Ukuran Parkir Mobil yang Ideal di Garasi Rumah

27 February, 2024
clock-bold
3 menit membaca

Image Ukuran Parkir Mobil yang Ideal di Garasi Rumah

Sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan, pastikan Anda telah menyiapkan ukuran parkir mobil yang sesuai dengan jenis dan dimensi kendaraan di garasi rumah. Langkah ini penting Anda perhatikan karena mobil membutuhkan garasi yang ideal agar lebih awet dan aman.

Garasi mobil atau carport dibutuhkan oleh setiap pemilik kendaraan sebagai tempat parkir dan menyimpan mobil ketika sedang di rumah. Sebelum membuat garasi atau carport, pastikan Anda telah mengetahui berapa standar ukuran parkir kendaraan yang ideal agar pas dengan dimensi kendaraan.

Untuk lebih jelasnya tentang berapa lebar garasi mobil yang ideal di rumah, simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Standar Ukuran Parkir Mobil Sesuai Jenis Mobil

Standar Ukuran Parkir Mobil Sesuai Jenis Mobil

Ukuran parkir mobil yang ideal berbeda-beda tergantung dari jenis kendaraannya. Mobil dengan dimensi besar pastinya membutuhkan lahan parkir atau garasi yang luas dan begitu pula sebaliknya.

Berikut ini standar ukuran garasi mobil sesuai dengan jenis kendaraanya.

1. Mobil Jenis SUV dan Van

Jenis kendaraan sangat berpengaruh terhadap ukuran atau dimensi parkir mobil. Mobil SUV biasa memiliki dimensi panjang 4.9 meter hingga 5.8 meter. Sedangkan untuk lebarnya 1.8 meter hingga 2.1 meter dan tinggi sekitar 1.5 meter hingga 1.8 meter.

2. Mobil Ukuran Mini dan Mobil Sport

Mobil jenis ini biasanya memiliki panjang 4.3 meter hingga 4.9 meter, lebar 1.5 meter hingga 1.8 meter serta tinggi mencapai 1.2 meter hingga 1.5 meter.

3. Mobil Ukuran Jumbo dan Mobil Mewah

Untuk jenis mobil ini biasanya memiliki ukuran panjang 4.9 meter hingga 5.5 meter. Lebarnya mencapai 1.8 meter hingga 1.9 meter, sedangkan tingginya mencapai 1.4 meter hingga 1.5 meter. Standar ukuran parkir mobil di rumah harus lebih besar dari ukuran dimensi kendaraan. Setelah itu, Anda perlu menghitung rumus batas minimum ruang garasi yang sesuai dengan ukuran kendaraan.

Ukuran batas minimum ruang garasi adalah sebagai berikut:

  • Panjang garasi tambahkan 100 – 120 cm dari panjang mobil
  • Lebar garasi tambahkan 100 cm dari lebar mobil
  • Tinggi garasi tambahkan 100 cm dari tinggi mobil

2. Rata rata ukuran ideal garasi mobil 1000x569

Rata-Rata Ukuran Ideal Garasi Mobil

Secara umum, terdapat dua ukuran rata-rata untuk garasi ideal yaitu, ukuran untuk satu mobil dan dua mobil. Berikut penjelasannya.

1. Garasi Satu Mobil

Ukuran carport atau garasi rata-rata untuk satu mobil tergantung dari dimensi kendaraan. Untuk mobil jenis hatchback, LCGC, atau city, ukuran garasi yang ideal adalah panjang 4.5 meter, lebar 2 meter dan tinggi 2 – 3 meter. Sedangkan untuk mobil dengan dimensi lebih besar, ukuran garasi yang ideal adalah panjang 6 meter, lebar 2.6 meter dan tinggi 3 meter.

2. Garasi Dua Mobil

Ukuran parkir mobil di rumah yang ideal jika digunakan untuk dua mobil  biasanya berbentuk persegi berukuran 6 x 6 meter atau 6.5 x 6.5 meter. Ukuran ini cukup untuk menampung dua mobil sekaligus tanpa perlu khawatir mobil akan saling bersenggolan atau tergores satu sama lain.

Saat ini ada banyak jenis mobil yang memiliki dimensi kecil sehingga tidak membutuhkan ukuran garasi yang besar. Mobil jenis seperti ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki lahan terbatas. Salah satu contohnya mobil listrik Wuling Air ev.

Mobil listrik mini ini memiliki desain yang compact sehingga tidak membutuhkan ukuran parkir mobil yang besar. Mobil ini cocok untuk Anda yang tinggal di rumah hunian sempit. Wuling Air ev juga dibekali dengan fitur kamera parkir yang bisa memudahkan pemilik kendaraan untuk parkir kendaraan di tempat sempit dengan lebih mudah.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer