6 Alasan Kenapa Harus Servis Mobil Secara Rutin

30 July, 2020
clock-bold
3 menit membaca

Image 6 Alasan Kenapa Harus Servis Mobil Secara Rutin

Melakukan servis secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemilik mobil. Servis mobil secara rutin memang tak menjamin mobil bebas dari kerusakan, namun setidaknya hal itu bisa mengurangi intensitas komponen-komponen yang rusak. Selain itu ada beberapa alasan Anda harus rajin membawa mobil ke bengkel untuk melakukan servis rutin, berikut penjelasannya.

Memastikan Keselamatan di Jalan

1. Memastikan Keselamatan di Jalan 1000x569

Alasan utama melakukan servis mobil secara rutin adalah demi keselamatan Anda, keluarga, dan siapapun yang naik di dalam mobil tersebut.

Saat terjadi kecelakaan tak jarang diakibatkan oleh mobil yang juga tak rutin melakukan servis. Sistem pengereman, kurangnya oli mesin, karet wiper kaca yang sudah rusak, mungkin terdengar sepele. Padahal hal-hal kecil tersebut mungkin saja menjadi penyebab utama kecelakaan yang serius.

Dengan melakukan servis mobil secara rutin, Anda dapat mengetahui bahwa ada yang tak beres pada mobil dan bisa segera diperbaiki.

Mencegah Malfungsi Komponen dan Biaya tak Terduga

Mencegah Malfungsi Komponen dan Biaya tak Terduga

Saat melakukan perjalanan jauh, Anda mungkin pernah melihat ada mobil yang harus berhenti di pinggir jalan karena mengalami kerusakan. Pastinya Anda tak ingin hal itu terjadi pada Anda bukan? Untuk mencegahnya, melakukan servis secara rutin lah jawabannya.

Anda juga bisa menghindari biaya di luar perkiraan seperti menyewa towing karena harus membawa mobil mogok di pinggir jalan ke bengkel dan juga harus mengeluarkan uang ekstra karena naik kendaraan lain. Malfungsi komponen mobil juga bisa dicegah karena melakukan servis secara rutin. Para mekanik akan menemukan penyebabnya dan memperbaiki sebelum sesuatu hal yang lebih parah pada mobil bisa terjadi.

Baca juga: Perawatan Mobil Selama Terparkir di Rumah

Meningkatkan Performa Mobil

Meningkatkan Performa Mobil

Rutin servisi dapat menjaga performa mobil agar kondisi seperti baru. Mobil yang rutin dirawat akan lebih responsif, halus ketika dikendarai, dan juga nyaman untuk pengendara.

Memastikan Efisiensi Bahan Bakar

Memastikan Efisiensi Bahan Bakar

Setiap mobil memiliki standar efisiensi bahan bakarnya sendiri. Namun yang sering terjadi, para pengendara mengeluhkan mobilnya boros bensin tidak sesuai dengan klaim pabrikan. Salah satu penyebabnya adalah karena mobil jarang diservis secara rutin.

Baca juga: Pentingnya Mengganti Oli Mesin Mobil

Akibatnya, Anda harus mengeluarkan biaya ekstra ketika mengisi bensin. Padahal, dengan melakukan servis rutin, seluruh komponen mobil dapat bekerja dengan baik dan berpengaruh terhadap pengisian bahan bakar yang lebih hemat.

Memperpanjang Umur Mobil

Memperpanjang Umur Mobil

Perawatan berkala dapat mencegah malfungsi komponen mobil, meningkatkan performa, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan juga membuat mobil lebih panjang umur. Servis rutin ini juga memastikan kondisi kendaraan Anda sangat baik. Kondisi mobil yang baik juga turut berpengaruh terhadap seberapa panjang usia mobil tersebut.

Mengurangi Polusi

Mengurangi Polusi

Setiap berkendara, mobil berbahan bakar konvensional akan mengeluarkan gas karbondioksida dan karbonmonoksida. Salah satu cara untuk mengurangi gas karbon tersebut adalah melakukan servis rutin, kok bisa? Ini karena mobil yang tak diservis secara rutin bisa berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang kadar karbonnya lebih besar. Sementara dengan melakukan servis, memberikan semua komponen mobil dengan baik sehingga tak berdampak pada emisi gas buang yang buruk.

Itulah alasan mengapa Anda harus servis secara rutin mobil kesayangan Anda. Semoga bermanfaat.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer