Karburator Mobil: Komponen, Fungsi, dan Cara Kerjanya

12 March, 2024
clock-bold
13 menit membaca

Image Karburator Mobil: Komponen, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa itu karbu? Karburator mobil merupakan satu dari bagian mesin pada kendaraan bermotor yang memiliki fungsi sebagai piranti untuk menggabungkan bahan bakar dengan udara dalam jumlah yang sesuai agar dapat terbakar secara efektif di dalam mesin. Karburator beroperasi dengan menggunakan prinsip tekanan rendah dan mengirimkan perpaduan bahan bakar serta udara ke dalam ruang pembakaran mesin melalui sistem masuk udara atau intake. Walaupun karburator saat ini telah tergantikan oleh sistem injeksi bahan bakar yang lebih modern dan produktif pada sebagian besar mobil terkini, namun masih ada banyak mobil lama yang menggunakan karburator sebagai alat pengatur percampuran bahan bakar dan udara.

Komponen Karburator Beserta Fungsinya

Mobil akan memiliki performa baik, apabila dirawat dengan rutin. Servis rutin menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena akan menimbulkan banyak masalah saat dibiarkan tanpa servis. Mobil yang tidak di servis rutin akan mengalami masalah seperti mogok di tengah jalan, rem mobil yang sudah berbunyi dan karburator mobil yang rusak.

Pada dasarnya, karburator dalam mobil menjadi komponen yang peranannya sangat penting dan tugas pemilik mobil adalah selalu rutin mengecek kondisi karburator. Dalam sebuah karburator, tentu ada beberapa komponen yang bekerja dan setiap komponen memiliki peranan yang berbeda-beda. Berikut ini pembahasan selanjutnya artikel autotips Wuling tentang karburator mobil.

Berikut ini adalah pembahasan dari Wuling terkait dengan komponen-komponen karburator pada mobil. Di dalam pembahasan ini salah satu yang menjadi fokusnya adalah fungsi dari tiap-tiap komponennya.

1. Float Chamber

Float Chamber Gambar komponen karburator mobil, float chamber 

Float Chamber atau ruang bakar adalah salah satu komponen karburator mobil yang sangat penting peranannya. Apabila bahan bakar sebuah mobil telah terisi secara penuh, maka pelampung akan otomatis naik dan akan menutup katup bahan bakar. Kerja pelampung akan mengikuti kondisi tinggi rendahnya bahan bakar sebuah mobil.

Ketika bensin terlalu banyak dan mengakibatkan banjir, maka kinerja pelampung tidak akan berfungsi dengan baik. Fungsi utama dari ruang bakar yaitu sebagai ruang atau tempat pembakaran dan posisi ruang bakar berada di kepala silinder. Ruang bakar akan menjadi tempat pembakaran yang mencampurkan bahan bakar dengan udara hasil kompres dari sebuah torak yang ada di silinder.

2. Float

Floater Gambar komponen karburator mobil, floater

Floater atau pelampung juga menjadi salah satu komponen karburator mobil yang peranannya tidak kalah penting. Meskipun bentuk pelampung kecil atau mini, namun peranannya lumayan signifikan. Untuk menjaga stabilitas kinerja pelampung, maka kondisi pelampung harus di cek secara rutin.

Pelampung memang akan bekerja pada kondisi bahan bakar yang tinggi atau rendah. Pelampung tidak akan bekerja saat bahan bakar terlalu banyak atau banjir. Dengan adanya pelampung, maka kondisi bahan bakar akan tetap stabil.

3. Choke Valve

Choke Valve Gambar komponen karburator mobil, choke valve

Mobil memang harus dibuat senyaman mungkin, agar anda dan keluarga bisa melakukan aktivitas harian dengan lancar. Mobil harus dibuat tetap stabil dan segera perbaiki, apabila ada berbagai kendala. Perawatan rutin menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dan perawatan rutin harus dilakukan untuk komponen bagian dalam dan luar.

Choke Valve menjadi komponen karburator mobil yang mampu memberikan kenyamanan dalam sebuah kendaraan. Fungsi utama dari choke valve adalah menambah campuran dalam sebuah bahan bakar mobil, sehingga kendaraan akan mudah untuk dihidupkan dan dipakai untuk menjalani berbagai aktivitas keseharian.

4. Throttle Valve

Thorttle Valve Gambar komponen karburator mobil, throttle valve

Thorttle Valve menjadi komponen karburator mobil yang juga sering disebut dengan piston valve. Thorttle Valve memiliki fungsi sebagai pengatur besar atau kecilnya suatu campuran udara yang bisa masuk dalam sebuah ruang bakar kendaraan. Komponen Thorttle Valve biasanya akan bekerja secara beriringan dengan jarum skep atau main jet.

Ketika kondisi Thorttle Valve terbuka, maka jarum skep akan ikut terbuka dan banyak yang bilang bahwa piston valve dengan jarum skep adalah sebuah kesatuan. Thorttle valve menjadi salah satu komponen yang sangat membutuhkan perawatan dan dengan sering melakukan pengecekan kondisi komponen, maka performa mobil akan tetap stabil.

5. Main Jet

Main Jet Gambar komponen karbu mobil, main jet

Apa itu main jet? Bagian mobil ini adalah sebuah komponen tambahan yang ada pada karburator mobil yang berguna untuk memanage jumlah bahan bakar yang akan dicampur dengan udara yang bersih untuk kemudian dibakar. Komponen karbu mobil ini sering disebut juga dengan jarum skep. Alasan penyebutan ini karena komponen karbu ini punya ukuran yang kecil dan mirip dengan jarum yang mengerucut ke arah bawah.

Cara kerja main jet terkait dengan pedal gas dan laju kendaraan. Ketika pedal gas ditekan, maka main jet akan terangkat. Peristiwa terangkatnya main jet ini membuat bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran pun menjadi semakin besar. Oleh karena bahan bakar makin besar, mengakibatkan laju kendaraan jadi semakin cepat. Dari cara kerja ini, fungsi main jet dapat diketahui. Ada pun fungsi main jet adalah untuk mengontrol pasokan bahan bakar di dalam ruang pembakaran.

Meskipun Main Jet memiliki bentuk yang kecil, namun peranannya tetaplah penting. Untuk menjaga kinerja main jet tetap stabil, maka Anda harus melakukan perawatan rutin terhadap mobil dan hal ini bisa dilakukan dengan membawa mobil ke bengkel setiap satu bulan sekali.

6. Jet Needle

Jet Needle Gambar komponen karbu mobil, jet needle

Jet Needle juga menjadi komponen karburator mobil yang memiliki peranan penting. Komponen jet needle memang tidak begitu familiar, namun tetap penting untuk di cek kondisinya. Melalui pengecekan secara rutin, maka performa mobil akan bekerja dengan baik dan stabil.

7. Slow Jet

slow jet Gambar komponen karbu mobil, slow jet

Slow Jet adalah komponen karburator mobil yang berguna untuk melakukan suplai bahan bakar dan udara yang bersih saat kondisi kendaraan dalam posisi idle. Pada saat kondisi kendaraan dalam posisi idle, maka Anda tinggal Slow Jet di bagian karburator dan atur ulang jarum skep, supaya bisa kinerjanya kembali normal.

8. Piston Valve Screw dan Pilot Screw

Piston Valve Screw dan Pilot Screw Gambar komponen karbu mobil, piston valve dan pilot screw

Piston Valve Screw dan Pilot Screw juga menjadi komponen karburator mobil yang tidak kalah pentingnya, karena menunjang kinerja suatu mobil. Piston Valve Screw dan Pilot Screw memang bentuknya hampir mirip dengan Slow Jet, namun berbeda dari segi fungsi atau kegunaan.

9. Main Nozzle

Main Nozzle Gambar komponen karbu mobil, main nozzle

Main Nozzle juga menjadi komponen karburator  mobil yang tidak begitu familiar, namun memiliki peranan yang sangat penting. Komponen ini akan bekerja sebagai pemancar utama dari sebuah bahan bakar kendaraan. Tinggi dari Main Nozzle juga hampir sama dengan permukaan bahan bakar yang posisinya berada di dalam bak pelampung. Main Nozzle biasanya ditemukan pada sebuah karburator yang memiliki tipe venturi.

10. Venturi

Venturi Gambar komponen karbu mobil, venturi

Venturi adalah sebuah bagian sempit yang posisinya berada di dalam sebuah tabung karburator dan venturi memiliki fungsi untuk meninggikan kecepatan dari aliran udara. Dengan hadirnya venturi, maka kecepatan mobil akan kencang dan berbeda dengan tipe mobil lainnya.

Mobil anda akan lebih kencang saat dijalankan dan bisa mengalahkan berbagai jenis mobil lain. Mobil yang memiliki Venturi juga bisa dipakai untuk kondisi jalanan yang menanjak, karena venturi mampu menunjang kekuatan atau kecepatan mobil dengan baik.

Oh ya sebelum lanjut membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Yuk unduh brosur kami di bawah ini supaya Anda bisa memiliki akses langsung ke informasi terkini tentang produk dan layanan kami.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Fungsi Karburator Mobil

fungsi karbu mobil Gambar penjelasan fungsi karbu mobil

Secara umum, karburator mobil berguna untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang masuk dalam silinder mesin. Air bleeder adalah salah satu bagian yang ada di dalam sebuah karburator yang berguna sebagai tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara, sehingga mampu hasilkan pengabutan yang halus.

Karburator memiliki sistem yang bekerja di dalamnya dan sistem karbu berguna untuk hasilkan campuran bahan bakar dengan udara yang sesuai dengan kebutuhan mesin, hal ini membuat bahan bakar mobil lebih irit.

Cara Kerja Karburator

Cara Kerja Karburator Gambar penjelasan cara kerja karbu mobil

Karburator mobil dengan motor memang memiliki fungsi yang hampir sama, namun ada beberapa sistem yang berbeda di dalamnya. Karburator mobil merupakan karburator yang menggunakan sistem kerja atau prinsip kerja Bernoulli dan sistem ini mengatur aliran dalam kecepatan fluida. Secara umum, kinerja karburator mobil memang terbilang sederhana.

Ketika mesin mobil dihidupkan, maka piston akan bergerak maju dan mundur. Saat mobil dalam gerakan mundur, maka gerakan karburator akan menghisap udara yang ada di bagian depan sistem karburator dan hal ini akan membuat bahan bakar dan udara terhisap secara otomatis. Pemantik juga akan menyala dan akan menimbulkan pembakaran yang muncul di ruang mesin, sehingga piston terdorong.

Apabila gas ditekan semakin tinggi, maka kinerja piston akan semakin terdorong. Dengan fungsi yang sangat penting, maka merawat karburator sangatlah perlu untuk dilakukan. Harga karburator mobil tidaklah murah, sehingga perawatan harus dilakukan secara rutin.

Langkah Perawatan Karburator Mobil

Berikut ini adalah langkah perawatan karburator mobil yang bisa Anda lakukan sendiri tiap bulannya.

1. Bersihkan Filter

Bersihkan Filter Gambar bersihkan filter

Untuk langkah pertama, maka anda bisa mulai dengan membersihkan bagian filter udara dengan cara melepaskan filter udara yang terpasang pada bagian lubang karburator. Apabila sudah berhasil dilepaskan, maka bisa anda bersihkan dengan menggunakan semburan angin kompresor. Anda bisa membeli peralatan angin kompresor yang harganya terjangkau di bengkel mobil resmi.

Ketika filter udara pada bagian karburator terbuat dari bahan busa, maka Anda bisa mencucinya sampai bersih dan pastikan filter udara dalam kondisi yang kering, sebelum dipasangkan kembali. Dengan merawat bagian filter udara, maka kinerja karburator mobil dapat bekerja dengan stabil dan karburator bisa bekerja dengan tahan lama.

2. Lepaskan Komponen Karburator

Lepaskan Komponen Karburator Gambar lepaskan komponen karburator

Anda bisa memulainya dengan membuka karburator dan silahkan lepaskan baut-baut yang terpasang pada seluruh bagian karburator. Untuk mencegah bocor, sebaiknya Anda pakai kunci yang tepat atau sesuai untuk melepaskan berbagai komponen karburator. Siapkan wadah yang telah diisi dengan cairan bensin untuk melepaskan komponen karburator.

Komponen yang harus dilepaskan seperti jarum pelampung, pilot jet, pelampung, main jet, mangkok karburator dan komponen yang lainnya. Pastikan anda berhati-hati saat melepaskan komponen yang berukuran kecil atau karet pelindung. Apabila semua komponen terlepas, pastikan simpan dalam sebuah wadah yang sama, sehingga akan memudahkan Anda untuk memasangnya kembali.

3. Bersihkan Seluruh Bagian Karburator

Bersihkan Seluruh Bagian Karburator Gambar membersihkan bagian karburator

Apabila semua komponen karburator mobil sudah terlepas semuanya dan Anda bisa langsung membersihkan seluruh bagian karburator dengan menggunakan kuas yang halus. Semprotkan angin di bagian lubang-lubang dengan kekuatan udara yang tinggi. Anda juga bisa menggunakan amplas yang halus untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel atau melekat di spuyer.

Pada bagian spuyer, proses amplas harus dilakukan secara perlahan dan berhati-hati, karena proses amplas bisa menimbulkan perubahan pada ukuran amplas. Jika amplas di spuyer terlalu keras, maka bentuk spuyer akan mengecil.

4. Rakit Kembali

Rakit Kembali Gambar merakit kembali karbu

Apabila proses pembersihan selesai dan semua komponen sudah kering, maka Anda harus merakit berbagai komponen karburatornya seperti bentuk awalnya. Silahkan menyalakan kembali mesin mobil dan setel mobil dalam kondisi langsam mesin dengan cara menyetel spuyer angin dengan proses memutar searah jarum jam.

Kemudian Anda putarkan kembali sesuai dengan standar yang tercantum dalam mesin mobil. Dengan melakukan 4 proses perawatan karburator, maka kondisi mobil akan tetap stabil dan mobil bisa dipakai dengan kondisi yang prima.

Jenis Karburator Mobil

Macam-macam karburator dibedakan jadi beberapa kategori. Pertama, jenis karburator berdasarkan arah masuk udara dan juga bahan bakar. Kedua, tipe karburator berdasarkan jumlah barel. Ketiga, macam-macam karburator berdasarkan tipe venturi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

Berdasar Arah Masuk Udara dan Bahan Bakar

Berdasarkan kategori ini, karburator mobil terbagi atas dua buah, yakni:

Arus Datar

Pada karburator mobil tipe ini, arah entrance udara dan juga bahan bakar yang disalurkan ke arah ruang pembakaran akan dialirkan dengan cara mendatar atau menyamping side draft. Karburator mobil yang satu ini banyak ditemukan pada oto yang punya mesin beroutput tinggi.

Arus Turun

Pada karburator arus turun, arah masuknya campuran udara dan bahan bakar ke arah bawah atau down draft. Saat ini, jenis karburator ini termasuk ke dalam salah satu yang terbaik.

Berdasarkan Jumlah Barel

Pada karburator mobil terdapat barel. Oleh karena adanya perbedaan, maka terdapat pembagian jenis karburator mobil berdasarkan jumlah barel. Ada pun karburator yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Single Barel

Jenis karburator mobil yang pertama berdasarkan jumlah barel, yakni karburator single barel. Sesuai namanya, karburator mobil yang satu ini menjalankan pelayanan semua kebutuhan bahan bakar pada bermacam putaran hanya dengan satu barel aja.

Double Barel

Untuk jenis karburator mobil kedua berdasarkan jumlah barel, yaitu karburator double barel. Karburator mobil yang satu ini merupakan pengembangan dari karburator single barel. Jenis karburator ini mampu menghasilkan tenaga keluaran yang lebih cepat. Penyebab dari hasil ini karena yang hanya akan bekerja di awal hanyalah primary venturi yang berdiameter kecil.

Berdasarkan Tipe Venturi

Selain dari jumlah barel dan arah masuk udara serta bahan bakarnya, kategori pembagian jenis karburator mobil yang terakhir adalah berdasarkan tipe venturi. Bila dilihat dari tipe venturi, karburator terbagi ke dalam 3 tipe. Berikut ini adalah jenis karburator yang dimaksud.

Fixed Venturi

Tipe karburator yang satu ini memiliki venturi tetap yang dibuat dengan besaran diameter tertentu. Jenis karburator fixed venturi cukup banyak digunakan berbagai produsen pada mobil rilisan terbaru. Salah satu alasan penggunaannya adalah karena karburator ini dianggap punya konstruksi yang sederhana.

Salah satu kelebihan dari karburator ini, yakni besaran vakum yang dihasilkan udara yang melalui venturi akan selalu seimbang juga sesuai dengan kecepatan aliran yang mendapatkan pengaruh dari pembukaan katup gas juga beban mesin.

Variable Venturi

Karburator variable venturi menggunakan permukaan yang dikontrol dengan banyak udara yang berhasil dihisap pada sistem kerjanya. Sama seperti tipe fixed venturi, konstruksi pada karburator jenis ini pun sederhana.

Karburator ini punya kelebihan, yakni mempunyai perubahan pembukaan venturi yang akan selalu sama. Ini terjadi ketika kecepatan dalam keadaan rendah dan sedang. Selain itu, ini terjadi ketika berada pada beban mesin sedang juga ringan. Oleh karena peristiwa ini, bahan bakar akan berubah sesuai dengan besaran volume udara yang masuk yang menghasilkan output tinggi.

Air Valve Venturi

Besaran udara yang masuk ke dalam venturi akan jadi kontrol yang utama dari pembukaan air valve. Dapat dikatakan bahwa cara kerja tipe karburator mobil yang satu ini mirip dengan jenis variable venturi. Namun, konstruksi dari kedua karburator adalah amat berbeda.

Saat dilihat dari konstruksinya, karbu air valve venturi punya dasar karbu arus turun dua barel atau disebut juga dengan down draft double barrel. Katup udara yang dipasang di dalam silinder secondary juga proses pembukaan air valve bervariasi sesuai dengan besaran jumlah udara yang berhasil dihisap.

Apa Fungsi Pelampung pada Karburator?

Pelampung yang terdapat pada karburator memiliki fungsi untuk menjadi indikator mengenai jumlah bahan bakar yang terdapat pada reservoir. Kalau bahan bakar sudah sedikit maka pelampung akan langsung mengikuti tinggi dari permukaan bahan bakar dan akan menarik needle valve ke bawah yang membuat persediaan bensin akan masuk ke dalam reservoir.

Keluarga wuling, aktivitas keseharian yang ditunjang kendaraan seperti berangkat ke tempat kerja, antarkan anak ke sekolah dan membawa barang-barang keperluan. Jadi, Anda sebaiknya harus senantiasa merawat karburator mobil Anda agar selalu optimal saat digunakan, ya. Sekian dari kami, jangan lupa lihat promo Wuling andalan kami ya, seperti Alvez, Almaz RS, dan Air ev.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer