Apakah Mobil MPV Paling Irit Pilihan Pecinta Otomotif? Kenapa Mobil MPV menjadi salah satu favorit - Wuling Motors

Berita Wuling

Apakah Mobil MPV Paling Irit Pilihan Pecinta Otomotif? Kenapa Mobil MPV menjadi salah satu favorit

19 Juni, 2017

Image Apakah Mobil MPV Paling Irit Pilihan Pecinta Otomotif? Kenapa Mobil MPV menjadi salah satu favorit

Sekarang ini semakin banyak masyarakat yang mencari mobil, Banyak faktor ketika orang ingin mencari mobil pertama kali. Khususnya MPV,apakah benar karena mobil MPV paling irit, mobil mpv paling nyaman, mobil mpv paling ekonomis, dan banyak pertimbangan lainnnya? Kini Wuling Motors telah setahun berada di Indonesia, dengan produk pertamanya adalah berjenis MPV sering terdengar di kalangan pecinta otomotif. Semenjak kemunculan perdana kami di GIIAS 2016, kini sudah ada Wuling Confero dan Cortez yang turut meramaikan jajaran mobil MPV di Indonesia. Jika Anda yang masih penasaran seperti apa tentang Wuling Motors, temukan faktanya di bawah ini:

Tentang Wuling Motors

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) merupakan anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW), suatu perusahaan yang telah menjual lebih dari 2,15 juta unit kendaraan di 2017 dan menduduki posisi No.1 dalam hal volume penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 12 tahun di Tiongkok. Wuling Motors membawa investasi sebesar USD700 juta di Indonesia. Komitmen jangka panjang perusahaan ditunjukkan melalui peresmian pabrik dan Supplier Park sebesar 60 hektar di Cikarang, Jawa Barat pada Juli 2017. Produk pertama dari Wuling Motors, seri Confero, telah mendapat penghargaan sebagai Indonesian Car of The Year 2017 di kategori small MPV oleh Majalah Mobilmotor dan Rookie Of The Year versi Otomotif Award 2018. Kemudian, produk keduanya bernama Cortez didebut bulan Februari 2018 lalu. Wuling Motors berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia, termasuk mengembangkan jaringan diler yang telah mencapai 80 outlet di Tanah Air.

Kiprah Wuling di Tanah Air

Dengan semangat Drive For A Better Life, kami pun memastikan agar karya kami dapat dibanggakan sebagai MPV pilihan masyarakat Indonesia. Berikut ini deskripsi detail mengenai dua karya Wuling di Tanah Air:

1.     Wuling Confero

Sejak awal kehadirannya di JIExpo 2017, kemudian dilanjutkan peluncuran resminya di bulan Juni 2017, warga Indonesia semakin penasaran apakah Wuling seri Confero bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia dengan beberapa pertimbangan dalam memilih mobil MPV. Yaitu mereka memilih mobil MPV karena mobil MPV paling irit, mobil mpv paling nyaman, mobil mpv paling ekonomis, dan banyak pertimbangan lainnnya. Banyak pula warga ibu kota yang semakin yakin dengan kualitas Wuling setelah mengetahui bahwa produksi pabrikan Cikarang, Jawa Barat ini didukung oleh Global Manufacturing System (GMS) yang dikembangkan oleh General Motors di area pabrik seluas 60 hektare. Wuling seri Confero pun melalui proses pengecekan dan uji coba terlebih dahulu sebelum akhirnya sampai di rumah konsumen.

Nama Confero sendiri mengandung unsur Latin, yaitu gabungan dua kata “Con” yang artinya “bersama/dengan,” dan “Fero” yang memiliki arti “mengangkut/menanggung”. Penggabungan dua kata tersebut menjadi penggambaran masyarakat Indonesia dengan kultur kekeluargaannya, yaitu menjunjung kebersamaan. Menjadi mobil andalan keluarga tidak menjadi halangan bagi produk perdana kami ini untuk dapat tampil sporty, maka disematkanlah inisial S pada emblemnya.

Wuling seri Confero S ini telah ditanamkan mesin yang canggih, yakni DOHC DVVT yang berkapasitas 1485 cc. Transmisi yang dimiliki adalah 5 percepatan manual. Hal inilah yang membuat dapur pacu Wuling seri Confero S cukup handal sebagai pemain baru di kelas mobil MPV.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Wuling Confero S ini cukup memadai dan canggih. Salah satunya adalah disematkannya layar 8inchi berteknologi sentuh yang bisa menampilkan sistem audio. Bahkan sistem audio tersebut dapat disambungkan dengan perangkat genggam melalui dengan Bluetooth atau USB. Untuk segi keamanan, Wuking Confero S juga dibekali dengan SRS Airbag dan pengereman dengan teknologi ABS + EBD.

2.    Wuling Cortez

MPV yang kedua dari Wuling adalah Cortez, dihadirkan ke hadapan khalayak Indonesia pada Desember 2017 lalu, sedangkan untuk peluncurannya resminya di Februari 2018 ini.Wuling Cortez memiliki mesin berkekuatan 1798 cc. Dengan, julukan The New Choice of MPV kami ingin kehadiran Cortez dapat menjadi pilihan baru, dengan rasa baru, tidak hanya dari segi harga, namun juga gaya dan kualitas.

Salah satu rasa penasaran para pecinta mobil Wuling pun sudah terjawab melalui kehadiran transmisi i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission) di seri Cortez. Kami sadar, sebagai merek baru, pasti ada harapan dan keinginan para penggemar untuk melihat kami terus berevolusi dengan cepat agar menjadi merek mobil yang andal di tengah masyarakat Indonesia. Diperkuat mesin dengan 4 silinder DOHC VVT-I, jenis pilihan transmisi lain yang ditawarkan adalah manual dengan 6 percepatan.

Selain itu, dari sisi kenyamanan kami pun ingin memanjakan para pengemudi Cortez dengan fitur seperti sunroof yang dapat dengan mudah dibuka-tutup hanya dengan gerakan jari. Fitur keselamatan seperti ABS, EBD, BA menjadi faktor penting yang tak pernah kami kecualikan, agar setiap pengguna Wuling dalam keadaan yang aman di saat menyetir. Kelebihan-kelebihan seperti inilah yang kami rencanakan dengan matang agar Cortez dapat benar-benar menjadi sebuah pilhan baru dalam mengendarai MPV.

Ciri Khas Wuling Confero S dan Cortez

Secara sepintas, Confero S dan Cortez bagaikan kakak-adik dengan bentuk tubuh yang sedikit berbeda, namun tetap ada kemiripan. Beberapa ciri khas masing-masing MPV tersebut dapat Anda cermati melalui beberapa catatan dari kami:

1.     Gaya Desain Eksterior

Secara desain eksterior, keduanya—Confero S dan Cortez, sama-sama memiliki desain yang modern dan terlihat tangguh. Terlepas dari ukurannya yang terlihat cukup besar, setiap mata yang memandang pasti masih dapat melihat sisi elegan yang membuat MPV ini memancarkan daya tarik tersendiri.

Pada Wuling Confero S, pada lampu utamanya tertanam Adjustable Projector Headlight. Dengan pencahayaan jenis ini, Anda dimungkinkan untuk mengatur sendiri pancaran cahayanya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan penerangan Anda untuk melihat jalanan di depan. Daytime Running Light juga menjadi kelebihan yang kami tanamkan di seri Confero S dan Cortez kami demi kebutuhan penerangan di siang hari agar kendaraan di depan Anda tetap dalam kondisi siaga untuk senantiasa menjaga jarak. Lampu ini akan otomatis menyala saat Anda menyalakan mesin mobil. Pada kaca spion juga telah disematkan teknologi yang memungkinkan pengaturan sudut pandang kaca untuk disesuaikan tanpa harus membuka kaca pintu. Berbicara mengenai kaca pintu, satu lagi yang spesial dari Wuling Confero S adalah teknologinya yang terhubung pada tombol kendali jarak  jauh yang lebih kita kenal dengan istilah remot. Bayangkan situasi di parkiran terbuka dengan sinar matahari yang menyengat terang, terbayang bukan panasnya udara di dalam mobil? Dengan teknologi yang Wuling sematkan pada tombol kendali jarak  jauhnya, Anda tinggal memencet tombol buka kunci (unlock) selama kurang lebih 3 detik, maka kaca-kaca akan otomatis terbuka walaupun posisi Anda masih di luar mobil. Hal ini memungkinkan udara di dalam kabin bersirkulasi keluar, sehingga saat Anda memasukki mobil temperatur udaranya sudah tidak terlalu tinggi, sehingga Anda bisa lebih nyaman saat duduk di joknya. Hal ini juga dipalikasikan pada seri Cortez. Namun kelebihannya pada seri Cortez adalah, sunroof di bagian atap ikut terbuka lebar. Benar-benar sebuah nilai lebih, padahal yang awalnya dicari mungkin hanya sekadar mobil MPV paling irit.

Lalu, seri Cortez pun keunggulan-keunggulannya sendiri terlepas dari kelengkapan yang sudah dimiliki Confero S. Headlamp pada seri Cortez terlihat lebih sipit yang membuat kesan sporty dan modern lebih terasa. Garis tegas yang melintang dari sisi belakang ke depan pada sisi kanan dan kiri membuat  kesan tangguh dan aerodinamis lebih terasa. Lalu, pada bagia
n belakang dilengkapi dengan high mount stop lamp serta LED lamp. Kemudian lampu darurat/hazard yang ada di sisi belakang akan otomatis berpindah ke lampu darurat di sisi bawahnya saat pintu bagasi dibuka.

Kedua mobil MPV ini memiliki grill yang dibuat dengan garis yang dilengkapi dengan chrome di bagian depannya. Dengan begitu akan memperlihatkan kesan simple, modern elegan dan anggun. Terlebih lagi, saat menyatukan kedua headlamp di sisi kanan dan kiri. Tidak ketinggalan pula, penyematan foglamp pada kedua mobil Wuling tersebut sangat presisi dan manis, dan saat foglamp dinyalakan maka otomatis lampu Daytime Running Light akan otomatis mati. Hal inilah yang yang membuat kedua mobil tersebut semakin unik, elegan dan modern.

Pada Confero S memiliki style Luxury Side Body Moulding. Sedangkan Cortez tampil dengan berbagai fitur yang hanya dapat ditemukan di kelas mobil di atasnya, sehingga memberikan kesan The New Choice of MPV. Dengan adanya lebih banyak pilihan maka warga Indonesia pun menjadi lebih terbantu untuk menentukan MPV yang terbaik untuk dirinya serta keluarganya.

2.    Kecantikan Desain Interior

Ukuran besarnya menjadi kelebihan tersendiri, karena kami ingin mobil MPV ini menjadi kendaraan yang benar-benar bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Saat mencari mobil MPV paling irit, Anda mungkin tidak bisa berharap banyak untuk interior yang cantik.Tapi kursi Confero S yang terpenuhi hingga baris ketiga masih mampu menampung semua penumpang untuk duduk dengan nyaman karena lutut tidak perlu tersiksa. Sambil membaca, minum, bahkan bermain smartphone. Ruang khusus sudah dibuat untuk meletakkan botol atau gelas minum, sementara untuk colokan USB sudah tersedia dari dashboard, baris kedua, hingga baris belakang. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi kehabisan daya baterai ponsel sata melakukan perjalanan dengan Wuling.

Pada area dashboard, setiap pengguna Wuling dapat menikmati layar sentuh berukuran 8 inchi yang penuh warna. Terlebih di seri Cortez, layarnya tampil lebih seksi dan tipis seolah melayang di area dashboard. Untuk ekstra kepuasan dalam menggunakan teknologi Wuling, pengemudi dan penumpang di dalam mobil MVP Wuling bisa menghubungkan layar tersebut dengan ponsel canggihnya yang berbasis Android maupun iOS.

Kemudian untuk kesejukan ruangan, pada Confero S menggunakan double blower yang berteknologi electromotion, sehingga penumpang di bagian tengah dan belakang juga dapat merasakan kesejukan angin dingin. Sedangkan pada Cortez, letak AC kedua ada di tengah antara baris kedua dan ketiga. Pada model tertinggi, desain ini dibuat karena adanya sunroof, namun desain ini tetap diterapkan utnuk model di bawahnya juga. Hal ini sangat berguna untuk penumpang di baris ketiga yang biasanya lebih terasa pengap atau kepanasan karena jarak hembusan AC yang lumayan jauh. Namun, tidak perlu khawatir bagi penumpang di baris kedua, karena walau letak AC ada di sisi belakang, tinggal Anda atur sendiri arah anginnya, maka tidak akan mengenai area kepala atau tengkuk leher Anda.

Lebih canggih lagi kelengkapan di fitur MID. Dimulai pada seri Confero S, pengguna dapat melihat berbagai informasi penting seperti kecepatan, takaran bensin, bahkan tekanan ban (Tire Pressure Monitoring System). Pada seri Cortez, layar MID ini memberikan kecanggihan yang lebih lagi, yaitu pengemudi dapat melihat informasi saluran radio yang diputar atau bahkan navigasi ke mana mobil harus bergerak untuk mencapai tujuan. Sangat menarik, bukan?

3.    Dimensi Ukuran

Jika dilihat dari segi ukuran atau dimensinya, kedua MPV produksi Cikarang ini cukup berbeda. Pastinya Wuling Cortez lebih besar dibandingkan Wuling Confero S. Untuk ukuran bodi Wuling Confero S adalah 453 x cm x 169.1 cm x 173 cm. Sementara untuk Wuling Cortez sendiri adalah 478 x 181.6 x 175.5 cm. Jarak sumbu keduannya juga berbeda, di mana Confero S memiliki jarak 272 cm, sedangkan Cortez 478 cm.

Berlanjut ke bagian ban, keduannya sudah dilengkapi dengan McPherson Strut Coil Spring pada suspensi depan dan Coil Spring di bagian belakang. Hanya saja perbedaannya, Cortez sudah dilengkapi dengan suspensi independen di kedua bagian, sedangkan untuk Confero S menggunakan semi-independen di belakang. Namun begitu, kedua seri MPV Wuling ini memiliki keseimbangan yang baik. Bahkan saat digunakan untuk melaju dalam jalanan yang berantakan sekalipun. Ukuran pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar otomotif.

Pada Confero S velg yang digunakan berukuran 15” alloy wheel dengan ukuran ban195/60 R15, sedangkan pada Cortez berukuran 16” dengan ukuran ban 205/55 R16. Ukuran velg dan ban tentunya masih dapat dimodifikasi sendiri, namun disarankan menggunakan ukuran yang sudah ditentukan ini agar tidak mengalami masalah di kemudian hari dan agar garansi tidak hangus akibat modifikasi ini.

4.    Performa

Mesin yang digunakan untuk kedua MPV ini telah ditentukan dengan penelitian yang menyeluruh agar mobil dapat beraksi dengan prima di jalanan Indonesia dengan pertimbangan seperti faktor cuaca dan juga kepadatan jalan. Untuk Wuling Confero S sendiri disematkan mesin 4 silinder in-line DOHC DVVT dengan kapasitas 1.485 cc. Di mana mesin tersebut mampu menghasilkan 107 hp per 5.800 rpm dan torsi maksimal 142 Nm per 3.800 rpm.

Sementara mesin 4 silinder DOHC VVT-I yang berkapasitas 1798 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal 129 hp per 5.600 rpm dan torsi maksimal 174 Nm per 3600 rpm. Dengan begitu, bukan menjadi rahasia umum lagi, jika nantinya kedua seri MPV dari Wuling ini juga memiliki performa laju yang garang di jalanan.

5.    Fitur Kenyamanan dan Keselamatan

Sama halnya dengan mesin yang digunakan, baik Wuling Confero S dan Cortez menyematkan beberapa fitur yang tidak kalah menariknya. Dengan begitu, penumpang dan pengemudi akan sangat nyaman saat berkemudi dijalanan nantinya. Fitur keselamatan seperti SRS airbag sudah ditanamkan agar mampu memberikan perlindungan maksimal saat kecelakaan tak terhindarkan terjadi.

Namun, airbag untuk Confero S hanya ditempatkan pada bagian depan saja, sedangkan untuk Cortez sistem pengaman airbag sudah ada di sisi samping pengemudi dan penumpang di sisi depan. Sedangkan untuk fitur lainnya juga hampir sama. Di mana keduanya sudah dilengkapi dengan charging port pada setiap deret kursi, kamera untuk parkir, AC, jok ISOFIX, dan sistem audio. Hanya saja, Anda tidak akan menemukan Hill Hold Control yang dimiliki Cortez pada Confero S.

6.    Harga dan Model

Pertimbangan Anda untuk memiliki mobil MPV paling irit mungkin tidak berakhir di Wuling. Namun, harga yang kami tawarkan tentunya akan berbanding lurus dengan segala macam fitur yang sudah kami tanamkan di dalam setiap produk kami. Sebagai gambaran, berikut ini adalah ragam jenis Confero & Cortez yang bisa Anda miliki:

Confero yang bisa Anda miliki mulai dari Rp134 jutaan dapat Anda baca selengkapnya di: http://wuling.id/id/conferos

·      Confero 1.5

·      Confero 1.5 C

·      Confero 1.5 L

Cortez yang bisa Anda miliki mulai dari Rp193 jutaan dapat Anda baca selengkapnya di: http://wuling.id/id/cortez

·      Cortez 1.5

·      Cortez 1.8 C

·      Cortez 1.8 L

Kesimpulannya, baik seri Confero maupun Cortez, masing-masing kami desain sedemikian rupa agar memberikan Anda kenyamanan dan keamanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam berkendara; baik itu untuk bertamasya bersama keluarga, mengantar Anda ke tempat kerja, atau mungkin untuk keperluan bisnis Anda. Kami yakin, dengan Wuling bukan hanya mobil MPV paling irit yang akan Anda temukan. Karena kami hadir di Indonesia dengan semangat Drive For A Better Life

 

Quick Help