Strategi Beli Mobil dengan Gaji UMR, Catat Yuk!

21 February, 2024
clock-bold
7 menit membaca

Image Strategi Beli Mobil dengan Gaji UMR, Catat Yuk!

Gaji yang diterima oleh sebagian besar pekerja di Indonesia sangat bervariasi. Menurut data dari survey yang dirilis oleh Salary Explorer pada tahun 2023, rata-rata gaji karyawan di Indonesia mencapai Rp 3.070.000 per bulan Angka ini masih di bawah UMP atau Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta untuk tahun yang sama, yang ditetapkan sebesar Rp 4.901.798. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pekerja yang masih berjuang untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka, termasuk dalam hal memiliki mobil pribadi.

Bagi pekerja dengan gaji sebesar Upah Minimum Regional (UMR) Jakarta atau sekitarnya, memiliki mobil menjadi pencapaian besar. Dibutuhkan strategi bijaksana untuk memastikan pembelian mobil terjangkau dan sesuai dengan anggaran. Hal ini menjadi pertanyaan, khususnya bagi generasi muda yang masih produktif berencana punya mobil pertama.

Bagaimana cara menyiasati anggaran agar tetap terjangkau tanpa mengorbankan kualitas dan fitur yang diinginkan? Simak tips untuk Anda yang bergaji UMR dan ingin memiliki atau mencicil mobil pertama.

1. Tabung Sebagian Gaji Bulanan

Menyisihkan sebagian gaji bulanan untuk tabungan mobil merupakan langkah pertama yang bijaksana. Tentukan jumlah yang realistis dan konsisten setiap bulan. Salah satu cara efektif adalah menyisihkan setidaknya 30 persen dari gaji setiap bulan untuk tabungan mobil. Langkah ini memastikan akumulasi dana yang konsisten.

Sebagai contoh, tentukan target menabung dengan minimal gaji UMR Rp1 juta per bulan. Fokus pada kebutuhan wajib dan kurangi pengeluaran yang tidak esensial, seperti mengurangi kegiatan nongkrong di kafe atau pembelian barang yang tidak diperlukan. Dengan disiplin menabung, Anda dapat memiliki dana awal yang memadai untuk membayar uang muka atau melunasi sebagian biaya pembelian mobil.

2. Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Menentukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda adalah keputusan penting dalam perjalanan memiliki mobil impian. Fokus pada fitur dan spesifikasi yang benar-benar diperlukan adalah langkah bijak untuk mempersempit pilihan mobil yang sesuai dengan anggaran dan meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu.

Selain mempertimbangkan kebutuhan pribadi, Anda juga perlu melihat tawaran terkini di pasar. Sebagai contoh, Wuling Alvez, mobil keluaran 2023 dengan harga 300 jutaan ini menawarkan kombinasi yang menarik antara fitur, gaya, dan efisiensi.

Alvez bukan hanya sekadar kendaraan, tetapi juga menjadi ekspresi gaya hidup bagi anak muda yang kreatif dan produktif. Mobil SUV masa kini yang memiliki arti “All At Once” dengan konsep Style and Innovation in One SUV ini menggabungkan tampilan eksterior dan interior stylish yang sleek.

Wuling Alvez menghadirkan kesan yang semakin berkelas dengan jok synthetic leather seat. Kemudian, interiornya memiliki desain premium soft touch panels dan trim pintu berbahan soft touch. Fitur Electric Sunroof juga hadir untuk memanjakan pandangan mata penumpang di dalam kabin mobil. Bagi Anda yang mencari mobil dengan harga terjangkau, Alvez bisa menjadi pilihan menarik untuk menemani perjalanan sehari-hari.

3. Simulasi Rencana Cicilan Mobil

Sebelum merencanakan pengajuan kredit mobil, disarankan untuk melakukan simulasi terlebih dahulu. Simulasi ini membantu Anda menentukan harga mobil di pasaran, besaran cicilan perbulan yang tidak lebih dari 30%, dan uang muka yang sesuai dengan kondisi keuangan.

Sebagai contoh, dengan gaji UMR sebesar Rp5 jutaan, maka sebaiknya sisihkan antara Rp900 ribu hingga Rp1.5 juta per bulan. Misalnya, Anda berencana membeli mobil Wuling Alvez SE seharga Rp214 juta. Dengan bunga cicilan 8% per tahun dengan jangka waktu cicilan selama 10 tahun, uang muka (DP) sebesar 45%, cicilan per bulan yang harus Anda bayarkan adalah sekitar Rp1.4 jutaan, yang masih dalam batas wajar.

Tips lainnya, Anda dapat mencari promo yang menawarkan potongan uang muka atau cash back untuk mengurangi total uang muka. Namun, perlu diingat bahwa perhitungan ini belum termasuk biaya tambahan seperti asuransi dan administrasi. Sebaiknya, lakukan verifikasi dan konsultasi lebih lanjut dengan pihak leasing atau bank untuk mendapatkan perhitungan akurat sesuai dengan kondisi dan kebijakan yang berlaku.

4. Pilih Tenor Kredit Lebih Lama

Kalau Anda telah memutuskan untuk membeli mobil dengan kredit, disarankan untuk memilih tenor angsuran yang lebih lama, terutama jika Anda bergaji sekitar UMR Rp5 jutaan per bulan. Meskipun terdapat kekhawatiran terkait bunga yang mungkin lebih besar pada tenor yang lebih panjang, sebenarnya hal ini dapat membantu menyeimbangkan keuangan harian Anda.

Tenor angsuran mobil biasanya berkisar antara 12 bulan (1 tahun) hingga 60 bulan (5 tahun). Jika pendapatan Anda masih UMR, sebaiknya memilih tenor paling lama, yaitu 60 bulan atau 5 tahun.

Dari simulasi rencana kredit mobil di atas, dicontohkan tenor 10 tahun. Perlu diperhatikan bahwa memilih tenor angsuran selama 10 tahun mungkin dapat membuat angsuran bulanan menjadi lebih rendah, namun dapat mengakibatkan total biaya yang harus dibayar secara keseluruhan menjadi lebih tinggi akibat akumulasi bunga yang lebih besar. Selain itu, risiko nilai depresiasi mobil dapat mempengaruhi nilai jual kembali mobil.

Strategi Beli Mobil dengan Gaji UMR - 2

5. Kenali Kemampuan Finansial

Selain rumah, mobil juga menjadi impian bagi sebagian orang. Nah, bagi milenial yang bergaji UMR pun ternyata bisa memiliki mobil. Dilansir Detik, menurut Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Asad, gaji sekitar Rp 4,5 juta masih bisa beli mobil, meski pilihannya terbatas. Dengan gaji Rp 4,5 juta, seseorang dapat membeli mobil seharga Rp100 jutaan dan membayarnya dengan cicilan selama 5 tahun.

Senada, Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Indonesia, Andy Nugroho, menjelaskan bahwa dengan gaji UMR Jakarta, misalnya Rp5 juta (dibulatkan), Anda bisa mendapatkan mobil seharga Rp300 juta-an. Dengan memanfaatkan cicilan maksimal 30%, cicilan yang dapat dibayarkan mencapai sekitar Rp 1,5 juta. Meskipun terdapat keterbatasan pilihan, namun memiliki mobil dengan gaji UMR Jakarta bukanlah suatu kemustahilan.

Alvez sebagai mobil dengan harga Rp 300 jutaan, menawarkan pengalaman berkendara yang cocok untuk generasi milenial atau gen-z yang masih produktif. Fitur canggih dan desain stylish, Alvez memberikan kesan sporty. Mesin efisien dan teknologi terkini Alvez memberikan keseimbangan antara performa dan konsumsi bahan bakar hemat, sehingga menjadi pilihan bijak anak muda yang ingin tampil gaya namun efisien dalam pengeluaran untuk mobilitas sehari-hari.

6. Simpan Bonus THR dan Tahunan

Mendapatkan bonus THR atau bonus tahunan dari perusahaan memang sangat menyenangkan. Meskipun begitu, bijaksanalah dalam mengelola uang tambahan tersebut. Daripada menghabiskannya secara instan, sebaiknya simpan bonus THR dan bonus tahunan untuk menabung pembelian mobil impian. Selain itu, pertimbangkan untuk menginvestasikan uang tersebut guna mendapatkan keuntungan di masa depan.

Sebelum menabung atau berinvestasi, pastikan Anda telah merancang rencana keuangan yang matang. Tetapkan jumlah uang yang akan dialokasikan untuk menabung atau diinvestasikan, sehingga Anda dapat menjaga diri dari godaan untuk menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan yang kurang esensial.

7. Mencari Pekerjaan Tambahan

Agar rencana pembelian mobil dengan gaji UMR dapat terwujud lebih cepat, mencari pekerjaan tambahan untuk menambah pemasukan merupakan langkah yang dapat diambil. Pemasukan tambahan ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti bisnis sampingan, pekerjaan freelance, atau menjual barang-barang yang tidak terpakai. Langkah ini dianggap efektif sebagai cara menabung untuk beli mobil dengan pendapatan yang terbatas.

Namun, sebelum mencari pemasukan tambahan, pastikan bahwa pekerjaan utama Anda tidak terganggu dan tetap dapat dijalankan dengan baik. Hindari situasi di mana pemasukan tambahan malah membuat Anda kelelahan atau mengganggu fokus dari pekerjaan utama.

Pilihlah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan keahlian Anda dan tidak membutuhkan terlalu banyak waktu, sehingga Anda dapat tetap fokus pada pekerjaan utama dan mencapai tujuan menabung untuk membeli mobil impian.

 

Strategi Beli Mobil dengan Gaji UMR - 3

8. Hindari atau Selesaikan Hutang Lain Terlebih Dulu

Membeli mobil dengan gaji UMR bisa menjadi tantangan yang cukup berat. Menekan pengeluaran bulanan untuk ditabung atau dibayarkan sebagai cicilan mobil bisa menjadi pekerjaan yang sulit. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari mengambil utang atau memulai utang baru ketika sedang dalam proses mencicil mobil.

Memaksa diri untuk tetap membayar angsuran bisa berujung pada kesulitan finansial, bahkan risiko mobil ditarik oleh leasing. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari utang, terutama dalam jumlah besar.

Membeli mobil impian menjadi cita-cita banyak orang, termasuk bagi yang bergaji UMR. Mewujudkan impian tersebut memerlukan tekad dan niat yang kuat untuk menabung dan mempersiapkan diri secara finansial. Dengan menerapkan tips-tips ini dan persiapan keuangan yang baik, Anda akan lebih mudah mewujudkan impian memiliki mobil impian di usia produktif.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer