Memahami Roda Gigi Mobil: Pengertian hingga Fungsinya

28 October, 2022

Image Memahami Roda Gigi Mobil: Pengertian hingga Fungsinya

Jika membahas tentang sistem transmisi pada kendaraan, pasti tidak akan jauh-jauh dari pembahasan roda gigi mobil. Roda gigi merupakan komponen penting pada mesin yang membuat kendaraan bisa bergerak.

Seiring perkembangannya, jenis roda gigi pada mobil semakin beragam. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja jenis dan fungsi roda gigi mobil, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Roda Gigi

Pengertian Roda Gigi

Roda gigi merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk mentransmisikan putaran atau gerakan dari satu bagian ke bagian lainnya yang saling terhubung. Roda gigi biasanya akan memiliki jumlah gigi yang saling bersinggungan dengan roda gigi pasangannya.

Roda gigi berguna untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar dengan memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke diferensial. Pada sistem transmisi mobil, biasanya terdapat banyak susunan roda gigi dengan berbagai ukuran.

Jenis-jenis Roda Gigi

Jenis-jenis Roda Gigi

Seiring perkembangannya, jenis roda gigi semakin banyak dan beragam. Masing-masing jenis roda gigi memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis roda gigi yang perlu Anda ketahui.

1. Spur Gear

Spur Gear atau roda gigi lurus terdiri dari silinder dengan gigi-gigi yang terbentuk secara radial atau berporos dan hanya dapat dihubungkan secara paralel.

2. Roda Gigi Luar dan Dalam

Roda gigi jenis ini terdapat di bagian dalam silinder roda gigi. Roda gigi luar mampu mengubah arah putaran roda sedangkan roda gigi dalam tidak mempengaruhi arah putarannya.

3. Roda Gigi Heliks

Roda gigi mobil ini dibuat untuk menyempurnakan roda gigi lurus. Disebut roda gigi heliks karena pada bagian giginya memiliki bentuk menyerupai heliks yang berfungsi untuk memindahkan gaya dari dua poros yang membentuk sudut.

4. Roda Gigi Bevel

Roda gigi ini berbentuk seperti kerucut atau payung dan berfungsi untuk mentransmisikan gaya antara dua poros yang berpotongan pada satu titik.

5. Roda Gigi Mahkota

Jenis ini termasuk dalam jenis roda gigi bevel namun memiliki bentuk profil gigi yang sejajar dan tidak bersudut terhadap aksis. Bentuk roda gigi mirip seperti mahkota namun hanya dapat dipasangkan secara akurat dengan roda gigi lurus atau roda gigi bevel.

6. Roda Gigi Screw

Roda gigi jenis ini merupakan pasangan dari roda gigi helix yang memiliki sudut putaran 45 derajat pada poros non parallel dan tidak berpotongan. Roda gigi jenis ini memiliki daya dukung rendah sehingga tidak cocok untuk transmisi daya besar.

Selain beberapa jenis di atas, sebenarnya masih banyak lagi jenis lainnya dengan fungsi roda gigi yang berbeda-beda. Hanya saya, untuk kebutuhan komponen mobil, beberapa jenis roda gigi di atas adalah yang paling sering digunakan.

Fungsi Roda Gigi pada Mobil

Fungsi Roda Gigi pada Mobil

Roda gigi memiliki fungsi yang cukup vital dalam komponen mesin kendaraan. Berikut ini beberapa fungsi roda gigi pada mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatur Kecepatan Putar

Fungsi utama dari roda gigi adalah untuk mengatur kecepatan putar suatu daya. Cara adalah dengan memberi rasio roda gigi tertentu. Dengan adanya roda gigi, Anda dapat menaikkan atau mengurangi rpm motor untuk mengatur kecepatannya.

2. Mentransmisikan Daya

Fungsi lainnya dari roda gigi dapat digunakan untuk mentransmisikan daya dengan gigi-gigi yang saling berhubungan tanpa mengakibatkan selip. Contoh mudahnya roda gigi  yang terdapat pada mesin bubut. Motor yang terdapat pada mesin bubut tidak bisa langsung menjadi poros utama untuk menggerakan cekam. Maka dari itu diperlukan roda gigi untuk mentransmisikan dari motor ke poros agar cekam bisa bergerak.

3. Mengubah Torsi

Torsi merupakan gaya putar atau gaya yang dihasilkan oleh mesin saat akselerasi. Dalam mengatur besar kecilnya torsi dapat diperlukan roda gigi. Semakin besar diameter roda gigi, maka torsi yang dihasilkan juga akan semakin besar, begitu juga sebaliknya.

4. Mengubah Arah Daya

Fungsi lainnya dari macam-macam roda gigi yang lainnya adalah untuk mengubah arah daya. Dengan adanya roda gigi, Anda dapat mengubah arah gerak gerak putar roda kendaraan dengan kontrol melalui kemudi.

Meski tidak terlihat, roda gigi memiliki fungsi yang cukup penting pada mesin mobil. Oleh sebab itulah, komponen ini harus dirawat dengan baik agar performa kendaraan tetap optimal.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer