Apa Itu Velg Alloy Mobil & Kelebihannya?

28 June, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image Apa Itu Velg Alloy Mobil & Kelebihannya?

Velg adalah salah satu komponen mobil yang memiliki peranan sangat penting, karena memberikan pengaruh terhadap performa mobil dan bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih keren. Sampai saat ini, velg alloy dan velg kaleng menjadi 2 jenis velg mobil yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Cara mengenalinya biasanya dibedakan berdasarkan perbedaan warna, bentuk dan desain.

Sekilas Tentang Velg Alloy Pada Mobil

Apa Itu Velg Alloy Mobil & Kelebihannya?

Banyak sekali pabrikan otomotif yang memakai velg kaleng untuk mobilnya, karena dianggap memiliki biaya yang lebih ringan. Namun tren penggunaan velg kaleng sudah mulai beralih, karena banyak pabrikan yang sudah menggunakan velg alloy untuk menunjang mobil barunya. Ada pabrikan yang menjadikan velg alloy sebagai standar kualitas dan ada juga yang ditawarkan sebagai perlengkapan untuk operasional.

Secara umum, alloy adalah kombinasi antara 2 atau lebih elemen yang salah satunya logam dan biasanya akan menghasilkan properti yang metalik. Alloy biasanya dihadirkan untuk membuat mobil lebih baik dibandingkan dengan komponen pembentuknya.

Velg alloy biasanya akan memberikan akselerasi yang sangat bagus dibandingkan dengan velg kaleng, karena velg alloy punya bobot yang lebih ringan. Mobil juga bisa melaju dengan lebih cepat dan terkendali.

Kelebihan Velg Alloy Dibanding Jenis Lainnya

1. Bagian Unsprung Ringan

Bagian Unsprung Ringan

Keuntungan utama dari penggunaan velg alloy adalah memiliki unsprung yang lebih ringan jika dibandingkan dengan velg kaleng. Hal ini sangat berkaitan dengan berat ban, bantalan, roda dan rem pada mobil. Dengan menggunakan unsprung yang ringan, tentu mobil bisa mempertahankan kontaknya dengan jalanan.

Apabila berat unsprung menurun, maka suspensi mobil bisa melakukan reaksi dengan lebih cepat dan bisa memperbaiki traksi atau gaya gesek yang maksimal. Biasanya akan dihasilkan dari 2 permukaan tanpa mengalami kondisi slip.

2. Ringankan Sparepart yang Bergerak

Ringankan Sparepart yang Bergerak

Spare part yang bergerak sangatlah penting untuk diperhatikan dan usahakan supaya memiliki berat yang ringan. Dengan menggunakan velg alloy biasanya akan meringankan sparepart yang bergerak, sehingga performa mobil bisa lebih stabil saat melaju.

Velg alloy juga akan membuat kendaraan memiliki berat keseluruhan yang lebih ringan dan akhirnya akan menghasilkan efisiensi dari segi bahan bakar. Selain itu juga akan meningkatkan performa mobil dari segi pengereman dan akselerasi.

3. Pengereman yang Maksimal

Pengereman yang Maksimal

Velg alloy bisa membuat baret kendaraan menjadi lebih ringan dan bisa membantu dalam peningkatan performa rem mobil, meskipun berat bukan menjadi satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap kinerja rem.

Velg alloy sangatlah efektif untuk meredam panas dibandingkan dengan velg kaleng, karena komposisi velg kaleng mampu menghantarkan panas. Dengan pengereman yang lebih ringan tentu kegagalan proses pengereman menjadi lebih kecil dan membuat mobil tetap aman di perjalanan.

4. Pilihan Ban yang Banyak

Pilihan Ban yang Banyak

Jika Anda memiliki mobil yang menggunakan velg alloy, maka Anda tidak perlu khawatir dengan pilihan ban yang bisa dipakai. Velg alloy cocok untuk berbagai jenis ban, sehingga sangat menguntungkan untuk dipakai. Velg alloy bisa meningkatkan respons stir dengan sangat baik dan bisa mengurangi distorsi dengan baik.

Tidak hanya itu, penggunaan ban yang lebih lebar juga akan mengurangi rolling resistance yang bisa menyebabkan efisiensi bahan bakar dan akan membuat akselerasi menjadi lebih mudah. Velg alloy juga bisa memungkinkan para pengendara menyesuaikan mobil dengan sistem pengereman, sehingga bisa berkendara dengan lebih aman.

Demikian bahasan lengkap mengenai velg alloy dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk Anda, ya.

 

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer