Kaca Mobil Retak? Begini Cara Memperbaiki yang Tepat

30 March, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Kaca Mobil Retak? Begini Cara Memperbaiki yang Tepat

Kaca mobil retak bikin tampilan mobil Anda jadi tak menarik, sebagus apapun mobilnya. Tapi tidak berhenti disitu saja, kalau kaca mobil depan yang retak juga bisa membahayakan pengemudi dan penumpang karena jarak pandang yang terganggu. Jadi bagaimana cara memperbaiki kaca mobil yang retak? Dapatkan info lengkapnya di sini.

Jenis-jenis Keretakan Kaca Mobil

Sebelum menjawab pertanyaan keretakan pada kaca mobil seperti apa yang bisa diservis, kenali dulu jenis kaca mobil retak sebelum ke bengkel. Ini dia beberapa di antaranya:

  • Retak bentuk bintang; retakan biasanya berbentuk membulat dan menyebar keluar, jadi menyerupai bintang. Keretakan ini harus segera diperbaiki supaya tidak menyebar semakin luas.
  • Retakan memanjang; sering terjadi di tepian kaca mobil. Kalau retaknya dari sudut, biasanya sulit untuk diperbaiki dan disarankan untuk diganti.
  • Retakan lingkaran; merupakan jenis yang paling sering terjadi. Biasanya disebabkan karena batu dan kerikil dan hanya merusak bagian luar kaca. Selama ukurannya kecil, biasanya masih bisa diperbaiki.

Penyebab Kaca Mobil Retak

Penyebab Kaca Mobil Retak

Lalu apa saja penyebab kaca mobil retak? Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

  • Terkena batu atau kerikil tajam.
  • Tergores ranting pohon yang kuat dan tajam.
  • Kaca mobil yang sudah tua.
  • Perubahan suhu secara ekstrim, misalnya menyalakan AC di level maksimal padahal cuaca diluar sedang sangat panas.
  • Ada beban terlalu berat di salah satu sisi kaca.

Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak

Untuk memperbaiki kaca mobil yang retak, biasanya bengkel akan menggunakan suntikan lem atau resin. Biaya suntikan resin untuk perbaikan kaca mobil yang retak sudah pasti jauh lebih terjangkau dibandingkan membeli kaca baru. Tapi bagaimana caranya mengatasi kaca mobil retak menggunakan resin sendiri? Berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki kaca mobil yang retak:

1. Bersihkan Kaca Mobil

Pertama, mulai dengan membersihkan bagian kaca yang retak. Ambil semua debu, pasir, sisa serpihan kaca, dan lain-lain yang ada di sekitarnya. Gunakan sikat kecil untuk menyingkirkan kotoran yang ukurannya cukup besar.

Sedangkan untuk kotoran kecil-kecil yang sulit diambil, bisa gunakan kanebo yang sudah dibasahi sebelumnya, supaya kotoran menempel ke kanebo. Proses pembersihan kaca ini sangat penting. Saat cairan resin disuntikkan nanti, kaca sudah harus dalam keadaan bersih supaya hasilnya bagus.

2. Lubangi Kaca yang Retak dengan Bor

Setelah sudah dipastikan bersih, saatnya melubangi area kaca yang retak. Pada lubang inilah Anda akan menyuntikkan cairan lem atau resin kaca mobil retak. Buat lubang dengan ukuran yang cukup untuk disuntikkan saja, lubangnya harus berada di sepanjang retakan.

3. Menyuntikkan Cairan Resin

Setelah itu, suntikkan cairan resin di lubang-lubang yang sudah dibuat tadi. Cairan resin akan membantu merekatkan kaca-kaca yang retak dan menutup lubangnya. Setelah semua lubang sudah disuntik, diamkan dulu selama 3-4 jam, supaya resin benar-benar kering dan hasilnya lebih rapi.

4. Ratakan dengan Lapisan Film

Setelah cairan resin kering, maka Anda bisa melihat retakannya jadi lebih kecil karena sudah ditutupi dengan resin. Prosesnya belum selesai sampai resin kering saja. Setelah itu harus diratakan dengan lapisan film supaya hasil perbaikan lebih kuat. Perataan dengan lapisan film ini fungsinya agar fungsi resin makin mantap dan supaya keretakan tidak menyebar.

Syarat Kaca Mobil Retak Agar Bisa Diperbaiki

Syarat Kaca Mobil Retak Agar Bisa Diperbaiki

Kaca mobil yang retak bukan berarti harus langsung ganti. Kerusakan yang tidak terlalu parah masih bisa diperbaiki, tapi memang ada beberapa syarat untuk memperbaiki kaca mobil retak. Berikut ini syarat lengkapnya:

1. Keretakan Bukan di Sudut

Apakah ada bahaya pakai lem untuk kaca mobil retak? Tentu saja tidak. Selama keretakan tidak di sudut. Kalau kaca mobil retaknya mulai dari sudut, ini akan cepat menyebar ke bagian lainnya. Jadi solusi yang paling tepat adalah mengganti kaca secara keseluruhan untuk menjaga keamanan.

Tetapi jika letak retaknya bukan di sudut, masih ada kemungkinan untuk diperbaiki saja, terutama kalau retaknya tidak terlalu parah.

2. Kurang dari 2 cm untuk Kaca Depan

Retak di kaca depan syaratnya mencapai 2 cm baru kaca harus diganti supaya berkendara jadi aman dan nyaman. Kalau sudah lebih dari 2 cm, artinya kerusakan sudah menembus laminasi kaca, meskipun ada lapisan Polyvinyl Butyral Film. Selama kurang dari 2 cm, kaca masih bisa diperbaiki.

3. Tidak Menembus Kaca Bagian Dalam

Kaca mobil itu tebal, ada kaca bagian luar dan bagian dalam. Retakan kaca yang menembus sampai ke bagian dalam kaca tentu harus diganti secara keseluruhan. Sedangkan kalau keretakannya hanya di bagian luar saja, maka biasanya kaca cukup diperbaiki saja.

4. Tidak Mengganggu Fitur Kaca Mobil

Mobil keluaran baru biasanya memiliki kaca yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Mulai dari sensor suhu, radar, antena, dan masih banyak fitur canggih lainnya. Kalau keretakan kaca mengganggu fitur-fitur tersebut, jelas kaca harus diganti. Tetapi, selama keretakan tidak mengganggu fungsi fitur, maka ahli servis di bengkel resmi biasanya akan memperbaikinya saja.

Demikian penjelasan mengenai masalah kaca mobil yang retak dan cara mengatasinya. Pastikan selalu mengecek kondisi bodi mobil sebelum berkendara, ya!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer