Pentingnya ET Velg atau Offset Mobil untuk Modifikasi

28 April, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Pentingnya ET Velg atau Offset Mobil untuk Modifikasi

Mengganti velg bawaan dari produsen mobil, menjadi salah satu modifikasi yang kerap dilakukan pecinta otomotif. Pasalnya, dengan mengganti velg mobil bawaan dengan velg seperti jenis ET, langsung membuat penampilan mobil berubah drastis. Kesan sporty langsung terlihat bila menggunakan ET velg dengan desain tersebut. 

Namun tahukah apa itu ET velg atau Offset mobil untuk modifikasi? Mengganti velg mobil dari bawaan sejatinya ingin memodifikasi penampilan mobil menjadi lebih menarik dan berbeda. Seperti pemilik mobil Wuling Air ev di Surabaya yang bernama Shandy Budiman.

Pemilik Air ev ini mengganti velg bawaannya dengan velg ukuran ring 17 yang menjadikan mobil ini tampil semakin keren. Tampil tidak biasa, Air ev tersebut menjadi tampil stand-out! Nah, untuk lebih jelas mengenai ET Velg mobil simak ulasan di bawah ini.

Pengertian ET atau Offset Velg Mobil

Velg ET mobil adalah komponen yang digunakan pada roda mobil yang merupakan singkatan dari einpresstiefe yang berarti jarak antara pusat roda dengan bagian dalam velg. Sehingga, Velg ET mobil dalam hal modifikasi mobil berarti jarak antara pusat roda dengan bagian dalam velg lebih lebar daripada velg standar.

Komponen ini umumnya terbuat dari bahan aluminium yang ringan namun kuat. Velg ET mobil pertama kali muncul di Jerman pada tahun 60-an. Komponen ini pertama kali digunakan pada mobil balap, tetapi kemudian banyak digunakan ke mobil lainnya. Karena kemampuannya untuk meningkatkan performa mobil dan memberikan tampilan yang lebih menarik, ET velg menjadi semakin populer seiring berjalannya waktu.

Fungsi Velg ET pada Mobil

Fungsi Velg ET pada Mobil

Velg ET Memiliki beberapa fungsi yang sangat penting bagi mobil, tidak hanya soal tampilan namun juga performa dengan mengurangi berat roda dan memperluas jarak antara pusat roda dengan bagian dalam velg. Hal ini membuat mobil lebih stabil dan responsif saat dikemudikan.

Kelebihan Velg ET pada Ban Mobil

Selain fungsi yang dijabarkan di atas, velg ET memilih beberapa kelebihan lainnya ketika Anda menggunakan pada mobil. Berikut kelebihan ET velg mobil:

  • Desain yang Menarik

Kelebihan pertama dari velg  ET mobil adalah desainnya yang menarik. Dibandingkan dengan velg mobil biasa, velg ET memiliki tampilan yang lebih sporty dan menarik. Desain yang menarik ini pasti akan membuat mobil Anda terlihat lebih keren dan elegan.

  • Material yang Berkualitas Tinggi

Velg ET pada mobil terbuat dari bahan berkualitas tinggi, sehingga sangat tahan terhadap benturan dan korosi. Velg ini juga ringan dan kuat, sehingga lebih awet dan tidak mudah rusak.

  • Performa yang Baik

Velg ET lebih baik daripada velg biasa selama ukuran velg ET sesuai dengan dimensi kendaraan. Velg ini membuat mobil lebih stabil saat melaju, terutama pada kecepatan tinggi, yang juga membuat mobil lebih mudah dikendarai.

  • Harga yang Terjangkau

Meskipun velg ET memiliki keunggulan yang di atas rata-rata, harganya masih terbilang cukup terjangkau. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat mendapatkan velg mobil yang berkualitas tinggi dan tampilan yang menarik.

Cara Memilih Velg ET yang Tepat

Cara Memilih Velg ET yang Tepat

Setelah mempelajari apa itu ET velg atau Offset mobil, mulai dari artinya, dan manfaatnya, langkah selanjutnya adalah cara memilih atau mengukur velg yang tepat untuk mobil Anda. Pastikan juga selalu berkonsultasi dengan bengkel resmi jika ingin melakukan modifikasi mobil agar tetap terjaga keamanannya.

Berikut adalah beberapa tips memilih ET velg mobil:

  • Sesuaikan Ukuran Ban Mobil

Pertama dan terpenting, pastikan bahwa velg yang Anda pilih sesuai dengan ukuran ban mobil Anda. Ukuran velg biasanya ditulis dalam inci dan ditunjukkan di samping velg, jadi pastikan bahwa ukurannya sesuai dengan ban mobil agar velg dapat dipasang dengan mudah dan memaksimalkan kinerja mobil Anda.

  • Pilih Bahan yang Berkualitas

Selain ukuran, Anda harus mempertimbangkan bahan yang pilih untuk velg mobil Anda. Velg mobil terbuat dari berbagai bahan, seperti logam campuran, baja, atau aluminium, tetapi aluminium paling populer karena ringan, tahan karat, dan terlihat keren.

  • Perhatikan Desain dan Warna

Setelah memilih bahan yang tepat, Anda bisa memilih desain dan warna sesuai keinginan. Pilihlah velg mobil yang akan meningkatkan tampilan mobil dan sesuai dengan karakteristik mobil Anda. Velg mobil tersedia dalam berbagai desain dan warna, mulai dari yang sederhana hingga yang mewah dan mencolok.

  • Pastikan Sesuai dengan Budget

Terakhir, pastikan memilih velg yang sesuai dengan anggaran Anda. Velg mobil berkualitas tinggi biasanya lebih mahal, tetapi itu tidak berarti harus mengorbankan kualitas untuk menghemat uang. Anda dapat menemukan velg mobil berkualitas tinggi dengan harga terjangkau dengan melakukan penelitian dan membandingkan harga dari beberapa merek dan toko.

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu Anda sudah mengetahui penting velg  ET atau Offset mobil untuk modifikasi. Pastikan untuk memodifikasi mobil dengan tetap memperhatikan serta keamanan dalam berkendara sehingga tidak perlu khawatir ketika melaju di jalan raya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer