3 Tips Membersihkan Kabin Mobil dari Ancaman Virus | Wuling

Auto Tips

3 Tips Membersihkan Kabin Mobil dari Ancaman Virus

2 April, 2020

Image 3 Tips Membersihkan Kabin Mobil dari Ancaman Virus

Di tengah mewabahnya virus COVID-19 di berbagai negara, termasuk Indonesia,  berbagai tindakan pencegahan pun harus dilakukan. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir juga selalu menggunakan masker ketika di luar rumah menjadi solusi pencegahan penyebaran virus ke tubuh. Begitu pun pentingnya membersihkan kabin mobil dari bakteri dan virus tersebut, berikut ada tips bagaimana cara membersihkan kabin mobil Anda supaya tetap steril.

Menggunakan Pembersih yang Tepat

Menggunakan Pembersih yang Tepat

Pada prinsipnya untuk memberantas virus dan bakteri bisa menggunakan larutan desinfektan yang terbuat dari hidrogen peroksida, creosote atau menggunakan alkohol 70 persen. Namun hal ini  tidak bisa dilakukan sesering mungkin pada sebuah barang. Begitu pun cairan pemutih dan hidrogen peroksida meski ampuh membunuh virus, namun cairan tersebut dapat merusak pelapis mobil.

Senyawa kimia amonia juga jadi salah satu zat yang dapat membersihkan noda membandel. Namun disarankan tidak digunakan pada sebuah layar sentuh karena dapat merusak bagian lapisan sensitifnya.

Baca juga: Cara Melakukan Pemeriksaan Rutin Mobil Sehari-Hari

Saat ini memang banyak cairan yang diklaim mampu membersihkan kabin, namun ada baiknya dicoba terlebih dahulu ke barang tak terpakai sebelum ke bagian kabin mobil. Jika  mengandung alkohol, pastikan dites terlebih dahulu apakah membuat kulit menjadi kering atau tidak.

Disarankan, untuk membersihkan interior mobil Anda, bisa menggunakan sabun cair dengan kandungan Potential Hydrogen (PH) atau zat asam yang rendah, seperti halnya sabun bayi. Perlu diketahui juga, ketika membersihkan jangan terlalu memberikan tekanan pada bagian tersebut, apalagi pada bahan yang rentan rusak dan material yang mudah berubah warna.

Waktu Terbaik Membersihkan Mobil

Waktu Terbaik Membersihkan Mobil

Kapan waktu yang tepat membersihkan kabin mobil? Sepatutnya setelah sampai rumah, (sebelum masuk ke rumah) bersihkan langsung kabin mobil menggunakan cairan yang disarankan pada tulisan di atas tersebut. Membersihkan mobil juga dapat dilakukan sebelum bepergian, sehingga menghindari kuman atau bakteri yang bisa menempel pada supir atau penumpang. Kabin yang wangi dan bersih pasti membuat penumpang betah, bukan?

Baca juga: Cara Membersihkan Sunroof Agar Awet

Langkah Kecil Tapi Penting

Langkah Kecil Tapi Penting

Selanjutnya, ada langkah-langkah penting lainnya untuk menjaga kebersihan kabin mobil kesayangan Anda:

  1. Sediakan tempat sampah kecil yang tertutup. Ketika sampah sudah penuh dan sampai di tempat tujuan maka buang secepatnya di tempat sampah.
  2. Siapkan tisu basah yang bisa menjadi solusi untuk membersihkan noda di kabin mobil. Ya, tisu basah memang sangat praktis, jika dibandingkan harus menggunakan lap basah.
  3.  Bersihkan alas kaki. Sebelum masuk kabin mobil, Anda diharuskan membersihkan alas kaki baik sepatu atau sandal. Sebab, kotoran yang menempel di alas kaki dari jalanan luar akan terbawa masuk ke dalam kabin. Kita tidak pernah tahu ada banyak bakteri dan kuman yang menempel, bukan?
  4. Pastikan tak ada barang bawaan tertinggal dalam kabin mobil dengan jangka waktu yang terlalu lama. Hal ini dilakukan untuk mencegah potensi kotoran dari barang menempel pada jok mobil Anda.
  5. Gunakan pengharum ruangan agar kabin mobil lebih segar dan nyaman setelah dibersihkan. Anda bisa memilih beberapa bahan alami mulai dari aroma kopi, soda, hingga daun pandan.

Itulah paparan bagaimana membersihkan kabin mobil untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga tercinta. Jaga selalu kesehatan dan rajin membersihkan mobil, ya.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik