Kenali Filter Udara Mobil Pada Mobil Anda | Wuling

Auto Tips

Kenali Filter Udara Mobil Pada Mobil Anda

21 Oktober, 2020

Image Kenali Filter Udara Mobil Pada Mobil Anda

Filter udara adalah salah satu komponen paling penting dalam kendaraan. Tugas utama dari komponen ini adalah menyaring udara dari air intake ke ruang pembakaran, oleh karena itu Anda tidak boleh menyepelekan komponen yang satu ini. Karena penumpukan kotoran di filter mobil akan mengakibatkan tarikan mobil menjadi melemah dan tidak responsif, terutama saat mengemudi di jalan yang menanjak.

Selain itu konsumsi bahan bakar juga akan menjadi lebih boros dan suara mesin menjadi kasar karena pembakaran di ruang mesin yang tidak sempurna. Kalau dibiarkan terus menerus akan berakibat fatal karena akan merusak mesin secara keseluruhan. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan edukasi seputar filter udara supaya mesin mobil Anda tetap berada dalam kondisi prima.

Pengertian Filter Udara

Pengertian Filter Udara

Sesuai dengan namanya, filter udara bertujuan untuk menyaring udara. Filter udara terletak pada bagian atas mesin dan tertutup dengan rumah filter yang akan mengalirkan udara ke dalam ruang pemabakaran. Rumah filter dilindungi dengan klep untuk mencegah kebocoran udara. Performa mesin secara keseluruhan sangat bergantung pada kebersihan dan kualitas filter udara.

Fungsi Filter Udara pada Mobil

Fungsi Filter Udara pada Mobil

Selama berkendara debu yang berterbangan di jalanan akan terhisap masuk ke dalam mobil. Walaupun terdengar sederhana, filter udara berfungsi untuk menyaring semua debu dan partikel kotoran yang sangat halus supaya tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Seiring dengan berjalannya waktu debu dan partikel kotoran yang tersaring di filter udara akan menumpuk dan menyumbat pori-pori filter.

Dalam jangka waktu yang panjang, sumbatan pori-pori filter ini akan membuat pasokan udara ke dalam ruang pembakaran menjadi terganggu. Akibatnya mesin menjadi tidak optimal dapat mengakibatkan kerusakan permanen di dalam mesin mobil. Oleh karena itu pemilik mobil wajib memantau kondisi filter udara ini secara berkala supaya mobil Anda tetap nyaman dikendarai.

Baca juga: Coating Mobil: Beragam Kelebihan dan Manfaatnya untuk Anda

Interval Penggantian Filter Udara

Interval Penggantian Filter Udara

Secara umum, setiap komponen yang ada di dalam mesin mobil memiliki umur pakai. Salah satu indikator utama yang sering dijadikan patokan penggantian filter udara adalah jarak tempuh. Biasanya, perusahaan pembuat filter mobil memberikan saran supaya penggantian filter udara dilakukan setelah menempuh jarak 30.000 – 40.000 km. Namun apabila Anda seringkali melewati jalan yang berdebu terlebih di musim kemarau atau penggunaan dalam kondisi ekstrim seperti offroad, sebaiknya filter udara diganti setiap 20.000 – 25.000 km.

Jenis Filter Udara Mobil

Saat ini ada tiga jenis filter udara mobil yang beredar di pasaran dengan karakteristik yang berbeda sesuai dengan bahan dasarnya.

Filter Udara Berbahan Kertas

Filter Udara Berbahan Kertas

Filter jenis ini menggunakan bahan kertas sebagai elemen saring utamanya. Bahan kertas ini adalah filter dengan bahan yang paling umum digunakan kebanyakan pabrikan. Daya saring filter jenis ini sangat baik, partikel debu yang sangat kecil sekalipun dapat tersaring dengan sangat baik oleh filter berbahan kertas ini.

Filter Udara Berbahan Busa

Filter Udara Berbahan Busa

Filter jenis ini menggunakan busa atau foam sebagai elemen saring utamanya. Filter ini juga sering disebut dengan wet foam filter, karena dalam penggunaanya diberi oli untuk menangkap kotoran yang berkuran sangat kecil. Namun sayang, filter jenis ini umurnya sangat pendek.

Filter Udara Berbahan Kain

Filter Udara Berbahan Kain

Filter jenis ini menggunakan kain sebagai elemen saring utamnya. Bahan kain ini juga terkenal sangat baik untuk menyaring kotoran dan sangat mudah dibersihkan. Kelebihan utama dari filter jenis ini adalah umur pakai yang sangat panjang karena bisa dipakai berulang-ulang.

Cara Membersihkan Filter Udara

Cara Membersihkan

Filter udara mobil wajib di cek secara berkala oleh pemilik mobil. Apabila filter sudah kotor namun masih dibawah umur penggunaan, maka supaya dapat digunakan kembali cukup dibersihkan mandiri tanpaharus ke bengkel. Caranya cukup mudah, Anda simak caranya berikut ini.

  1. Buka kap mesin dan buka rumah filter untuk mengeluarkan filter udara
  2. Keluarkan filter udara, dan pastikan Anda mengetahui pasti jenis filter udara Anda supaya tidak salah membersihkan.
  3. Untuk filter udara berbahan kertas, jangan dicuci dengan air karena akan merusak partikel kertas. Gunakan udara bertekanan tinggi supaya bisa bersih dari debu dan kotoran.
  4. Untuk filter udara berbahan busa, Anda bisa menggunakan campuran air dan sabun cuci untuk membersihkannya. Namun Anda harus berhati hati dalam memerasnya, jangan lakukan secara berlebihan dan angin anginkan supaya bersih dan kering.
  5. Untuk filter berbahan kain, Anda bisa menggunakan campuran air dan sabun cuci untuk membersihkannya.
  6. Keringkan dan angin anginkan supaya kembali bersih dan kering.
  7. Bersihkan juga rumah filter supaya tidak meninggalakan kotoran
  8. Pasang kembali filter udara dan tutup kembali rumah filter.
  9. Pastikan semua terpasang dengan benar untuk mencegah kebocoran udara.

Range Harga

Range Harga

Harga filter mobil cukup bervariasi tergantung dari bahannya. Pada umumnya harga filter dengan bahan kertas berkualitas baik adalah berkisar antara Rp 100.000 – Rp 200.000, sementara filter udara dengan bahan busa berkualitas baik adalah berkisar antara Rp 200.000 – Rp 350.000. Sementara filter udara dengan bahan kain sedikit lebih mahal karena umur penggunaannya yang lebih panjang dibandingkan dengan keduanya.

Filter udara dengan bahan kain untuk mobil dengan kualitas baik adalah berkisar antara Rp 300.000 – Rp 450.000. Harganya lebih mahal karena memberikan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan bahan kertas dan busa. Namun yang harus Anda perhatikan adalah kualitasnya, jangan sampai tertipu dengan harga murah namun kualitasnya mengecewakan. Peranan filter udara sangat penting untuk performa mobil Anda.

Baca juga: Kondensor Mobil: Fungsi dan Cara Cegah Kerusakan Supaya Awet

Demikian edukasi singkat mengenai filter mobil yang bisa Anda terapkan di mobil kesayangan Anda. Keluarga Wuling, kalau Anda ingin melakukan penggantian ataupun perawatan filter udara tidak usah repot dan khawatir. Anda bisa datang ke dealer resmi Wuling yang terdekat dengan lokasi Anda. Dipastikan Anda akan mendapatkan filter udara dengan kualitas baik dan original.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik