Pengertian dan Fungsi Bumper Mobil

26 May, 2021

Image Pengertian dan Fungsi Bumper Mobil

Bumper Mobil adalah salah satu komponen yang biasanya dipasang di bagian depan atau belakang. Namun ada juga yang dipasang di bagian sisi samping, karena berguna untuk melindungi bodi mobil agar lebih aman terkena benturan.

Dulunya bumper mobil memang hanya dibuat untuk melakukan peredaman pada suatu benturan, namun sekarang dikembangkan menjadi pelindung mobil yang peranannya sangat signifikan. Dengan adanya bumper, maka pengemudi akan lebih aman dalam mengendarai mobil.

Pengertian Bumper Mobil

Pengertian Bumper Mobil

Bumper merupakan bagian dari mobil yang memiliki engsel atau built in dan biasanya diletakkan di bagian depan atau belakang mobil. Bumper banyak diletakkan di berbagai titik ekstrim sebuah mobil, baik itu pada bagian depan atau belakang.

Bumper bentuknya dan penempatannya sangat bergantung pada ide desain seorang pembuat mobil. Secara visual, bumper akan membentuk menjadi suatu kesatuan dengan keseluruhan mobil. Bumper bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih stylish dan elegan.

Banyak sekali pengendara yang masih menganggap bahwa bumper hanya sekadar elemen dekoratif dalam sebuah mobil. Peranannya yang kurang baik membuat banyak pengendara menghilangkan bumper supaya menjadi mobil versi standar.

Berdasarkan fakta, bumper yang memiliki sifat dekoratif memainkan peran yang sekunder dan bagian ini sengaja dirancang untuk keselamatan para pejalan kaki. Struktur berengsel dalam bumper bisa mencegah berbagai kerusakan bagian mobil

Bumper modern dirancang menjadi sebuah elemen yang tahan banting, karena dirancang untuk meredam berbagai jenis benturan. Meskipun seringkali menimbulkan ledakan dan bisa menjadi potongan kecil, namun bumper dirancang untuk memadamkan energi kinetik saat adanya tabrakan.

Fungsi Bumper Mobil

Selain berfungsi sebagai pengamanan eksternal yang sifatnya pasif, bumper mobil juga memiliki beberapa fungsi tambahan dan hal inilah penyebab beberapa model disebut dengan front end. Ada beberapa fungsi bumper yang sangat bermanfaat untuk sebuah mobil.

1. Menghindari Cedera Serius

Menghindari Cedera Serius

Bumper mobil berfungsi untuk melindungi para pejalan kaki supaya tidak mendapatkan cedera yang serius saat adanya tabrakan yang tak disengaja. Banyak pabrikan yang memasang bumper mobil dengan bahan yang kaku yang dilengkapi bantalan karet, sehingga tingkat kekakuan bumper menjadi lebih optimal.

2. Standar Keamanan Usai Tabrakan Kecil

Standar Keamanan Usai Tabrakan Kecil

Mobil terdahulu kebanyakan menggunakan bumper yang terbuat dari bahan logam dan hal ini memudahkan bumper berubah bentuk akibat adanya sebuah benturan. Bahan logam membuat bumper mobil lebih berbahaya bagi pejalan kaki saat adanya tabrakan.

3. Meningkatkan Aerodinamis Mobil

Meningkatkan Aerodinamis Mobil

Bumper yang modern memang dibuat dengan pertimbangan tampilan yang keren, sehingga membuat mobil terlihat lebih aerodinamis. Sudah banyak bumper mobil yang bagian tepinya dilipat ke bagian belakang untuk menjaga downforce.

4. Untuk Pasang Sensor Parktronic

Untuk Pasang Sensor Parktronic

Sensor parktronic bisa dipasangkan di bumper. Peranan sensor parktronic sangatlah penting dalam sebuah mobil, karena bisa membantu pengendara dalam memarkirkan mobil. Setidaknya ada 4 buah sensor yang biasanya terpasang di bagian bumper belakang, sehingga jarak dengan kendaraan lain bisa terjaga dengan baik.

5. Untuk Memasang Lampu Kabut

Untuk Memasang Lampu Kabut

Bumper mobil juga berfungsi sebagai tempat untuk memasang lampu kabut. Keberadaan lampu kabut sangatlah membantu pada kondisi jalanan yang kabut atau hujan. Dengan lampu kabut, maka Anda tetap bisa berkendara dengan aman meski kondisi cuaca kurang bagus.

Keluarga  Wuling, demikian bahasan lengkap mengenai pengertian dan fungsi bumper mobil. Semoga dapat menambah wawasan mengenai pentingnya bumper pada mobil saat berkendara.

 

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer