Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Praktis dan Efektif

31 May, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Praktis dan Efektif

Sering kali saat membersihkan mobil kita hanya memperhatikan bagian jok dan bawah saja, padahal plafon mobil juga harus diperhatikan kebersihannya. Bagian atas juga bisa kotor, karena debu dari luar mobil pasti menempel. Lalu bagaimana cara membersihkan plafon mobil yang praktis dan efektif? Simak beberapa tipsnya di sini.

Apa yang Anda Perlukan?

Saat mengaplikasikan cara membersihkan plafon mobil dengan simpel memerlukan beberapa alat dan perlengkapan sebagai berikut ini.

Kain

Untuk membersihkan bagian atap mobil Anda, disarankan menggunakan kain lembut dan halus seperti kain microfiber. Pemilihan kain yang lembut penting agar tidak merusak serat-serat pada bagian atap mobil Anda.

Air

Gunakan air bersih saat membersihkan bagian atap mobil Anda. Hindari mencampur air dengan sabun atau deterjen sebagai tambahan bahan pembersih.

Cairan pembersih kain

Anda dapat memperoleh cairan pembersih khusus untuk kain di berbagai toko atau pusat perbelanjaan. Cairan ini dirancang khusus untuk membersihkan bagian atap mobil yang terbuat dari kain. Gunakan cairan ini saat ada noda yang sulit dihilangkan pada bagian atap mobil Anda.

Langkah-Langkah Membersihkan Plafon Secara Teratur

Pastikan membersihkan plafon mobil secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Gunakan cairan pembersih jok, kain, dan sikat yang bulunya lembut serta aman untuk interior mobil. Begini langkah-langkahnya:

  • Buka pintu mobil supaya udara di dalam mobil tetap keluar dan masuk dengan baik selama kita menggunakan cairan pembersih jok.
  • Gunakan sarung tangan karet supaya tangan tetap aman.
  • Cara membersihkan plafon mobil secara teratur bisa Anda lakukan hanya dengan air bersih saja, tetapi jika noda sudah membandel Anda bisa menggunakan cairan pembersih ataupun vanish. Cukup semprotkan cairan pembersih ke kain atau sikat secukupnya.
  • Sikat plafon dengan gerakan memutar kecil-kecil hingga cairan pembersih mulai mengeluarkan busa.
  • Pastikan tidak terlalu keras menekan plafon, sikat dengan lembut saja, karena menyikat terlalu kencang dapat merusak bahan plafon atau lapisan di bawahnya.
  • Cara ini seharusnya bisa menghilangkan kotoran ringan yang tidak bernoda.
  • Setelah semua bagian plafon sudah dibersihkan, siapkan kain microfiber kering yang bersih.
  • Lap plafon dengan lap microfiber, tekan pelan-pelan di semua bagian plafon, supaya air pembersih tadi bisa diserap dengan baik.
  • Lalu lap dengan gerakan memutar supaya lebih bersih.
  • Ulangi gerakan ini jika masih ada area yang kurang bersih.

Jika dilakukan secara teratur, plafon mobil pasti selalu terjaga kebersihannya. Cara ini juga bisa dipraktikkan di plafon kabin Wuling Almaz RS yang hadir dengan Panoramic Sunroof. Bagian sunroof, bisa langsung dibersihkan dengan pembersih kaca, sedangkan bagian lembut plafon bisa dibersihkan dengan cara di atas. Panoramic Sunroof pada Almaz RS berukuran 0.82 m², membuat interior yang spacious menjadi terlihat lebih luas.

Membersihkan Plafon dari Noda Membandel

Langkah-Langkah Membersihkan Plafon dari Noda Membandel

Noda yang membandel tidak hanya muncul di jok dan lantai mobil. Plafon mobil juga bisa terkena noda yang sulit dibersihkan. Berikut ini cara membersihkan noda yang sulit dibersihkan di plafon mobil, seperti berjamur yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel:

  • Gunakan cara yang sama dengan di atas, tetapi ulangi beberapa kali hingga noda hilang.
  • Jika cara di atas kurang berhasil dan noda masih ada, gunakan cairan pembersih plafon mobil terbaik yang dijual di pasaran. Anda bisa juga gunakan steam cleaner atau pembersih uap. Steam cleaner bekerja dengan cara menekan uap sehingga bisa menembus noda, karena itu noda yang sulit dibersihkan sekalipun bisa hilang.
  • Steam cleaner tersedia dalam ukuran kecil yang pas untuk membersihkan interior mobil.
  • Semprotkan cairan pembersih dari steam cleaner ke area plafon yang bernoda, beri jarak sekitar 5.1 cm antara steam cleaner dan plafon.
  • Jangan terlalu banyak menyemprotkan cairan ke area yang bernoda, karena ini dapat merusak bahan adhesif yang ada di bawah plafon.
  • Setelah itu, gunakan lap microfiber yang bersih untuk menyerap cairan pembersih jok di area plafon yang bernoda tadi. Gunakan cara yang sama dengan cara yang pertama, menggunakan gerakan memutar dan menekan pelan supaya airnya terserap.

Langkah-Langkah Membersihkan Plafon Mobil dengan Metode Deep Clean

Kalau plafon mobil sudah lama tidak dibersihkan, sudah saatnya Anda melakukan deep clean, atau membersihkan secara menyeluruh. Alat-alat yang dibutuhkan sama, yaitu cairan pembersih jok dan juga sikat lembut yang cocok untuk bahan interior. Hanya saja, detail membersihkannya sedikit berbeda.

Ini dia langkah-langkah membersihkan plafon mobil pakai metode deep clean yang bisa Anda coba:

  • Semprotkan cairan pembersih jok ke sikat. Bedanya, jika cara di atas hanya menyemprotkan bagian atasnya saja, sekarang semprotkan agak banyak ke semua bagian sikat.
  • Pastikan membuka pintu mobil dan garasi agar ventilasi udara bekerja dengan baik dan gunakan sarung tangan karet agar tangan tetap aman dari iritasi pembersih yang terbuat dari bahan kimia, apalagi kali ini cairan yang digunakan lebih banyak.
  • Sikat plafon dengan gerakan memanjang dan bolak-balik, sampai cairan pembersih membentuk busa.
  • Saat proses membersihkan ini, boleh semprotkan lagi cairan pembersih jok ke sikat, terutama jika busa cairan pembersih sudah menghilang.
  • Untuk area plafon yang nodanya membandel, lebih fokus dan buat gerakan memutar dengan sikat.
  • Untuk membersihkan sisa cairan pembersih, gunakan hand vacuum cleaner agar cairan lebih mudah diserap dan dikeringkan. Cara ini paling ampuh untuk membersihkan noda bekas asap rokok dan asap lainnya.
  • Mengeringkan dengan vacuum cleaner seharusnya sudah mampu menyerap sisa cairan dengan sempurna, tetapi agar lebih kering, sebaiknya biarkan jendela mobil terbuka selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam, cek lagi dengan tangan, rasakan apakah plafon sudah benar-benar kering atau tidak.
  • Jika plafon masih belum kering karena cuaca hujan atau mendung, ulangi mengeringkan dengan bantuan vacuum cleaner.

Itulah cara membersihkan plafon mobil lengkap dengan langkah-langkahnya. Pada dasarnya, cara membersihkan bagian plafon mobil bisa Anda lakukan hanya dengan kain berbahan lembut yang dibasahi dengan air. Dengan catatan Anda membersihkannya secara rutin.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer