Kenali Istillah Ban Vulkanisir Mobil dan Bahayanya

27 August, 2024
clock-bold
6 menit membaca

Image Kenali Istillah Ban Vulkanisir Mobil dan Bahayanya

Istilah ban vulkanisir tentu sudah cukup familiar bagi pemilik kendaraan. Ban jenis ini merupakan ban bekas yang telah diperbarui dengan menambahkan lapisan karet baru pada permukaannya melalui proses vulkanisasi. Proses ini melibatkan pengelupasan lapisan luar ban yang sudah aus dan menggantinya dengan lapisan karet baru.

Ban merupakan salah satu komponen penting yang menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara. Sehingga sangat penting untuk memilih ban yang berkualitas. Maka dari itu menggunakan ban vulkanisir pun harus memperhatikan kualitas agar tetap aman dalam berkendara. Selain karena harganya lebih ekonomis dibandingkan dengan ban jenis lainnya, ban ini menawarkan beberapa keuntungan, namun juga memiliki risiko dan kekurangan.

Pengertian Ban Vulkanisir

Ban vulkanisir adalah ban bekas yang alurnya sudah gundul atau menipis, tetapi dilapisi kembali dengan potongan material karet berserat lain untuk memberi kesan baru. Setelah dilapisi dan difinishing, ban vulkanisir memiliki bentuk dan desain yang mirip dengan ban asli.

Ban vulkanisir, meskipun terlihat seperti ban baru, berbeda dengan ban orisinil. Seperti saat Anda mengganti ban, Anda bisa membedakan ban vulkanisir dan ban jenis lainnya, ban ini memiliki panjang karet sisa yang lebih panjang, sementara ban orisinil memiliki panjang karet sisa yang lebih pendek.

Selain itu, hal lain yang membedakan ban orisinil dari ban vulkanisir adalah tanda indikator keausan, juga dikenal sebagai ITW. Ban vulkanisir memiliki tanda ITW sejajar dengan alur ban, sementara ban orisinil memiliki tanda ITW di bagian pinggir yang dekat dengan tapak ban.

Perbedaan Ban Full Press dan Vulkanisir

Perbedaan Ban Full Press dan Vulkanisir

Ban full press dan vulkanisir adalah dua jenis ban yang sering digunakan sebagai alternatif ban baru. Meskipun keduanya menawarkan harga yang lebih terjangkau, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam proses pembuatan dan karakteristiknya.

  • Proses Pembuatan

  1. Ban Full Press adalah ban bekas yang diolah kembali dengan menambahkan lapisan karet baru di seluruh permukaannya. Proses ini dilakukan dengan cara memanaskan ban dalam cetakan sehingga lapisan karet baru melekat dengan kuat. Hasil akhirnya membuat ban tampak seperti ban baru.
  2. Ban vulkanisir juga merupakan ban bekas, namun perbedaan utamanya adalah pada proses penambahan lapisan karet yang hanya dilakukan pada bagian tapak ban (bagian yang bersentuhan langsung dengan jalan). Bagian samping dan dinding ban tetap menggunakan material lama. Proses ini melibatkan penambahan karet baru dan pemanasan untuk memastikan karet tersebut melekat dengan baik.
  • Kualitas dan Daya Tahan

  1. Kualitas ban full press sering dianggap lebih rendah dibandingkan ban baru atau bahkan ban vulkanisir. Karena seluruh permukaan ban diolah ulang, ada risiko kualitas tidak merata. Selain itu, struktur ban yang telah dipakai sebelumnya dapat mempengaruhi daya tahan ban ini.
  2. Ban vulkanisir umumnya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan full press, terutama jika proses vulkanisasi dilakukan dengan benar. Karena hanya bagian tapak yang diolah, sisa struktur ban yang masih dalam kondisi baik dapat memberikan performa yang cukup stabil. Namun, karena hanya sebagian ban yang diolah, ada risiko perbedaan kualitas antara bagian tapak dan bagian samping.
  • Keamanan

  1. Ban full press mungkin memiliki potensi risiko lebih tinggi terkait keamanan, terutama jika proses pengepresan tidak dilakukan dengan sempurna. Ban ini bisa mengalami keretakan atau terkelupas pada kecepatan tinggi atau saat beban berat.
  2. Ban vulkanisir, jika diproses dengan baik, bisa lebih aman dibandingkan ban full press. Namun, karena hanya bagian tapak yang diperbarui, ban ini masih membawa risiko terkait dengan kondisi dinding samping yang mungkin sudah menua atau rusak.
  • Harga

  1. Ban full press biasanya lebih murah dibandingkan ban vulkanisir, karena prosesnya yang lebih sederhana dan kualitas yang cenderung lebih rendah.
  2. Ban Vulkanisir sedikit lebih mahal dibandingkan ban full press karena proses pembuatan yang lebih kompleks dan kualitas yang lebih baik.
  • Penggunaan

  • Ban full press cocok untuk penggunaan jangka pendek atau dalam kondisi beban ringan. Tidak disarankan untuk perjalanan jauh atau penggunaan intensif.
  • Ban vulkanisir sering digunakan pada kendaraan niaga seperti truk atau bus karena memberikan performa yang cukup baik dengan harga lebih ekonomis dibandingkan ban baru.

Ciri-Ciri Ban Vulkanisir

Ban vulkanisir atau ban hasil proses vulkanisasi memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakannya dari ban baru atau ban yang belum mengalami vulkanisasi ulang. Berikut adalah beberapa ciri-ciri ban vulkanisir:

  1. Tanda Merek Vulkanisir: Biasanya, ban vulkanisir memiliki tanda atau label khusus dari produsen yang menyatakan bahwa ban tersebut telah mengalami proses vulkanisasi ulang.
  2. Permukaan Tapak: Permukaan tapak pada ban vulkanisir seringkali menunjukkan pola tapak yang tidak rata dengan ban baru. Tapak bisa tampak lebih kasar atau tidak merata akibat dari proses vulkanisasi.
  3. Jalur Proses: terkadang Anda bisa melihat garis-garis atau bekas yang menandakan area di mana ban telah diperbaiki atau divulkanisir. Ini bisa terlihat seperti jahitan atau sambungan pada permukaan ban.
  4. Keausan yang Tidak Merata: Jika ban vulkanisir tidak dipasang atau diperbaiki dengan benar, keausan bisa terjadi secara tidak merata. Periksa apakah ban memiliki pola keausan yang tidak biasa atau tidak seimbang.
  5. Kualitas Karet: Karet pada ban vulkanisir mungkin tidak sebaik ban baru dalam hal kekuatan dan elastisitas. Ini dapat mempengaruhi daya cengkeram dan kenyamanan berkendara.

Bahaya Ban Vulkanisir

Bahaya Ban Vulkanisir

Ban vulkanisir memiliki kekurangan berikut meskipun mereka lebih murah. Kualitas ban vulkanisir tidak setinggi ban orisinil baru.

  • Kenyamanan Berkendara Berkurang

Penggunaan ban vulkanisir mempengaruhi kenyamanan berkendara. Ini terutama karena ban vulkanisir memiliki permukaan yang lebih keras daripada ban asli, yang sangat berpengaruh saat berkendara di jalan yang rusak dan bergelombang. Selain itu, berkendara di jalan yang berlubang dan rusak dapat menyebabkan benjolan pada ban.

  • Usia Ban Lebih Pendek dan Rentan Pecah

Ban vulkanisir biasanya memiliki daya tahan antara 60 dan 70 persen dari kondisi ban asli karena terbuat dari ban bekas dengan alur tipis yang dilapisi karet. Jenis ban ini usia pakainya pun terbilang cukup singkat, mulai dari satu hingga dua tahun.

Ban vulkanisir yang diberi tekanan angin yang tidak sesuai berisiko pecah saat digunakan karena kondisi tapak ban yang diukir kembali membuat permukaan ban lebih tipis, meningkatkan kemungkinan bocor dan bahkan sobek.

  • Kendaraan Tidak Stabil

Ban vulkanisir memiliki tapak ban yang tidak seimbang karena dipasang secara manual atau ala kadarnya. Jika digunakan, ini membuat keseimbangan kendaraan tidak stabil.

  • Memiliki Daya Cengkram yang Rendah

Ban vulkanisir sangat berisiko karena daya cengkramnya yang lebih rendah, terutama di jalanan yang licin. Jika jahitan dan lem pada tapak ban terkelupas, mobil akan sulit bergerak dalam kecepatan tertentu dan mungkin tergelincir.

Setelah menyimak penjelasan mengenai ban vulkanisir mulai dari ciri-ciri hingga bahayanya, Anda dapat menyimpulkan sendiri bahwa memakai ban vulkanisir cukup banyak resiko dan berbahaya. Demi keamanan, alangkah lebih baik untuk menggunakan selalu menggunakan ban original supaya aman dan nyaman dalam berkendara.

Pastikan bahwa ban yang digunakan dalam kondisi yang baik yaitu tidak gundul dengan memiliki pola batikan yang masih tebal sehingga memiliki daya cengkeram yang bagus.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer