Apa Itu Fungsi Input Shaft pada Transmisi Mobil

24 February, 2023
clock-bold
2 menit membaca

Image Apa Itu Fungsi Input Shaft pada Transmisi Mobil

Terdapat 2 jenis transmisi pada mobil, yaitu transmisi manual dan otomatis. Nah, pada transmisi otomatis terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu transmisi CVT (Continous Variable Transmission) dan transmisi konvensional AT (Automatic Transmission). Transmisi CVT merupakan transmisi yang digunakan pada mobil-mobil keluaran baru yang memiliki kemudahan dalam perpindahan gigi serta membantu pergerakan input shaft.

Lantas, apa itu input shaft pada sistem transmisi CVT dan apa saja fungsinya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Input Shaft pada Transmisi Mobil

Input shaft merupakan bagian dari gearbox pada mobil dengan sistem transmisi CVT, yang merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada transmisi karena tanpa adanya komponen ini, maka sistem pemindah tenaga pada mobil tidak dapat berfungsi dengan baik.

Pada transmisi, bagian ini berfungsi untuk mengganti kecepatan mobil agar peralihan gigi berjalan dengan baik. Kemudian akan memutar gigi untuk pertama kali sebelum disalurkan ke gigi lain pada gearbox.

Fungsi Input Shaft

Seperti kita tahu bahwa fungsi transmisi adalah untuk melanjutkan perputaran mesin ke poros mobil. Sedangkan fungsi input shaft adalah sebagai poros input tempat mengalirnya tenaga mesin dari kopling ke roda gigi atau gear.

Nantinya akan memutar gigi terlebih dahulu sebelum disalurkan ke gigi lain di dalam gearbox. Dengan adanya komponen ini, maka perpindahan gigi lebih mudah dilakukan dan tenaga mobil lebih stabil.

Letak Input Shaft

Bagian ini terletak pada rumah transmisi bagian depan. Bentuk dari komponen ini berupa batang panjang bergerigi yang pada salah satu bagian ujungnya terdapat gigi percepatan. Sedangkan pada bagian ujung berikutnya masuk ke dalam gerigi.

Cara Kerja Input Shaft

Cara Kerja Input Shaft

Komponen ini bekerja dengan menghubungkan tenaga atau putaran mesin ke bagian gear. Hal ini sangat berkaitan dengan besarnya tenaga yang diteruskan ke roda penggerak. Komponen ini pun berperan sebagai poros input tempat mengalirnya tenaga mesin ke bagian roda gigi yang terdapat pada transmisi mobil.

Pada saat pergantian gigi dilakukan, maka input shaft merupakan komponen yang akan pertama kali bersinggungan. Itulah mengapa komponen ini memiliki peranan yang sangat penting pada transmisi mobil. Pada mobil dengan transmisi CVT seperti Wuling Almaz RS Pro, pergerakan input shaft jauh lebih mudah sehingga mobil lebih mudah dijalankan dan dikendalikan dengan maksimal.

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan apa fungsinya pada transmisi mobil? Mengingat pentingnya bagian tersebut, maka pastikan input shaft pada mobil Anda berfungsi dengan baik, ya!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer