Review Fun Fact Wuling Air ev yang Bikin Pemilik Happy!

31 October, 2023
clock-bold
6 menit membaca

Image Review Fun Fact Wuling Air ev yang Bikin Pemilik Happy!

Pasar otomotif Tanah Air semakin dimeriahkan dengan kehadiran mobil listrik Wuling Air ev, yang diakui sebagai salah satu varian terjangkau di kelasnya. Kendaraan elektrik ini memadukan kemudahan penggunaan, desain menarik, dan teknologi canggih untuk memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa.

Untuk memberikan gambaran, mobil bertenaga listrik (Battery Electric Vehicle/BEV) lainnya di Indonesia, rata-rata ditawarkan dengan harga sekitar Rp700 jutaan. Sementara itu, Wuling Air ev dapat Anda miliki dengan rentang harga yang jauh lebih terjangkau, berkisar antara Rp206.000.000 hingga Rp299.500.000 OTR Jakarta. Tidak heran jika mobil compact ini sangat populer.

Dengan harga tersebut, Wuling Air ev tidak mengesampingkan kualitas. Selain memberikan kenyamanan dalam berkendara, mobil ini juga memiliki beberapa keunggulan. Seberapa canggihnya mobil listrik dari Wuling Motors ini? Simak review Wuling Air ev yang berisi fakta-fakta dan kelebihannya di bawah ini.

Manuver Lincah dan Gesit di Jalan Raya

Air ev memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm, serta jarak sumbu roda 2.010 mm. Ukuran tersebut membuat kendaraan compact ini lebih mudah untuk diparkir. Dengan dimensi yang lebih compact, mobil ini dapat masuk ke tempat parkir yang lebih sempit dibandingkan dengan mobil berbahan bakar fosil pada umumnya.

Dengan dimensi yang compact, mobil ini sangat cocok untuk digunakan sehari-hari, terutama di lingkungan perkotaan. Hal ini terbukti juga dari kemampuan akselerasi yang mengesankan. Tipe Standard Range Air ev mampu mencapai kecepatan 0-50 km/jam dalam waktu singkat, hanya dalam 5,6 detik, sementara tipe Long Range bahkan lebih cepat, hanya dalam 4,9 detik. Ini menjadikan mobil listrik ini mampu berlalu-lalang dengan lancar dan responsif di jalan raya.

Desain Fungsional dengan Kabin Nyaman

Desain Fungsional dengan Kabin Nyaman

Desainnya yang futuristik dengan fitur Daytime Running Light (DRL lamp) yang memanjang dan logo Wuling yang menyala, menciptakan tampilan elegan dan modern. Bagian interiornya, mobil ini menawarkan kabin yang nyaman untuk 4 orang. Wuling Air ev menyajikan kenyamanan dengan lapisan kulit yang mewah di beberapa bagian. Selain itu, dilengkapi dengan smart key dan keyless entry untuk tipe Long Range.

Salah satu yang paling menarik adalah pilihan warnanya yang beragam. Wuling Air ev tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu pristine white, avocado green, lemon yellow, peach pink, dan galaxy blue. Warna-warna ini memungkinkan Anda untuk mengekspresikan gaya sesuai dengan kepribadian. Warna-warna tersebut makin memikat berkat sentuhan lampu berteknologi LED, memberikan pencahayaan yang efisien dan cemerlang.

Baterai Air ev Berhasil Melewati 41 Uji Ketahanan dan Keamanan

Baterai mobil listrik ini menggunakan teknologi lithium ion phosphate (LFP) dan telah berhasil melewati 41 uji ketahanan yang mencakup tes jatuh, kebakaran, rotasi berulang, kebocoran air, dan getaran. Hal ini menegaskan bahwa baterai Wuling Air ev dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

Selain itu, ada opsi home charging, yang memungkinkan Anda mengisi daya langsung di rumah. Setelah diisi penuh, Wuling Air ev tipe Long Range dapat menempuh jarak hingga 300 kilometer, menjadikannya pilihan yang ramah lingkungan dan praktis.

Lalu, berapa harga pengisian baterai Air ev? Untuk pengisian baterai di rumah, biaya dihitung berdasarkan konsumsi kilowatt per jam (kWh) dengan tarif sekitar Rp 1.669,53 per kWh. Dengan kapasitas baterai sekitar 26,7 kWh untuk Air ev tipe Long Range, biaya total untuk mengisi baterai dari 0 hingga 100% diperkirakan sekitar Rp 45.377,35.

Sementara itu, jika pengisian dilakukan di SPKLU, biaya per kWh berada dalam kisaran Rp 1.650 hingga Rp 2.475. Simulasi pengisian pada saat baterai mencapai 50%, kemudian diisi hingga penuh, diperkirakan hanya memerlukan biaya sekitar Rp 33 ribu. Dengan demikian, pengguna Wuling Air ev dapat melakukan pengisian baterai dengan biaya yang lebih efisien saat menggunakan SPKLU, memungkinkan untuk mobilitas yang lebih hemat dan efektif.

Fitur Keamanan, Keselamatan, dan Kenyamanan

Kendaraan ini dilengkapi dengan beragam fitur keamanan yang komprehensif. Mulai dari dua airbag di bagian depan yang memberikan perlindungan ekstra bagi pengemudi dan penumpang baris pertama dalam berbagai situasi. Selain itu, rangka yang kokoh memberikan perlindungan tambahan dalam kasus kecelakaan.

Sistem pengereman yang andal adalah kunci keselamatan. Air ev tipe Long Range dilengkapi dengan rem cakram pada roda depan dan belakang. Dukungan dari fitur seperti ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), TPMS (Tire Pressure Monitoring System), Sound Module for Pedestrian Warning, serta ISOFIX untuk keamanan anak-anak, semuanya berkontribusi dalam menjaga keamanan pengemudi dan penumpang.

Untuk tipe Wuling Air ev Long Range, terdapat fitur Electronic Stability Control (ESC), Electric Parking Brake dengan AVH (Auto Vehicle Hold), serta HHC (Hill Hold Control) tambahan. Semua ini adalah upaya Wuling untuk memberikan perlindungan maksimal dan menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman bagi Anda dalam mengendarai mobil listrik compact ini.

Teknologi Canggih pada Interior Air ev

Teknologi Canggih pada Interior Air ev

Interior Wuling Air ev menampilkan kemajuan teknologi yang mengesankan, terutama pada bagian dashboard. Kendaraan ini dilengkapi dengan dual screen atau dua layar Integrated Floating Wide Screen yang luas berukuran 10,25 inci, dan keduanya terletak di depan kemudi.

Kombinasi dari dua layar ini memungkinkan pengemudi untuk mengakses berbagai fitur dengan mudah. Tombol-tombol yang terletak di sekitarnya memudahkan pengaturan, termasuk tombol mengendalikan jendela elektrik, fitur keamanan Electric Parking Brake, dan Auto Vehicle Hold. Kecepatan respons dua layar Integrated Floating Wide Screen ini memberikan kemudahan saat mengemudi.

Entertainment system pada head unit telah ditingkatkan dengan konektivitas internet. Pengguna Air ev dapat menikmati berbagai hiburan dengan mudah, menjadikan perjalanan semakin menyenangkan. Tidak hanya itu, bagian konsol tengah dilengkapi oleh Rotary Gear Selector yang dihias chrome ring, memberikan tampilan futuristik pada bagian interior.

Inovasi Teknologi IoV dan Aplikasi MyWuling+

Wuling Air ev menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Internet of Vehicle (IoV) atau Aplikasi Wuling Remote Control. Teknologi ini memungkinkan kendaraan terhubung dengan jaringan internet dan memberikan pengguna kontrol jarak jauh.

Untuk mengoperasikannya, unduh aplikasi My WULING+ ke smartphone, kemudian lakukan sinkronisasi dengan sistem kendaraan. Anda pun bisa mendapatkan kontrol penuh atas kendaraan dari mana saja.

IoV atau Aplikasi Pengendali Jarak Jauh Wuling ini menawarkan berbagai fitur. Anda dapat menyalakan AC sebelum memasuki kendaraan, atau mempersiapkan navigasi sebelum memulai perjalanan. Dengan koneksi antara smartphone dan head unit mobil, navigasi di kendaraan akan berfungsi secara otomatis.

Selain untuk mengendalikan fitur kendaraan, aplikasi ini juga memfasilitasi koneksi pengguna Air ev dengan dealer secara mudah. Pengguna dapat dengan mudah mengkonsultasikan masalah kendaraan secara online dengan teknisi, melakukan booking service, pemesanan test drive, dan mendapatkan layanan bantuan jalan 24 jam.

Kesimpulannya, Wuling Air ev adalah pilihan yang sempurna bagi pengguna yang mendukung kelestarian lingkungan. Dengan penggunaan baterai yang ramah lingkungan, kendaraan ini mengurangi emisi karbon dan polusi udara. Hal ini merupakan langkah yang sangat penting untuk menuju mobilitas berkelanjutan.

Perlu diketahui bahwa harga Air ev menjadi semakin terjangkau dengan penerapan diskon Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi hanya 1% hingga Desember 2023. Dengan PPN 1% ini, kisaran harga Air ev menjadi lebih terjangkau. Varian Long Range menjadi Rp273 juta, varian Standard Range menjadi Rp222 juta, dan varian Lite tersedia mulai dari Rp188,9 juta (OTR Jakarta).

Harga-harga ini menjadikan Wuling Air ev sebagai pilihan tepat bagi para calon pembeli yang menginginkan mobil listrik dengan fitur canggih dan performa puas. Untuk memiliki mobil listrik yang futuristik ini, Anda dapat melakukan pemesanan melalui dealer resmi Wuling atau melihat produk detail Air ev di wuling.id

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer