Karburator Mobil: Komponen, Fungsi, dan Cara Kerjanya

7 May, 2024
clock-bold
15 menit membaca

Image Karburator Mobil: Komponen, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa itu karbu? Karburator mobil merupakan satu dari bagian mesin pada kendaraan bermotor yang memiliki fungsi sebagai piranti untuk menggabungkan bahan bakar dengan udara dalam jumlah yang sesuai agar dapat terbakar secara efektif di dalam mesin. Karburator beroperasi dengan menggunakan prinsip tekanan rendah dan mengirimkan perpaduan bahan bakar serta udara ke dalam ruang pembakaran mesin melalui sistem masuk udara atau intake. Walaupun karburator saat ini telah tergantikan oleh sistem injeksi bahan bakar yang lebih modern dan produktif pada sebagian besar mobil terkini, namun masih ada banyak mobil lama yang menggunakan karburator sebagai alat pengatur percampuran bahan bakar dan udara.

Komponen Karburator Mobil Beserta Fungsinya

Karburator adalah komponen kunci dalam sistem pembakaran mobil yang mengatur campuran bensin dan udara. Tanpa karburator, mobil tidak akan memiliki tenaga yang cukup. Fungsi utamanya adalah menyediakan campuran bensin dan udara yang tepat untuk pembakaran. Berikut ini pembahasan selanjutnya artikel autotips Wuling tentang karburator mobil.

1. Float Chamber

Float Chamber Gambar bagian-bagian karburator mobil, float chamber 

Komponen karburator yang dikenal sebagai ruang pelampung, atau Float Chamber, memegang peranan penting dalam mengatur proporsi bahan bakar yang masuk ke dalam mesin. Di dalam ruang ini, terdapat sebuah pelampung yang bergerak sesuai dengan tingkat bahan bakar, yang secara langsung mempengaruhi pembukaan dan penutupan katup bahan bakar.

Ketika bahan bakar di dalam tangki mencapai tingkat tertentu, pelampung akan terangkat dan menekan katup, sehingga menghentikan aliran bahan bakar ke dalam ruang pelampung. Ini mencegah bahan bakar meluap dan memastikan tingkat bahan bakar yang stabil. Di sisi lain, jika tingkat bahan bakar menurun, pelampung akan turun, yang mengakibatkan katup terbuka dan bahan bakar kembali mengalir ke dalam ruang pelampung.

Ruang pelampung terletak di bagian atas karburator dan sangat menentukan kualitas campuran bahan bakar dan udara yang akan dibakar dalam mesin. Dengan demikian, ruang pelampung adalah salah satu faktor kunci yang menjamin mesin dapat beroperasi dengan lancar, terutama saat pertama kali dihidupkan dan mesin masih dalam kondisi dingin.

2. Float

Floater Gambar komponen karburator mobil, floater

Float karburator adalah komponen yang berbentuk pelampung dan memiliki peranan penting dalam sistem bahan bakar mobil. Komponen ini bertugas untuk menjaga ketinggian bahan bakar di dalam karburator agar tetap stabil. Ketika ketinggian bahan bakar mencapai tingkat yang ditentukan, float akan naik dan menekan katup jarum untuk menutup. Hal ini menghentikan aliran bahan bakar ke dalam karburator dan mencegah terjadinya kelebihan bahan bakar yang bisa menyebabkan banjir.

Dengan demikian, float membantu memastikan bahwa mesin mendapatkan campuran bahan bakar dan udara yang tepat untuk proses pembakaran yang efisien. Float terletak di dalam ruang float atau float chamber, tempat bahan bakar dikumpulkan sebelum masuk ke ruang bakar. Katup jarum yang dikontrol oleh float ini berperan dalam membuka dan menutup aliran bahan bakar ke karburator.

Perawatan berkala pada float sangat penting untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan yang dapat mempengaruhi kinerja karburator. Dengan pemeliharaan yang baik, float akan membantu karburator bekerja dengan lancar dan memungkinkan mesin mobil beroperasi dengan efisiensi maksimal.

3. Choke Valve

Choke Valve Gambar komponen karburator mobil, choke valve

Katup choke merupakan komponen pada karburator yang berperan dalam mengatur campuran udara dan bahan bakar dengan cara mengontrol tekanan di dalam manifold intake. Saat mesin dinyalakan, terutama dalam kondisi dingin, katup choke akan menutup sebagian atau sepenuhnya untuk memperkaya campuran bahan bakar dengan mengurangi jumlah udara yang masuk. Ini membantu dalam meningkatkan kinerja mesin saat masih dingin.

Dalam keadaan mesin yang belum panas, katup choke yang tertutup akan menciptakan vakum yang lebih kuat di dalam karburator. Hal ini menyebabkan bahan bakar lebih banyak disedot dari ruang pelampung ke dalam aliran udara yang menuju silinder. Proses ini penting karena bensin cenderung tidak menguap dengan sempurna pada mesin yang dingin, sehingga memerlukan campuran yang lebih kaya untuk pembakaran yang optimal.

Setelah mesin mencapai suhu operasional yang tepat, katup choke harus dibuka kembali untuk memastikan aliran udara dan bahan bakar kembali ke rasio yang seimbang. Ini memungkinkan mesin untuk beroperasi secara efisien dengan pembakaran yang lebih bersih dan ekonomis. Secara umum, katup choke sangat krusial untuk memastikan mesin dapat berjalan dengan baik saat pertama kali dinyalakan dalam kondisi dingin.

4. Throttle Valve

Thorttle Valve Gambar komponen karburator mobil, throttle valve

Komponen yang dikenal sebagai throttle valve atau piston valve, memegang peranan krusial dalam sistem karburator pada mobil. Beroperasi sebagai pengatur, komponen ini menentukan volume campuran udara dan bahan bakar yang dialirkan ke ruang pembakaran. Ketika pengemudi menginjak pedal gas, ini menyebabkan pembukaan throttle valve, yang selanjutnya memfasilitasi peningkatan aliran campuran ke mesin, menghasilkan tenaga lebih.

Dalam kendaraan yang dilengkapi dengan karburator, throttle valve berkolaborasi dengan elemen lain seperti main jet. Pembukaan throttle valve berarti pembukaan main jet juga, yang memungkinkan aliran bahan bakar ke dalam campuran udara, krusial untuk performa saat akselerasi atau ketika dibutuhkan tenaga ekstra.

Walaupun teknologi injeksi bahan bakar telah menjadi standar pada mobil terkini, masih terdapat kendaraan yang mempertahankan penggunaan karburator dan throttle valve. Oleh karena itu, pemeliharaan berkala pada bagian ini sangat vital untuk memastikan efisiensi dan operasi kendaraan yang optimal.

5. Main Jet

Main Jet Gambar komponen karbu mobil, main jet

Komponen yang dikenal sebagai Main Jet pada karburator kendaraan berperan krusial dalam mengontrol aliran bahan bakar yang bercampur dengan udara sebelum proses pembakaran di mesin. Bentuknya yang mirip jarum memungkinkan penyesuaian presisi terhadap jumlah bahan bakar yang dilepaskan.

Pada saat mobil beroperasi dengan kecepatan dan putaran mesin yang tinggi, Main Jet akan membuka lebih lebar untuk memfasilitasi peningkatan aliran bahan bakar, yang pada gilirannya meningkatkan kecepatan mobil. Ukuran dari Main Jet ini harus dipilih dengan teliti, sesuai dengan karakteristik mesin dan jenis kendaraan, untuk memastikan performa yang optimal dan mencegah kerusakan pada sistem karburator.

Pemilihan ukuran Main Jet yang tepat sangat penting dan harus selaras dengan spesifikasi teknis dari mesin kendaraan Anda untuk menghindari masalah performa atau kerusakan.

6. Jet Needle

Jet Needle Gambar komponen karbu mobil, jet needle

Jarum jet, yang juga dikenal sebagai Jet Needle, merupakan elemen vital dalam sistem karburator sebuah mobil. Didesain dengan ujung yang meruncing, jarum ini berperan dalam menyesuaikan aliran bahan bakar yang dilewatkan oleh main jet. Gerakan vertikal jarum jet ini, yang terjadi seiring dengan operasi skep atau throttle, menentukan ukuran bukaan pada main jet, yang secara langsung mempengaruhi volume bahan bakar yang mengalir ke dalam mesin.

Peran jarum jet sangat krusial dalam mengoptimalkan campuran udara dan bahan bakar, terutama untuk menyesuaikan dengan berbagai kondisi pengoperasian mesin. Memilih jarum jet dengan ukuran dan bentuk yang sesuai sangatlah penting untuk memastikan mesin berjalan dengan efisien dan menghasilkan performa yang maksimal.

7. Slow Jet

slow jet Gambar komponen karbu mobil, slow jet

Slow jet merupakan salah satu bagian penting dari karburator yang berperan dalam menyediakan campuran bahan bakar dan udara yang tepat ketika mesin berada pada kondisi idle. Komponen ini memastikan bahwa mesin tetap menyala dan beroperasi dengan lancar meskipun kendaraan tidak bergerak. Dalam karburator, terdapat juga komponen lain seperti float chamber, yang bertugas mengatur jumlah bahan bakar dalam karburator untuk memastikan pasokan bahan bakar yang stabil. Float, atau pelampung, bekerja sama dengan float chamber untuk menjaga tingkat bahan bakar agar tidak terlalu tinggi yang bisa menyebabkan banjir, atau terlalu rendah yang dapat mengakibatkan kekurangan bahan bakar.

Perawatan slow jet sangat penting dan harus dilakukan secara berkala. Membersihkan slow jet dari kotoran atau endapan dapat mencegah penyumbatan yang bisa mengganggu kinerja mesin. Jika mesin mengalami masalah saat idle, mungkin diperlukan pengaturan ulang atau pembersihan slow jet untuk mengembalikan performa mesin ke kondisi optimal. Selain itu, servis rutin pada karburator sangat dianjurkan untuk menghindari masalah seperti mesin mogok atau penurunan performa mesin.

8. Piston Valve Screw dan Pilot Screw

Piston Valve Screw dan Pilot Screw Gambar komponen karbu mobil, piston valve dan pilot screw

Piston Valve Screw memiliki peranan krusial dalam mengontrol ukuran saluran venturi di karburator, yang merupakan bagian penting untuk mempercepat aliran udara dan bahan bakar menuju silinder mesin. Dengan mengatur skrup ini, kita dapat mempengaruhi jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar, yang selanjutnya akan mempengaruhi kecepatan mesin dan efisiensi pembakaran. Terlalu banyak bahan bakar dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu ‘kaya’ dan tidak efisien, sementara terlalu sedikit bahan bakar akan membuat mesin ‘miskin’ dan kurang bertenaga.

Di sisi lain, Pilot Screw berfungsi untuk menyesuaikan campuran bahan bakar dan udara pada kecepatan mesin yang rendah atau saat mesin berada pada kondisi idle. Pengaturan skrup ini sangat penting untuk menjaga mesin tetap stabil dan efisien pada putaran rendah. Meskipun teknologi karburator sudah banyak digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar yang lebih modern, namun bagi mobil-mobil yang masih menggunakan karburator, pemeliharaan komponen-komponen ini tetap sangat penting untuk menjaga performa mesin tetap optimal.

9. Main Nozzle

Main Nozzle Gambar komponen karbu mobil, main nozzle

Komponen yang dikenal sebagai Main Nozzle pada karburator memiliki tugas vital dalam menyuplai bahan bakar ke mesin mobil. Letaknya yang strategis, sejajar dengan permukaan bahan bakar di dalam bak pelampung, memungkinkan Main Nozzle untuk mengatur aliran bahan bakar dengan presisi. Meski keberadaannya sering terlupakan di era modern dimana sistem injeksi telah mendominasi, bagi kendaraan yang masih setia pada sistem karburator, Main Nozzle ini tetap menjadi jantung dari sistem bahan bakar. Fungsinya tidak hanya penting untuk efisiensi bahan bakar, tetapi juga untuk performa mesin secara keseluruhan.

10. Venturi

Venturi Gambar komponen karbu mobil, venturi

Venturi dalam karburator mobil berperan sebagai akselerator aliran udara yang menuju ke mesin. Dengan desain yang mempersempit di bagian tengah, Venturi memastikan bahwa udara yang melintas di dalamnya mengalami peningkatan kecepatan. Efek ini penting karena saat kecepatan udara meningkat, tekanan di sekitar area tersebut menurun, menciptakan kondisi yang ideal untuk bahan bakar diserap ke dalam aliran udara. Proses ini terjadi melalui jet, yang merupakan pengatur utama dari jumlah bahan bakar yang tercampur dengan udara.

Oh ya, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Download Brosur Cloud EV

Fungsi Karburator Mobil

fungsi karbu mobil Gambar penjelasan fungsi karbu mobil

Secara umum, karburator mobil berguna untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dengan udara yang masuk dalam silinder mesin. Air bleeder adalah salah satu bagian yang ada di dalam sebuah karburator yang berguna sebagai tempat bercampurnya bahan bakar dengan udara, sehingga mampu hasilkan pengabutan yang halus.

Karburator memiliki sistem yang bekerja di dalamnya dan sistem karbu berguna untuk hasilkan campuran bahan bakar dengan udara yang sesuai dengan kebutuhan mesin, hal ini membuat bahan bakar mobil lebih irit.

Cara Kerja Karburator

Cara Kerja Karburator Gambar penjelasan cara kerja karbu mobil

Karburator mobil dengan motor memang memiliki fungsi yang hampir sama, namun ada beberapa sistem yang berbeda di dalamnya. Karburator mobil merupakan karburator yang menggunakan sistem kerja atau prinsip kerja Bernoulli dan sistem ini mengatur aliran dalam kecepatan fluida. Secara umum, kinerja karburator mobil memang terbilang sederhana.

Ketika mesin mobil dihidupkan, maka piston akan bergerak maju dan mundur. Saat mobil dalam gerakan mundur, maka gerakan karburator akan menghisap udara yang ada di bagian depan sistem karburator dan hal ini akan membuat bahan bakar dan udara terhisap secara otomatis. Pemantik juga akan menyala dan akan menimbulkan pembakaran yang muncul di ruang mesin, sehingga piston terdorong.

Apabila gas ditekan semakin tinggi, maka kinerja piston akan semakin terdorong. Dengan fungsi yang sangat penting, maka merawat karburator sangatlah perlu untuk dilakukan. Harga karburator mobil tidaklah murah, sehingga perawatan harus dilakukan secara rutin.

Langkah Perawatan Karburator Mobil

Berikut ini adalah langkah perawatan karburator mobil yang bisa Anda lakukan sendiri tiap bulannya.

1. Bersihkan Filter

Bersihkan Filter Gambar bersihkan filter

Untuk langkah pertama, maka anda bisa mulai dengan membersihkan bagian filter udara dengan cara melepaskan filter udara yang terpasang pada bagian lubang karburator. Apabila sudah berhasil dilepaskan, maka bisa anda bersihkan dengan menggunakan semburan angin kompresor. Anda bisa membeli peralatan angin kompresor yang harganya terjangkau di bengkel mobil resmi.

Ketika filter udara pada bagian karburator terbuat dari bahan busa, maka Anda bisa mencucinya sampai bersih dan pastikan filter udara dalam kondisi yang kering, sebelum dipasangkan kembali. Dengan merawat bagian filter udara, maka kinerja karburator mobil dapat bekerja dengan stabil dan karburator bisa bekerja dengan tahan lama.

2. Lepaskan Komponen Karburator

Lepaskan Komponen Karburator Gambar lepaskan komponen karburator

Anda bisa memulainya dengan membuka karburator dan silahkan lepaskan baut-baut yang terpasang pada seluruh bagian karburator. Untuk mencegah bocor, sebaiknya Anda pakai kunci yang tepat atau sesuai untuk melepaskan berbagai komponen karburator. Siapkan wadah yang telah diisi dengan cairan bensin untuk melepaskan komponen karburator.

Komponen yang harus dilepaskan seperti jarum pelampung, pilot jet, pelampung, main jet, mangkok karburator dan komponen yang lainnya. Pastikan anda berhati-hati saat melepaskan komponen yang berukuran kecil atau karet pelindung. Apabila semua komponen terlepas, pastikan simpan dalam sebuah wadah yang sama, sehingga akan memudahkan Anda untuk memasangnya kembali.

3. Bersihkan Seluruh Bagian Karburator

Bersihkan Seluruh Bagian Karburator Gambar membersihkan bagian karburator

Apabila semua komponen karburator mobil sudah terlepas semuanya dan Anda bisa langsung membersihkan seluruh bagian karburator dengan menggunakan kuas yang halus. Semprotkan angin di bagian lubang-lubang dengan kekuatan udara yang tinggi. Anda juga bisa menggunakan amplas yang halus untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel atau melekat di spuyer.

Pada bagian spuyer, proses amplas harus dilakukan secara perlahan dan berhati-hati, karena proses amplas bisa menimbulkan perubahan pada ukuran amplas. Jika amplas di spuyer terlalu keras, maka bentuk spuyer akan mengecil.

4. Rakit Kembali

Rakit Kembali Gambar merakit kembali karbu

Apabila proses pembersihan selesai dan semua komponen sudah kering, maka Anda harus merakit berbagai komponen karburatornya seperti bentuk awalnya. Silahkan menyalakan kembali mesin mobil dan setel mobil dalam kondisi langsam mesin dengan cara menyetel spuyer angin dengan proses memutar searah jarum jam.

Kemudian Anda putarkan kembali sesuai dengan standar yang tercantum dalam mesin mobil. Dengan melakukan 4 proses perawatan karburator, maka kondisi mobil akan tetap stabil dan mobil bisa dipakai dengan kondisi yang prima.

Jenis Karburator Mobil

Macam-macam karburator dibedakan jadi beberapa kategori. Pertama, jenis karburator berdasarkan arah masuk udara dan juga bahan bakar. Kedua, tipe karburator berdasarkan jumlah barel. Ketiga, macam-macam karburator berdasarkan tipe venturi. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

Berdasar Arah Masuk Udara dan Bahan Bakar

Berdasarkan kategori ini, karburator mobil terbagi atas dua buah, yakni:

Arus Datar

Pada karburator mobil tipe ini, arah entrance udara dan juga bahan bakar yang disalurkan ke arah ruang pembakaran akan dialirkan dengan cara mendatar atau menyamping side draft. Karburator mobil yang satu ini banyak ditemukan pada oto yang punya mesin beroutput tinggi.

Arus Turun

Pada karburator arus turun, arah masuknya campuran udara dan bahan bakar ke arah bawah atau down draft. Saat ini, jenis karburator ini termasuk ke dalam salah satu yang terbaik.

Berdasarkan Jumlah Barel

Pada karburator mobil terdapat barel. Oleh karena adanya perbedaan, maka terdapat pembagian jenis karburator mobil berdasarkan jumlah barel. Ada pun karburator yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Single Barel

Jenis karburator mobil yang pertama berdasarkan jumlah barel, yakni karburator single barel. Sesuai namanya, karburator mobil yang satu ini menjalankan pelayanan semua kebutuhan bahan bakar pada bermacam putaran hanya dengan satu barel aja.

Double Barel

Untuk jenis karburator mobil kedua berdasarkan jumlah barel, yaitu karburator double barel. Karburator mobil yang satu ini merupakan pengembangan dari karburator single barel. Jenis karburator ini mampu menghasilkan tenaga keluaran yang lebih cepat. Penyebab dari hasil ini karena yang hanya akan bekerja di awal hanyalah primary venturi yang berdiameter kecil.

Berdasarkan Tipe Venturi

Selain dari jumlah barel dan arah masuk udara serta bahan bakarnya, kategori pembagian jenis karburator mobil yang terakhir adalah berdasarkan tipe venturi. Bila dilihat dari tipe venturi, karburator terbagi ke dalam 3 tipe. Berikut ini adalah jenis karburator yang dimaksud.

Fixed Venturi

Tipe karburator yang satu ini memiliki venturi tetap yang dibuat dengan besaran diameter tertentu. Jenis karburator fixed venturi cukup banyak digunakan berbagai produsen pada mobil rilisan terbaru. Salah satu alasan penggunaannya adalah karena karburator ini dianggap punya konstruksi yang sederhana.

Salah satu kelebihan dari karburator ini, yakni besaran vakum yang dihasilkan udara yang melalui venturi akan selalu seimbang juga sesuai dengan kecepatan aliran yang mendapatkan pengaruh dari pembukaan katup gas juga beban mesin.

Variable Venturi

Karburator variable venturi menggunakan permukaan yang dikontrol dengan banyak udara yang berhasil dihisap pada sistem kerjanya. Sama seperti tipe fixed venturi, konstruksi pada karburator jenis ini pun sederhana.

Karburator ini punya kelebihan, yakni mempunyai perubahan pembukaan venturi yang akan selalu sama. Ini terjadi ketika kecepatan dalam keadaan rendah dan sedang. Selain itu, ini terjadi ketika berada pada beban mesin sedang juga ringan. Oleh karena peristiwa ini, bahan bakar akan berubah sesuai dengan besaran volume udara yang masuk yang menghasilkan output tinggi.

Air Valve Venturi

Besaran udara yang masuk ke dalam venturi akan jadi kontrol yang utama dari pembukaan air valve. Dapat dikatakan bahwa cara kerja tipe karburator mobil yang satu ini mirip dengan jenis variable venturi. Namun, konstruksi dari kedua karburator adalah amat berbeda.

Saat dilihat dari konstruksinya, karbu air valve venturi punya dasar karbu arus turun dua barel atau disebut juga dengan down draft double barrel. Katup udara yang dipasang di dalam silinder secondary juga proses pembukaan air valve bervariasi sesuai dengan besaran jumlah udara yang berhasil dihisap.

Apa Fungsi Pelampung pada Karburator?

Pelampung yang terdapat pada karburator memiliki fungsi untuk menjadi indikator mengenai jumlah bahan bakar yang terdapat pada reservoir. Kalau bahan bakar sudah sedikit maka pelampung akan langsung mengikuti tinggi dari permukaan bahan bakar dan akan menarik needle valve ke bawah yang membuat persediaan bensin akan masuk ke dalam reservoir.

Keluarga wuling, aktivitas keseharian yang ditunjang kendaraan seperti berangkat ke tempat kerja, antarkan anak ke sekolah dan membawa barang-barang keperluan. Jadi, Anda sebaiknya harus senantiasa merawat karburator mobil Anda agar selalu optimal saat digunakan, ya. Sekian dari kami, jangan lupa lihat promo Wuling andalan kami ya, seperti Alvez, Almaz RS, dan Air ev.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer