Yuk, Kenali Jenis Mobil MPV, Fungsi dan Kelebihannya!

12 May, 2022

Image Yuk, Kenali Jenis Mobil MPV, Fungsi dan Kelebihannya!

Kebutuhan mobilitas masyarakat kian hari kian meningkat, sehingga memicu naiknya kebutuhan akan kendaraan seperti mobil. Berbagai jenis kendaraan roda empat tersebut pun ramai beredar di pasaran, salah satu jenis yang paling populer adalah jenis mobil MPV.

Kendaraan dengan bodi besar ini cukup punya banyak peminat, terutama di kalangan masyarakat yang sudah berkeluarga. Mengapa mobil jenis ini begitu populer di masyarakat? Apa saja jenis dan fungsinya? Yuk, simak ulasan berikut.

Pengertian Mobil MPV

Pengertian Mobil MPV

Mobil MPV merupakan jenis mobil yang memiliki banyak peminat di Indonesia sehingga kehadirannya cukup mendominasi. Kepopuleran mobil yang masuk klasifikasi minibus ini tak lepas dari kegunaannya yang begitu fleksibel.

MPV sendiri adalah singkatan dari Multi Purpose Vehicle, dimana penamaan ini mengacu pada fungsi serbaguna yang diusungnya. Meski bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, namun mobil ini lebih diminati untuk dijadikan mobil keluarga.

Bentuk dan desain mobil MPV membuatnya cocok digunakan untuk membawa penumpang beserta kargo. Rata-rata kapasitas penumpang mobil MPV adalah 5 hingga 7 orang. Kapasitasnya yang besar ini juga bisa dibilang merupakan salah satu alasan jenis mobil MPV menjadi kendaraan yang sangat digemari oleh masyarakat Tanah Air.

Untuk memuat barang lebih banyak, jok belakang mobil MPV biasanya dapat dilipat sehingga lebih banyak ruang tersedia. Jadi secara singkat bisa disimpulkan bahwa jenis mobil MPV adalah kendaraan yang memang dirancang untuk mengangkut penumpang dan barang.

Anda bisa melihat salah satu contoh mobil MPV terbaik saat ini yaitu Wuling New Confero. Sejalan dengan apa yang dijelaskan diatas, mobil ini dibekali kabin dan bagasi lega sehingga cocok untuk kebutuhan keluarga.

Karakteristik Mobil MPV

Karakteristik Mobil MPV

Seperti yang kita tahu bahwa banyak jenis mobil yang ada di pasaran, salah satu yang paling populer adalah jenis mobil MPV. Nah, untuk bisa membedakan jenis MPV dengan jenis-jenis mobil yang lainnya, ketahui dulu karakteristik mobil MPV berikut ini.

1. Kapasitas Penumpang

Mobil MPV merupakan kendaraan yang dirancang untuk kebutuhan keluarga. Tidak heran jika salah satu karakteristiknya adalah memiliki kabin yang cukup luas sehingga mampu menampung hingga 7-8 penumpang.

2. Kapasitas Mesin

Sebagai mobil keluarga yang multifungsi, rata-rata kapasitas mesin jenis mobil MPV berada di bawah 1500 cc. Berbeda dengan mobil SUV yang didesain untuk melaju di jalanan ekstrim sehingga kapasitas mesinnya sama dengan 1500 cc atau diatasnya. MPV memang jenis kendaraan yang lebih cocok untuk melaju di jalanan yang rata.

3. Bodi Mobil

Karena digunakan untuk mengangkut penumpang beserta kargo, desain bodi MPV cenderung lebih tinggi dan lebar sehingga kabin di dalamnya lebih luas. Karakteristik ini juga menjadi kelebihan dari Wuling New Confero, dengan tagline “leganya bikin bahagia” membawa mobil asal Tiongkok ini sangat cocok untuk jadi kendaraan keluarga.

4. Sistem Penggerak

Karakteristik berikutnya terletak pada sistem penggerak. Mayoritas jenis mobil MPV menggunakan sistem penggerak dua roda, baik itu tipe penggerak roda depan (front wheel drive) atau penggerak roda belakang (rear wheel drive).

5. Ground Clearance

Karakteristik mobil MPV lainnya dapat dilihat dari aspek ground clearance alias jarak bagian bawah mobil ke tanah. Jenis mobil MPV memiliki ground clearance yang cukup tinggi, rata-rata di atas 200 mm sehingga memungkinkan untuk dikendarai di kondisi jalan yang tidak terlalu mulus.

Jenis-Jenis Mobil MPV

Jenis-Jenis Mobil MPV

Mobil MPV sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu low, medium dan premium. Berikut penjelasan dari jenis-jenis mobil MPV tersebut:

1. Low MPV

Jenis Low MPV merupakan kategori mobil MPV yang secara fitur lebih sederhana dengan bodi tidak terlalu besar. Namun tetap saja, jenis ini masih mampu mengakomodir kebutuhan transportasi sehari-hari dan irit bahan bakar.

2. Medium MPV

Berada satu tingkat diatas Low MPV, jenis medium MPV adalah kategori yang memiliki bodi lebih besar dan fitur lebih lengkap dari Low MPV. Harga mobil jenis ini sedikit lebih mahal dari Low MPV.

3. Premium MPV

Untuk kelas MPV, premium MPV adalah jenis mobil yang tingkatannya paling atas. Bodi dari mobil pada kategori ini lebih besar dengan kelengkapan interior yang bisa dibilang sekelas VIP.

Kelebihan Mobil MPV

Kelebihan Mobil MPV

Selain dirancang sebagai kendaraan multifungsi, ada beberapa kelebihan dari mobil jenis MPV yang menjadi nilai plus tersendiri dibandingkan mobil jenis lain, diantaranya:

1. Daya Tampung Besar

Sebagai kelas minibus, jenis mobil MPV memiliki ukuran yang terbilang cukup besar. Tentu saja hal ini dimaksudkan untuk memenuhi fungsinya sebagai kendaraan pengangkut. Dimensinya sanggup menampung banyak penumpang.

Seperti pada Wuling New Confero, jenis mobil MPV satu ini sanggup menampung 8 orang. Bahkan luas kabin lega yang diusungnya membuat penumpang di barisan paling depan tetap nyaman. Jarak antar baris seat relatif sama baik itu baris kedua atau ketiga.

Tak hanya itu, sebagai kendaraan keluarga, Wuling New Confero juga memiliki kabin yang cukup luas untuk memuat barang bawaan di bagasi mobil. Memiliki ruang yang cukup lapang untuk menampung perbekalan Anda selama perjalanan dengan keluarga.

2. Mesin Ramah Lingkungan

Kelebihan lain dari mobil MPV terletak pada sektor dapur pacunya. Kebanyakan jenis mobil MPV saat ini mengusung mesin yang berfokus pada sisi kenyamanan yang ramah lingkungan dengan efisiensi bahan bakar cenderung lebih irit.

3. Harga Relatif Terjangkau

Kelebihan satu ini mungkin menjadi salah satu alasan kuat mengapa mobil MPV begitu populer di Indonesia, yaitu pada lini harga. Banderolnya memang relatif di bawah tipe mobil lain untuk kelas yang sama.

Mobil MPV Kurang Cocok untuk Apa?

Mobil MPV Kurang Cocok untuk Apa?

Mobil jenis MPV juga bisa dibilang memiliki beberapa kekurangan, atau lebih tepatnya sisi lain yang kurang cocok digunakan bagi kebutuhan atau pengguna tertentu. Berikut diantaranya:

1. Kapasitas Mesin Relatif Kecil

Kekurangan pertama terletak pada mesinnya yang mayoritas menggunakan mesin dengan spesifikasi standar, bahkan bisa dibilang relatif kecil. Untuk kategori Low MPV di Indonesia rata-rata hanya mengusung mesin antara 1.5 liter hingga 1.8 liter.

Namun di lain sisi hal ini mungkin kurang cocok disebut kekurangan. Mengingat mobil jenis ini memang dirancang untuk pemakaian harian di dalam kota yang kontur jalannya rata. Berbeda dengan mobil SUV yang memang secara fungsi untuk digunakan di jalanan yang lebih ekstrim.

2. Kurang Cocok untuk Anak Muda

Lagi-lagi ini tidak sepenuhnya bisa disebut sebagai kekurangan. Karena memang incaran pasarnya adalah sebagai mobil keluarga, maka secara desain mobil MPV kurang cocok digunakan oleh anak muda. Tak ada grill yang eye catching, body stylish atau elemen yang “anak muda banget” lainnya pada mobil jenis ini.

Nah, itulah sekilas tentang jenis, fungsi, serta kelebihan mobil MPV yang perlu Anda tahu. Pada intinya kendaraan yang sangat populer ini diperuntukkan sebagai minibus serbaguna yang cocok digunakan sebagai kendaraan angkut serta mobil keluarga.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer