Tips Memilih Karpet Mobil Terbaik dan Cara Perawatannya

10 October, 2020
clock-bold
4 menit membaca

Image Tips Memilih Karpet Mobil Terbaik dan Cara Perawatannya

Karpet mobil memiliki fungsi utama untuk menjaga kebersihan dalam mobil dari debu dan kotoran. Karpet mobil juga sangat efektif dan terbaik untuk meredam kebisingan di dalam kabin, jadi jangan heran kalau ada ada pemilik mobil yang menggunakan karpet berbahan tebal. Tujuannya tidak lain untuk mengoptimalkan peredaman kebisingan di dalam kabin. Selain itu karpet mobil juga dapat menambah penampilan mobil supaya tampak lebih mewah.

Nah, untuk mempermudah Keluarga Wuling dalam memilih karpet mobil yang cocok untuk kendaraan Anda. Simak tips dari kami berikut ini, ya.

Tips Memilih jenis karpet

Ada beberapa jenis karpet yang ada di pasaran saat ini, dibagi berdasarkan bahan dan fungsinya. Keluarga Wuling bisa simak tips memilih jenis karpet berikut ini supaya tidak salah memilih, terutama dalam musim hujan seperti sekarang ini.

1. Berdasarkan Fungsi

a. Karpet Dasar

Karpet Dasar

Karpet dasar biasanya menjadi bagian dasar mobil, berfungsi untuk menutupi bagian plat lempengan yang ada di dasar mobil. Karpet dasar biasanya terbuat dari bahan fabric dan memiliki pola yang sesuai dengan alas mobil.

b. Karpet Pelapis

Karpet Pelapis

Karpet pelapis, biasanya digunakan untuk melindungi karpet dasar dan menambah kecantikan interior mobil. Karpet pelapis biasanya terbuat dari kulit sintetis, karet, wol, karet dan masih banyak lagi. Fungsi lain dari karpet pelapis adalah penahan kotoran

Baca Juga: Tips Menjaga Kebersihan Mobil Supaya Selalu Nyaman

2. Berdasarkan Jenisnya

a. Bahan Sintetis

Karpet Bahan Sintetis

Karpet jenis ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Sangat awet dan sangat mudah dibersihkan, peminatnya juga sangat tinggi karena harganya yang cukup murah. Karpet sintetis juga bisa menyerap bau kaki dengan baik dan menghindarkan kabin mobil dari bau yang mengganggu.

b. Bahan Karet

Karpet Bahan Karet

Karpet jenis ini menggunakan bahan karet asli. Mudah dibersihkan dan sangat awet, karena memiliki umur yang lebih panjang dari karpet sintetis. Namun karpet jenis ini harganya cukup mahal, walau begitu harga yang mahal sebanding dengan kualitasnya.

Baca Juga: Interior Wuling Almaz Semakin Stylish dengan Aksesoris Mobil Ini

c. Bahan Beludru

Karpet Bahan Beludru

Karpet jenis ini biasanya digunakan pada mobil premium atau mobil yang mengedepankan konsep detailing. Karpet jenis ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus, serta memberikan kesan mewah. Kekurangan dari karpet ini adalah cukup sulit dibersihkan.

d. Bahan PVC

Karpet Bahan PVC

Karpet jenis ini juga sangat diminati karena lebih higienis dan tekstur uniknya mampu memberikan kenyamanan di kaki. Karpet jenis ini mampu membuat mobil menjadi jauh lebih higienis dan bersih serta sangat mudah dibersihkan, sangat cocok untuk musim hujan seperti sekarang ini.

Baca Juga: 4 Cara Simpel Melakukan Perawatan Interior Mobil

Tips Merawat karpet mobil

Tips Merawat karpet mobil

Sebagai pengguna, Anda harus menjaga kebersihan karpet mobil setiap harinya karena kotoran yang menumpuk akan menjadi keras dan sulit dibersihkan. Merawat karpet mobil tidak sulit kok, Anda hanya perlu mengeluarkan saja karpet mobil dan bersihkan menggunakan sampo atau deterjen supaya kotoran bisa rontok. Anda bisa juga menggunakan sikat apabila diperlukan.

Setelah kotoran dibersihkan secara merata, Anda tinggal menjemur karpet saja. Saat penjemuran harus benar-benar diperhatikan supaya berada di tempat yang berangin dan tidak terkena sinar matahari langsung. Ini dimaksudkan supaya warna dasar karpet mobil tidak berubah karena sinar matahari. Pastikan karpet sudah benar-benar kering sebelum dimasukkan ke dalam mobil.

Baca Juga: Modifikasi Interior Mobil Wuling

Range Harga Karpet Mobil

Range Harga Karpet Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga karpet mobil berdasarkan jenis dan kualitasnya. Semakin baik kualitasnya maka semakin mahal juga harganya.

Karpet dengan bahan sintetis dan karet harganya tergolong cukup murah dan terjangkau, berkisar antara 70 ribu rupiah sampai 250 ribu rupiah, Anda sudah mendapatkan karpet berbahan sintetis dan karet yang berkualitas.

Untuk karpet beludru yang menggunakan bahan premium, memberikan kemewahan tampilan interior mobil berkisar antara 250 ribu rupiah sampai 500 ribu rupiah. Sementara karpet dengan PVC harganya lebih mahal karena dapat membuat mobil jauh lebih bersih dan higienis terutama di musim hujan. Harga karpet jenis ini berkisar antara 150 ribu rupiah sampai 400 ribu rupiah.

Sekarang Keluarga Wuling bisa memilih karpet apa yang sesuai dengan mobil Anda. Pemilihan karpet yang tepat dapat meningkatkan penampilan mobil Anda, tidak terkecuali pada Cortez CT Type S terbaru.

Karpet mobil dengan penggunaan bahan dan warna yang tepat sangat sesuai dengan konsep interior yang elegan dan minimalis, terutama pada penggunaan konsep two tone color pada bagian interior. Nah, mana karpet pilihan Keluarga Wuling?

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer