Pemilik BinguoEV Wajib Tahu Cara Charging Baterainya

29 May, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Pemilik BinguoEV Wajib Tahu Cara Charging Baterainya

Menjadi mobil listrik kedua dari Wuling Motors, BinguoEV langsung menarik banyak minat pecinta otomotif di Tanah Air. Sebagai mobil listrik yang mengusung desain eksterior classy dan iconic memberi kesan baru pada eksterior dan interiornya.

Jarak tempuh mobil ini bisa mencapai 333 Km dan 410 Km. Sebuah jarak yang mumpuni sebagai mobil listrik untuk menemani mobilitas sehari-hari seperti di kawasan perkotaan. Daya jelajah yang bisa mencapai jarak demikian ini karena BinguoEV dibekali dengan bateri kapasitas 37,9 kWh untuk varian Premium Range dan 31,9 kWh untuk longe range.

Sebagai pemilik mobil listrik, Anda harus mengetahui cara charging baterai BinguoEV, baik ketika di rumah maupun pada saat perjalanan yaitu di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Pengisian daya baterai ini sangat mudah dan praktis dan bisa dilakukan siapa saja. Berikut cara charging baterai BinguoEV yang wajib Anda tahu.

Cara Charging BinguoEV

Cara Charging BinguoEV

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk charging baterai BinguoEV, yaitu bisa dilakukan di rumah maupun di SPKLU yang saat ini sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

1. Charge BinguoEV di Rumah

Mengisi ulang daya baterai mobil listrik BinguoEV ini sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Oleh karena itu, ketika mobil tidak dipakai dan diparkir di garasi, Anda bisa mengisi kembali daya baterai dengan mudah. Untuk charge mobil listrik BinguoEV di rumah, terdapat tiga alat penting yang harus Anda miliki.

  • Socket Box

Untuk membuatnya lebih mudah, setiap pembelian mobil listrik Wuling BinguoEV ini dilengkapi dengan Socket Box. Alat ini mirip dengan charger laptop, pengguna hanya perlu mencolokkan pada sumber daya dan langsung dapat menyambungkan mobil listrik ke socket.

  • Charging Pillar

Charging Pillar, merupakan perangkat untuk mengisi daya baterai yang dapat mengirimkan daya listrik hingga 7700 W. Alat ini merupakan fitur Easy Home Charging BinguoEV yang memungkinkan untuk dicolokkan langsung ke mobil listrik.

Apabila dibandingkan dengan biaya konsumsi BBM pada mobil konvensional, pengisian daya baterai mobil listrik di rumah tidaklah mahal. Pasalnya harga listrik, yang dipatok oleh PLN berkisar Rp1,445 hingga Rp1.700 per kilowatt, masih terbilang cukup murah.

Sebagai contoh, biaya pengisian daya di rumah dari 0 hingga 100% akan berkisar antara Rp54.765 dan Rp64.430 jika Anda memiliki BinguoEV dengan kapasitas baterai 37,9 kWh untuk Range Premium.

Selanjutnya, biaya pengisian BinguoEV tipe Long Range, yang memiliki kapasitas baterai 31,9 kWh, akan lebih mahal daripada pengisian BinguoEV tipe Premium Range, yang memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Biaya pengisian di rumah dari 0 hingga 100% akan berkisar antara Rp46.095 dan Rp54.230.

2. Charge BinguoEV di Rumah

Selain melakukan charging baterai di rumah, Anda bisa melakukannya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang saat ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan Wuling juga turut andil dalam memajukan ekosistem mobil listrik dengan memberikan titik-titik pengisian baru.

Menggunakan fasilitas di SPKLU, nantinya Anda akan dikenakan biaya Rp 2.466 per kilowatt hour (kWh). Namun di SPKLU ini terdapat fasilitas fast charging yang membuat Anda menghemat waktu untuk mengisi daya.

BinguoEV sendiri ketika di charge dengan fitur fast charging dapat mengisi daya dari 30% ke 80% dalam waktu 30 menit. Biaya yang dikeluarkan untuk mengisi daya di SPKLU untuk mengisi penuh baterai BinguoEV ini berkisar Rp 94.500 untuk tipe Premium Range dan Rp 78.500 untuk tipe Long Range.

3. DC Charging

Pada Wuling BinguoEV tipe Long Range AC/DC dan Premium Range AC/DC sudah didukung dengan teknologi pengisian DC Charging. Pengisian daya ini bekerja cepat karena hanya memakan waktu sekitar 30-35 menit dengan persentase pengisian daya 30%-80%. Pengisian dengan DC Charging ini tersedia di 6 titik yang berada di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang dan rest area di jalur tol Cirebon dan Batang untuk kemudahan pemilik BinguoEV saat bepergian di area tersebut.

Setelah menyimak cara charging BinguoEV di atas, Anda hanya perlu menyiapkan dua alat berupa socket box dan charging pillar supaya bisa mengisi daya baterai BinguoEV di rumah dengan nyaman.

Selain itu, Anda bisa mengisi daya di SPKLU yang kini sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, seperti di kota-kota besar. Di SPKLU, Anda bisa memanfaatkan fasilitas fast charging untuk mengisi daya baterai dengan cepat dan mudah.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer