Jenis Bahan Cover Jok dan Cara Membersihkannya | Wuling

Auto Tips

Jenis Bahan Cover Jok dan Cara Membersihkannya

6 April, 2020

Image Jenis Bahan Cover Jok dan Cara Membersihkannya

Tampilan interior mobil yang menarik menjadi nilai tambah tersendiri untuk mobil Anda. Dengan bagian interior yang sempurna, Anda juga akan merasa lebih aman dan nyaman ketika berkendara. Salah satu bagian interior mobil yang cukup disorot untuk menambah kenyamanan adalah jok, terutama jika bahan dari cover jok tersebut lembut.

Ada beberapa jenis pelapis jok mobil sesuai dengan kebutuhan pemiliknya dan cara membersihkannya pun berbeda-beda. Simak paparannya di bawah ini.

Nilon

Nilon

Kain pelapis pada jok mobil umumnya terdiri dari dua jenis yakni nilon dan polyester. Nilon sendiri merupakan bahan kain umum yang digunakan para pabrikan untuk melapisi jok mobilnya. Alasannya, kain nilon bisa tahan lama sekaligus sangat keropos karena banyaknya pori-pori.

Nah, supaya bisa awet dan tahan lama, Anda harus rajin membersihkannya dari debu dan  kotoran lain yang menempel menggunakan penyedot debu. Kemudian Anda juga bisa menggunakan sedikit cairan pembersih dicampur dengan air hangat. Lalu, gunakan spons untuk mengambil campuran cairan tersebut dan mulailah mengelap bagian jok secara perlahan.

Apabila sudah selesai, rendam spons di air dingin kemudian usapkan ke ke seluruh bagian jok untuk membersihkan sisa deterjen.

Baca juga: 5 Keuntungan Mobil Jok Captain Seat

Polyester

Polyester

Polyester juga umum digunakan sebagai pelapis jok dalam bentuk microsuede. Bahannya lembut menyerupai tekstur kulit berbulu yang membuatnya semakin nyaman.

Tapi untuk membersihkannya justru tidak mudah. Tidak hanya bahan materialnya yang sangat berpori tapi juga sangat rentan terhadap noda dan kotoran menempel. Tak perlu khawatir karena semua kotoran itu bisa Anda bersihkan sendiri di rumah dengan mudah.

Anda bisa menggunakan kain basah yang sudah diperas. Gunakan cairan pembersih yang mengandung PH rendah seperti sabun bayi. Pastikan jangan merendam lapisan ini terlalu dalam ketika hendak mencucinya, karena bila tidak kering akan ada bekas noda menempel. Atau kalau Anda merasa repot, bisa mencucinya langsung ke tempat cuci steam mobil.

Vinyl

Vinyl

Vinyl juga merupakan salah satu bahan pelapis yang umum digunakan pada jok mobil. Membersihkannya pun cukup mudah hanya dengan lap bersih yang sedikit basah karena lapisan vinyl tak memiliki banyak pori seperti polyester dan nylon. Hanya jika ada noda membandel barulah Anda membutuhkan cairan pembersih khusus agar kotoran tersebut bisa hilang.

Baca juga: 4 Cara Simpel Melakukan Perawatan Interior Mobil

Kulit Imitasi

Kulit Imitasi

Bahan kulit imitasi cukup populer untuk melapisi jok mobil. Biasanya bahan jenis ini dipilih oleh mereka yang menyukai tampilan mobil elegan namun tidak perlu mengeluarkan banyak budget.

Sama halnya dengan vinyl, kulit imitasi juga lebih mudah untuk dibersihkan karena tahan air. Bisa menggunakan lap untuk menghilangkan debu sekaligus kotoran dan bisa dilanjutkan menggunakan penyedot debu.

Bisa juga menggunakan campuran air dengan deterjen tapi jangan sampai menghasilkan gelembung. Gunakan lap, celupkan ke campuran air tersebut dan bersihkanlah secara perlahan-lahan. Sesudahnya, Anda bisa menggunakan lap kering untuk menghilangkan bekas cairan pembersih tersebut. Bisa juga menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian yang mungkin sulit dijangkau.

Kulit

Kulit

Lapisan kulit biasanya tersemat pada jok mobil-mobil di kelas premium. Tak heran jika untuk membersihkannya butuh perawatan khusus. Tidak boleh asal-asalan dalam membersihkannya. Menggunakan sembarang pembersih dapat membuat lapisan kulit menjadi kering dan pecah-pecah.

Untuk membersihkannya dapat menggunakan lap kering dan cairan khusus pembersih kulit. Oles dan usap perlahan-lahan lapisan jok hingga tak menyisakan noda. Usai dibersihkan, mobil sebaiknya diparkirkan di tempat yang teduh dan tak langsung terkena paparan sinar UV.

Yuk, rawat bahan cover jok mobil Anda secara benar agar selalu awet!

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik