Estimasi Biaya Service AC Mobil Berdasarkan Masalahnya | Wuling

Auto Tips

Estimasi Biaya Service AC Mobil Berdasarkan Masalahnya

27 November, 2020

Image Estimasi Biaya Service AC Mobil Berdasarkan Masalahnya

Air Conditioner atau AC adalah fitur penting pada kendaraan yang berguna untuk memastikan kenyamanan selama berkendara. Yang dilakukan kebanyakan pemilik mobil adalah baru melakukan servis AC apabila suhu AC tidak dingin. Padahal supaya AC mobil tetap terjaga dinginnya, pemilik mobil harus rutin melakukan service berkala.

Perawatan berkala ini sangat berguna untuk memastikan sejumlah komponen pada AC seperti kompresor, evaporator, expansion valve, kondensor, dan receiver drier bisa lebih awet dan tahan lama. Apabila komponen ini bermasalah maka AC tidak akan bekerja maksimal.

Salah satu komponen AC mobil yang paling penting adalah kompresor, jadi sangat penting untuk selalu melakukan pengecekan pelumas. Tanda tanda kompresor AC yang mulai bermasalah adalah mengeluarkan bunyi asing yang cukup berisik. Penggantian komponen ini akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit.

Sebagai pemilik mobil mungkin saat ini bertanya tanya, kalau AC mobil bermasalah berapa estimasi harga service ac mobil yang harus dikeluarkan? Masing masing penanganan bervariasi tergantung dari penyebab permasalahan. Berikut ini kami berikan beberapa estimasi biaya service yang harus dikeluarkan saat terjadi permasalahan pada AC mobil kesayangan Anda.

AC Tidak Dingin

AC-Tidak-Dingin

AC yang tidak dingin pada umumnya terjadi karena kurangnya freon, Anda bisa melakukan isi freon untuk menangani permasalahan ini. Umumnya jasa isi freon berkisar 200 ribuan rupiah saja. Namun kalau ada permasalahan lain harus dilakukan service untuk mengetahui sumber permasalahannya.

Untuk mobil keluaran Jepang, service AC berkisar  Rp 300.00 РRp 400.000 tergantung jenis permasalahannya. Sedangkan untuk mobil keluaran eropa biaya service AC lebih mahal, berkisar antara 1,2 juta Р4 jutaan rupiah.

AC ON, Blower Gak Hidup

AC-Tidak-Dingin

Saat AC dinyalakan namun blower tidak hidup, artinya ada permasalahan di sekitar blower. Biasanya service akan berpusat pada pengecekan sekring, relay, resistor, motor ataupun switch/saklar blower. Untuk harga sekring berkisar antara 2 ribu – 5 ribu rupiah per item, relay berkisar antara Rp 15.000 – Rp 25.000. Resistor berkisar antara Rp 100.000 – Rp 300.000 tergantung dari merk yang digunakan.

Apabila permasalahan pada motor blower, harga akan bervariasi tergantung dari jenis mobilnya. Pada umumnya untuk motor harganya berkisar antara Rp 300.000 – Rp 700.000. Yang terakhir adalah switch/saklar blower yang harganya berkisar antara 300 ribu – 500 ribu rupiah. Harga ini belum termasuk biaya service yang berkisar antara Rp 300.000 – Rp 400.000.

Kipas Kondensor Mati

Kipas-Kondensor-Mati

Kipas kondensor ini sangat berguna untuk membuang panas serta menurunkan tekanan freon. Matinya kipas kondensor juga bisa menyebabkan permasalahan pada AC mobil. Untuk penggantian komponen ini, harganya berkisar antara Rp 150.000 – Rp 350.000 tergantung dari jenis mobil dan merk kipas kondensor yang digunakan.

Ganti Freon

Ganti-Freon

Kekurangan freon pada AC mobil akan berakibat pada tidak dingin. Kondisi ini jelas sangat mempengaruhi kenyamanan berkendara terutama saat berada di kondisi cuaca yang panas. Harga penggantian freon adalah sekitar 200 ribuan rupiah sudah termasuk jasa pengecekan dan pengisian.

AC Mati

AC-Mati

AC mobil yang mati secara mendadak akan sangat merepotkan, terutama saat melakukan perjalanan jauh. Apabila mengalami hal seperti ini Anda harus melakukan service mobil secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab pasti dari permasalahan ini.

Penyebabnya bisa berasal dari kompresor, v belt ataupun komponen kecil seperti sekring, relay ataupun motor blower. Estimasi service AC apabila mengalami permasalahan ini berkisar antara 1juta – Rp. 3 jutaan rupiah tergantung dari kerusakannya.

Bau AC Gak Sedap

Bau-AC-Gak-Sedap

Bau AC yang tidak sedap seringkali membuat kondisi dalam mobil tidak nyaman. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan terlebih dahulu seperti mengecek kebocoran pada mesin ataupun kondisi kabin yang kotor. Namun kalau masih belum menyelesaikan masalah, maka sangat disarankan untuk membawa ke service AC mobil untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Estimasi biaya service untuk permasalahan AC yang mengeluarkan bau tidak sedap ini berkisar antara Rp 200.000 – Rp 400.000.

Perawatan AC Berkala

Perawatan-AC-Berkala

Supaya tidak mengalami permasalahan, maka diperlukan perawatan AC mobil secara berkala supaya bisa mendeteksi lebih awal. Pada umumnya ada dua jenis service saat melakukan perawatan berkala.

Pertama adalah basic service saat mobil sudah berusia 1 tahun atau jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000 km – 20.000 km. Namun kalau Anda tinggal di daerah yang padat dan memiliki tingkat polusi yang tinggi, sebaiknya perawatan berkala dilakukan saat mobil sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km walaupun usia mobil belum mencapai 1 tahun.

Pada basic service ini, pemeriksaan akan lebih ke pemeriksaan, pembersihan dan penggantian oli kompresor. Selain itu filter kabin dan receiver dryer juga harus diganti karena kedua komponen ini penggunaanya hanya satu kali pakai saja.

Perawatan berkala yang kedua adalah advance service yang harus dilakukan satu kali dalam 2 tahun. Pemeriksaan yang dilakukan pada tahap ini lebih kompleks daripada basic service. Mulai dari perawatan kondensor, evaporator dan kompresor.

Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan yang lebih detail ke komponen lain seperti komponen expansion valve, receiver dryer, dan filter kabin. Kalau diperlukan akan dilakukan penggantian komponen supaya performa AC tetap optimal.

Keluarga Wuling, khusus untuk Anda pada new normal ini bisa memanfaatkan fitur Wuling home service and online service yang bisa diakses langsung melalui aplikasi My Wuling+. Cukup dengan melakukan download langsung melalui smartphone Anda. Sebaiknya segera lakukan perawatan service AC mobil secara berkala, supaya tidak menimbulkan permasalahan lain di kemudian hari, ya!

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik