Lampu Indikator Mobil: Pengertian, Jenis & Diagnosa Saat Menyala | Wuling

Auto Tips

Lampu Indikator Mobil: Pengertian, Jenis & Diagnosa Saat Menyala

30 Desember, 2020

Image Lampu Indikator Mobil: Pengertian, Jenis & Diagnosa Saat Menyala

Pada umumnya kondisi mobil cukup mudah dikenali situasi ataupun perubahannya. Apabila terjadi hal yang tidak wajar pada mobil terutama yang berkaitan dengan kondisi kendaraan akan terlihat melalui notifikasi yang terdapat pada lampu indikator. Masing-masing pabrikan sudah menyediakan berbagai parameter yang berhubungan langsung pada sensor masing-masing perangkat pada mobil.

Namun begitu harus Anda ketahui bahwa tidak semua notifikasi yang terlihat pada lampu indikator menandakan hal buruk terjadi pada mobil, tapi tetap saja harus waspada, ya. Notifikasi ini letaknya berbeda beda antara satu pabrikan dengan pabrikan yang lain, yaitu pada umumnya terletak pada dasbor speedometer yang ada di belakang kemudi agar pengemudi mengetahuinya dengan mudah.

Berikut adalah paparan arti simbol notifikasi lampu indikator yang umum ditemui pada semua jenis mobil. Sebagai catatan, Anda juga bisa menemukan simbol ini di buku panduan pemilik kendaraan.

Pengertian Lampu Indikator

Pengertian Lampu Indikator

Fungsi utama lampu indikator adalah sebagai sinyal yang menandakan adanya permasalahan pada beberapa bagian mobil. Apabila ada lampu yang menyala ada baiknya segera membawa mobil ke bengkel.

Di dalam mobil terdapat serangkaian sensor pada sistem elektroniknya. Sensor inilah yang dinamakan lampu indikator dan akan memberitahu apabila terdapat hal yang tidak wajar pada mobil.

Ada dua jenis warna lampu indikator yang harus Anda ketahui:

  1. Merah, mengindikasikan adanya permasalahan serius dan harus diantisipasi dengan cepat seperti masalah sistem pengereman, rendahnya tekanan oli ataupun overheat.
  2. Orange, mengindikasikan adanya hal yang tidak wajar pada mobil. Pada kondisi ini Anda masih bisa mengemudikan mobil, nnamun harus segera diperiksa ke bengkel terdekat.

Lampu Indikator Menyala Terus

Lampu Indikator Menyala Terus

Pada dasbor mobil ada cukup banyak lampu indikator, dan sampai saat ini masih cukup banyak orang yang masih bingung memahami masing-masing lampu. Ada baiknya Anda memperhatikan lampu indikator ini karena merupakan pertanda penting yang dapat menyelamatkan Anda dan membuat perjalanan lebih nyaman.

Lampu indikator mobil yang menyala terus adalah tanda utama ada yang tidak wajar pada mobil atau sinyal bahwa Anda harus melakukan pengecekan komponen tertentu mobil. Nah kalau masih bingung memahami apa saja lampu indikator ini, Anda bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Jenis Lampu Indikator Mobil

Cek Mesin

Lampu Indikator Cek Mesin

Notifikasi ini adalah tanda mobil mengalami masalah pada mesin. Kalau Anda mendapati lampu ini menyala terus, maka sangat disarankan segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan menggunakan alat On Board Diagnostic untuk mengetahui lebih detail dimana komponen yang menjadi sumber permasalahan.

Suhu Radiator

Lampu Indikator Suhu Radiator

Pada mobil keluaran terbaru, ada dua jenis lampu indikator untuk memberi peringatan mengenai suhu radiator. Lampu berwarna biru menandakan suhu mesin belum cukup panas untuk digunakan berkendara dan lampu berwarna merah yang menandakan suhu pada radiator terlalu tinggi.

Tekanan Oli

Lampu Indikator Tekanan Oli

Lampu indikator ini menandakan bahwa tekanan oli mesin mobil menurun. Apabila Anda mendapati lampu ini menyala, sebaiknya berhentikan mobil di tempat yang aman dan diamkan mobil Anda hingga dingin. Tambahkan oli untuk mengembalikan tekanan oli supaya bisa dipergunakan kembali. Namun apabila sudah ditambah dan masih menyala, sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel karena menandakan indikasi permasalahan di bagian yang lain.

Servis

Simbol pada lampu indikator ini biasanya berbeda beda tergantung pabrikan. Namun pada umumnya simbolnya berupa kunci tang dan mobil atau kunci tang dengan mesin. Lampu indikator ini untuk mengingatkan Anda jadwal perawatan berkala mobil. Tidak perlu khawatir ada permasalahan berat pada mesin mobil Anda.

Aki

Lampu Indikator Aki

Lampu indikator ini berhubungan dengan kebutuhan listrik dalam mobil. Pada umumnya lampu indikator aki ini akan menyala pada saat kontak on dan mati saat mobil dihidupkan. Namun kalau mendapati lampu aki tetap menyala saat mobil dihidupkan adalah  pertanda permasalahan pada aki mobil, bisa jadi daya listrik aki menurun atau menurunnya kemampuan alternator dalam menciptakan listrik.

Apabila lampu menyala, Anda bisa cek ketinggian air aki. Apabila levelnya menurun bisa ditambahkan dan bisa dilakukan pengisian akiapabila dibutuhkan. Namun kalau lampu masih menyala adalah pertanda terjadi masalah pada alternator dan harus segera dibawa ke bengkel.

Power Steering

Lampu Indikator Power Steering

Sistem kemudi saat ini ada yang hidrolis ataupun elektrik, namun kalau Anda mendapati lampu indikator ini menyala berarti menandakan ada yang tidak wajar pada sistem kemudi power steering Anda. Ada beberapa penyebabnya dan Anda harus melakukan pengecekan di bengkel terdekat.

Kunci Tidak Terbaca

Lampu Indikator Kunci Tidak Terbaca

Lampu indikator ini biasanya ada pada mobil yang menggunakan sistem immobilizer. Lampu ini akan menyala kalau kunci mobil yang digunakan bukan kunci mobil yang seharusnya karena tidak terbaca oleh sistem. Apabila mengalami permasalahan ini sebaiknya jangan gerakkan mobil sampai dengan kunci mobil Anda ditemukan dan lampu indikator ini mati.

Tekanan Angin Ban

Lampu Indikator Tekanan Angin Ban

Mobil yang dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS) akan memberikan sinyal apabila tekanan angin ban Anda berkurang. Anda juga bisa menemukan sensor ini pada mobil Wuling Almaz, Cortez dan Confero sekaligus memberitahu kondisi terkini tekanan angin pada masing-masing ban Anda.

Diesel Particulate Filter

Lampu Indikator Diesel Particulate Filter

Lampu indikator ini hanya ada di mobil dengan mesin diesel standar emisi Eropa saja. Sensor ini akan memberikan adanya tumpukan polutan yang tersaring oleh Diesel Particulate Filter (DPF), apabila lampu ini menyala maka Anda sudah memasuki masa penggantian perangkat DPF.

Lane Departure Warning

Lampu Indikator Lane Departure Warning

Lampu indikator ini biasanya terdapat pada mobil dengan fitur lengkap seperti stereo camera untuk membaca marka jalan. Jadi saat mobil terbaca melintasi marka jalan tanpa memberikan peringatan dan berada dalam situasi yang kurang baik, maka lampu indikator ini akan menyala. Sebaiknya segera perbaiki laju mobil Anda dan kembali ke lajur yang seharusnya.

Bahan Bakar Habis

Lampu Indikator Bahan Bakar Habis

Lampu indikator ini biasanya terletak di dekat indikator bensin. Apabila lampu ini menyala menandakan bahan bakar mobil Anda sudah hampir habis dan harus melakukan pengisian segera di pom bensin terdekat.

Airbag Aktif

Lampu Indikator Airbag Aktif

Sesuai dengan simbolnya, lampu indikator ini berhubungan dengan kantong udara pengaman atau airbag. Apabila menyala menandakan airbag mobil aktif, dan apabila menyala saat airbag tidak mengembang artinya menandakan ada permasalahan pada sensornya. Sebaiknya segera datang ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

Pintu Terbuka

Lampu Indikator Pintu Terbuka

Anda harus memastikan lampu indikator ini tidak menyala saat Anda berkendara. Lampu indikator ini menandakan kalau ada pintu yang belum tertutup rapat, sehingga cukup berbahaya bagi penumpang saat mobil sedang berjalan.

Kontrol Traksi

Lampu Indikator Kontrol Traksi

Lampu indikator ini berhubungan erat dengan kontrol traksi roda. Sensor ini hanya terdapat pada beberapa model mobil saja. Apabila lampu indikator ini menyala, menandakan adanya traksi berlebihan pada roda. Segera lakukan pengecekan di bengkel terdekat supaya perjalanan Anda tetap nyaman.

ABS

Lampu Indikator ABS

Lampu indikator ini berkaitan erat dengan rem Anti-lock Breaking System (ABS) yang terdapat pada mobil Anda. Apabila Anda mendapati lampu ini menyala saat sedang mengemudi, maka ada sesuati yang tidak wajar pada sistem pengereman Anda. Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Rem Tangan Aktif

Lampu Indikator Rem Tangan Aktif

Lampu indikator ini menandakan rem tangan Anda sedang berada pada kondisi aktif dan mencengkram roda dengan baik. Namun apabila Anda sudah menurunkan rem tangan dan lampu ini aktif saat mobil sedang berjalan, sebaiknya segera lakukan pengecekan karena dapat menghanguskan kampas rem depan mobil Anda.

Malfungsi Transmisi

Lampu Indikator Malfungsi Transmisi

Lampu indikator ini hanya ada pada mobil dengan transmisi otomatis. Apabila lampu ini menyala mengindikasikan adanya malfungsi pada girboks otomatis Anda. Ada beberapa penyebabnya, untuk mengetahuinya sebaiknya Anda melakukan pengecekan di bengkel mobil terdekat.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik