Cara Menggunakan dan Perawatan Ban Serep

18 August, 2022

Image Cara Menggunakan dan Perawatan Ban Serep

Untuk mengantisipasi jika terjadi masalah dalam perjalanan, sangat penting menyediakan ban serep di dalam kendaraan. Hal ini berguna jika ban kendaraan mengalami masalah seperti kempes atau bocor di kondisi jalan yang jauh dari bengkel. Dengan membawa ban serep, Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan, meskipun jauh dari bengkel sekali pun.

Ban serep adalah ban cadangan yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil, tipis dan lebih ringan jika dibandingkan dengan ban biasa. Ban cadangan ini hanya digunakan untuk kondisi darurat dan mendesak dan tidak disarankan untuk digunakan terus menerus karena dapat berpengaruh terhadap performa kendaraan.

Lalu bagaimana cara menggunakan dan perawatan pada ban serep agar kualitasnya tetap terjaga meski jarang digunakan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Cara Menggunakan Ban Serep dalam Kondisi Darurat

Cara Menggunakan Ban Serep dalam Kondisi Darurat

Ban serep merupakan jenis ban cadangan yang memang dipersiapkan untuk kondisi darurat. Ban cadangan ini biasanya diletakkan di bagian belakang kendaraan yang ditutup dengan cover untuk melindungi kualitas ban tersebut. Jika ingin menggunakannya, maka Anda harus membuka cover ban serep terlebih dahulu sebelum digunakan.

Meski terlihat mudah, akan tetapi cara menggunakan ban serep tidak boleh sembarangan. Untuk itu, Anda perlu tahu tips dan cara menggunakan ban serep dengan aman sebagai berikut.

Kenali Ban Serep Sesuai Jenis Kendaraan

1. Kenali Ban Serep Sesuai Jenis Kendaraan

Setiap jenis kendaraan biasanya memiliki jenis ban cadangan yang berbeda disesuaikan dengan tipe kendaraan. Perlu Anda ketahui bahwa ban serep ini hanya boleh digunakan dalam kondisi darurat, tidak untuk penggunaan harian. Hal ini karena ban serep memiliki tapak dan keausan yang berbeda dari ban bawaan pabrik.

Cara Menggunakan dan Perawatan Ban Serep 3 1000x569

2. Hindari Berkendara Terlalu Kencang

Saat menggunakan ban serep, Anda tidak boleh memacu kendaraan terlalu kencang seperti saat menggunakan ban biasa. Ada baiknya ketika mengendarai mobil dengan menggunakan ban serep, hindari berkendara dengan kecepatan di atas 80 km/jam.

Batasi Jarak Tempuh

3. Batasi Jarak Tempuh

Setiap jenis kendaraan biasanya memiliki spesifikasi durabilitas jarak yang bisa ditempuh dengan menggunakan ban cadangan. Sebaiknya jangan gunakan ban serep melebihi spesifikasi durabilitas yang telah ditentukan dalam buku panduan. Jika dipaksakan bisa memicu kerusakan pada kendaraan seperti muncul tekanan pada diferensial, roda gigi hingga kopling yang mengalami kerusakan.

Ban Serep Berpengaruh terhadap Kendali Mobil

4. Ban Serep Berpengaruh terhadap Kendali Mobil

Sebelum menggunakan ban serep, Anda juga perlu tahu bahwa penggunaan ban cadangan ini bisa berpengaruh terhadap kendali kendaraan. Pengaruh terbesar yaitu pada saat melakukan pengereman dan cornering.

Cek Kondisi Ban Serep Secara Berkala

5. Cek Kondisi Ban Serep Secara Berkala

Meskipun jarang digunakan, akan tetapi pemilik kendaraan perlu mengecek kondisi ban serep secara berkala khususnya jika ingin bepergian jauh. Anda harus mengecek tekanan ban selalu dalam kondisi baik termasuk kondisi fisik ban cadangan untuk memastikan selalu siap digunakan di saat darurat.

Tips Merawat Ban Serep Agar Selalu Prima

Tips Merawat Ban Serep Agar Selalu Prima

Fungsi dari ban serep adalah sebagai cadangan yang akan digunakan saat ban biasa mengalami masalah. Maka dari itu, kondisi ban serep harus selalu dipastikan dalam kondisi prima dan terjaga sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung digunakan.

Untuk menjaga kualitas ban serep mobil selalu dalam kondisi prima, pemilik kendaraan perlu melakukan perawatan secara berkala. Berikut ini beberapa tips merawat ban serep dengan benar agar kondisinya selalu prima.

Cek Tekanan Angin Secara Berkala

1. Cek Tekanan Angin Secara Berkala

Salah satu cara merawat ban serep mobil adalah dengan mengecek tekanan angin secara berkala. Hal ini untuk memastikan tekanan angin ban serep selalu dalam kondisi yang tepat sehingga kapanpun dibutuhkan bisa langsung digunakan.

Perlu Anda ketahui, meski tidak digunakan tekanan dalam ban serep bisa berkurang karena angin keluar melalui pori-pori pada permukaan karet ban. Maka dari itu, Anda perlu cek kondisi tekanan angin minimal satu bulan sekali untuk memastikan kondisinya.

Perhatikan Usia Ban Serep Mobil

2. Perhatikan Usia Ban Serep Mobil

Sama seperti ban biasa, ban serep juga memiliki usia penggunaan. Secara umum, penggunaan ban serep mobil biasanya diberikan batasan maksimal hingga 4 tahun mulai dari awal masa produksi. Meskipun jarang digunakan, jika sudah melewati masa tersebut ada baiknya Anda mengganti ban mobil serep dengan yang baru demi keamanan saat berkendara.

Bersihkan Ban Serep Secara Rutin

3. Bersihkan Ban Serep Secara Rutin

Ban serep yang kotor bisa membuat kualitasnya menurun. Maka dari itu, meski jarang digunakan, bersihkan ban serep secara rutin menggunakan lap kering untuk menghindari karat dan kotoran yang bisa merusak permukaan ban dan pelek ban.

Meski fungsinya sebagai ban cadangan, namun perlu Anda ketahui bahwa ukuran ban mobil serep biasanya lebih kecil dibandingkan ban biasa. Tidak hanya itu, ban serep biasanya juga cenderung lebih tipis dan ringan jika dibandingkan ban biasa. Maka dari itu, ban serep ini tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari karena sangat berpengaruh terhadap performa kendaraan.

Mungkin masih banyak orang yang menganggap sepele keberadaan ban serep pada kendaraan. Namun nyatanya, ban cadangan ini sangat diperlukan khususnya untuk kondisi darurat. Maka dari itu, sediakan ban serep di dalam kendaraan dan rawat dengan baik agar siap digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer