Tips Cara Membersihkan dan Merawat Sunroof Agar Awet

18 September, 2023
clock-bold
2 menit membaca

Image Tips Cara Membersihkan dan Merawat Sunroof Agar Awet

Sunroof menjadi fitur tambahan yang menjadikan mobil Anda tampil semakin mewah. Salah satu alasannya karena sunroof hanya terdapat pada mobil mewah, namum kini sudah ada di kendaraan kelas medium dengan banyak fungsi penting. Akan tetapi, seperti semua fitur yang ada di mobil, membersihkan dan merawat sunroof agar tetap beroperasi mulus saat diperlukan.

Pada kendaraan, kaca atap mobil ini banyak jenisnya, umumnya kotak persegi di atap dengan ukuran yang tidak terlalu besar, namun ada kendaraan yang atap nya ‘kaca’ secara keseluruhan, untuk memberikan kesan lapang pada kabin.

Baca juga: Cara Membersihkan Grill Mobil dengan Mudah

Selain itu, saat dibuka sunroof ada yang tersimpan rapi di dalam atap, namun ada pula yang justru keluar diatas atap. Sunroof yang membuka diatas atap biasanya ada pada kendaraan performa untuk membantu penyaluran angin ke bagian belakang demi aerodinamika dan downforce.

Tidak Sulit Membersihkan Sunroof

Tidak Sulit Membersihkan Sunroof

Cara membersihkan sunroof tidak lah terlalu sulit bila dilakukan secara rutin. Saat mencuci kendaraan Anda, pasti bagian sunroof pun tidak luput dari sabun dan air. Akan tetapi karena bahannya adalah kaca, maka usahakan agar sunroof kendaraan Anda tidak terkena bahan kimia dengan dasa ammonia, karena akan merusak kualitas kaca.

Baca juga: 6 Komponen Mobil yang Perlu Dicek Saat Musim Hujan

Jangan lupa bahwa sunroof ini tidak hanya bagian atas, namun ada bagian dalam yang juga harus dibershikan, apalagi bila Anda sering melewati jalur yang berdebu saat sunroof dibuka. Caranya pun mudah, cukup gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang ada di bagian depan, kiri-kanan dan belakang saat sunroof dibuka. Bila Anda menemukan cairan pada pipa mekanis sunroof, tidak perlu khawatir karena itu memang cairan agar gerak mekanis sunroof lancar.

Baca Juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil

BIla ada masalah berat pada sunroof Anda, segera bawa ke bengkel resmi agar masalah cepat teratasi. Namun satu hal yang jangan dilupakan adalah, Anda harus sering membukanya agar kerja tetap maksimal dan tetap membersihkan sunroof secara rutin.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer