bisa digunakan untuk semua lini bisnis dengan berbagai produk. Dan layanan ini tidak hanya bisa diberikan oleh perusahaan produsen atau pemilik barang saja, namun juga bisa diberikan oleh para pengecer, pihak ketiga, atau bahkan produk marketing. Pada intinya, layanan ini dapat membuat pelanggan senang dan puas.
Baca Juga
Pada produk mobil, layanan purna jual bisa diberikan oleh perusahaan/produsen mobil, dealer, dan marketing. Tempat Anda membeli mobil dapat memberikan layanan ini guna meningkatkan kepuasan pelanggan pada saat membeli mobil.
Video Inovasi Layanan Purna Jual Wuling
Tujuan Layanan Purna Jual
Beberapa tujuan layanan purna jual yang merupakan bagian dari strategi pemasaran produk antara lain:
- Meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap sebuah produk
- Meningkatkan citra atau brand dari sebuah produk
- Meningkatkan kepercayaan antara penjual dan pembeli dalam jangka panjang
- Mendukung pemasaran dari mulut ke mulut
- Meyakinkan pelanggan untuk membeli produk lain dari perusahaan tersebut
- Membuat pelanggan merasa aman dan nyaman saat menggunakan produk
- Mengantisipasi rasa tidak puas dari para pelanggan
Contoh Layanan Purna Jual pada Produk Mobil
Lantas, apa saja yang menjadi contoh layanan purna jual yang perlu Anda perhatikan sebelum beli mobil? Berikut contohnya:
1. Pemberian Garansi
Contoh layanan purna jual pada produk mobil yang pertama adalah pemberian garansi untuk item tertentu. Contohnya adalah pada Wuling Air Ev yang memberikan layanan purna jual berupa garansi umum kendaraan serta garansi komponen inti yang meliputi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller, serta garansi reducer, power distribution unit, dan user connection unit dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
2. Gratis Biaya Perawatan
Layanan purna jual berikutnya juga bisa diberikan melalui pemberian voucher gratis untuk biaya perawatan tertentu. Mengingat biaya perawatan mobil yang tidak sedikit, maka layanan ini sangat menguntungkan Anda sebagai pembeli.
Baca Juga
Contoh layanan ini ada pada Wuling Air Ev yang memberikan biaya perawatan gratis secara berkala untuk konsumen hingga 2 tahun atau hingga mencapai 50.000 kilometer. Layanan ini tentunya sangat menguntungkan pembeli.
3. Layanan Dealer dan Bengkel yang Luas
Selanjutnya, layanan purna jual yang bisa diberikan adalah berupa ketersediaan dealer serta bengkel yang luas dan mudah dijangkau. Wuling Air Ev memberikan kemudahan kepada pelanggan dengan adanya jaringan dealer serta bengkel resmi yang sangat luas dan mudah ditemukan. Tak hanya itu, dukungan Wuling Customer Assistance juga turut meningkatkan layanan purna jual pada produk ini.
Oh ya sebelum melanjutkan membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.
Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.
Mengapa Perlu Beli Mobil yang Memberikan Layanan Purna Jual?
Membeli mobil yang memberikan layanan purna jual sangat menguntungkan, karena dapat menghemat biaya Anda. Bayangkan jika beberapa saat setelah beli mobil ternyata ada kerusakan, maka siapa yang akan bertanggung jawab? Nah, dengan adanya layanan ini, Anda akan lebih tenang dan aman pada saat membeli mobil. Mengingat harga servis dan perawatan mobil yang tidak murah, bukan?
Demikian beberapa hal mengenai layanan purna jual produk mobil yang perlu Anda tahu. Agar aman dan nyaman, pastikan Anda membeli mobil yang memiliki layanan purna jual yang lengkap, ya!
SHARE: