5 Tips Berkendara agar Tidak Stres Saat Mengemudi

1 February, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image 5 Tips Berkendara agar Tidak Stres Saat Mengemudi

Mengemudi di jalan raya tidak semudah dibayangkan, tidak sekadar gas, rem, kopling, ganti gigi, pegang kemudi dan menuju lokasi tujuan. Satu hal yang pasti adalah dibutuhkannya konsentrasi, karena dalam mengemudi di jalan raya harus saling menghormati dan berkendara secara santun. Bagaimana caranya? Cukup dengan mengatasi stres saat mengemudi supaya terhindar dari tabrakan atau menyerempet dengan mobil lain.

Dalam hal ini fitur sensor parkir sangat berguna karena memberikan informasi bila ada kendaraan yang mendekat dengan kendaraan kita, jadi pengemudi bisa segera waspada saat sensor parkir berbunyi. Namun apa jadinya kalau pengemudi tidak bisa lagi mengatasi berbagai hiruk-pikuk yang terjadi di jalan raya? Keadaan terburuk pengemudi bisa mengalami stres.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seorang pengemudi mengalami stres saat mengemudi di jalan, antara lain;

  • Berangkat kerja dalam keadaan tergesa-gesa
  • Kemacetan di jalan, dari yang sedang hingga berhenti total dalam waktu lama
  • Di klakson dari pengemudi yang berada di belakang
  • Salah jalan dan harus memutar dalam jarak yang jauh
  • Anak rewel di dalam mobil
  • Berselisih paham dengan seseorang, baik yang berada dalam mobil maupun berkomunikasi dengan ponsel

Untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan,berikut ini kami bagikan 5 tips berkendara agar tidak stres saat Anda mengemudi di jalan menggunakan mobil kesayangan Anda.

Berangkat Lebih Pagi

Tips Berkendara: Mengatasi Stres Saat Mengemudi Dengan Berangkat Lebih Pagi

Memang berangkat lebih pagi berarti mengurangi waktu Anda beristirahat, tetapi berangkat lebih pagi bisa memberikan Anda waktu ekstra di jalan agar tidak perlu terburu-buru dan masih ada banyak waktu bila kondisi jalan tidak menentu, seperti tiba-tiba ada kecelakaan yang menyebabkan jalan mengalami macet yang cukup padat.

Mendengarkan Music Favorit

Tips Berkendara: Mengatasi Stres Saat Mengemudi Dengan Mendengarkan Music Favorit

Pasti Anda memiliki stasiun radio favorit untuk menemani saat berangkat ke kantor atau saat pulang, bahkan penyiar favorit pun dapat mengurangi stres saat di jalanan yang padat. Atau Anda bisa juga mendengarkan lagu favorit saat berkendara yang ternyata sangat efektif untuk mengurangi kecemasan Anda saat mengemudi. Namun sebaiknya mendengarkan musik atau radio dalam volume secukupnya saja ya, supaya tetap waspada di jalanan.

Membawa Air Minum

Tips Berkendara: Membawa Air Minum

Perjalanan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung ataupun Surabaya tidak bisa diprediksi hari dan jam kepadatannya. Dengan hal sederhana seperti minum air sangat efektif untuk menurunkan stres saat berkendara, apalagi Anda tipikal pengemudi yang gemar bercerita bersama penumpang lain, pastinya butuh asupan air minum agar tenggorokan Anda tidak kering serta memberikan ketenangan dalam tubuh.

Baca juga: Kenyamanan Berkendara dengan Fitur Electric Seat Adjuster

Mematikan Ponsel

Tips Berkendara: Mematikan Ponsel

Pasti sebagian dari Anda tidak setuju dengan mematikan smartphone Anda saat dalam perjalanan. Minimal di silent atau di vibrate agar tidak mengganggu konsentrasi saat berkendara. Bila Anda memiliki banyak sekali Whatsapp Group, tidak ada salahnya untuk di-mute dalam periode 1 jam. Fakta membuktikan penggunaan ponsel dapat menurunkan tingkat konsentrasi selama berkendara.

Periksa Kondisi Kendaraan

Tips Berkendara: Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan, tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi kendaraan Anda. Selalu cek tekanan angin ban, air wiper, air radiator, oli dan tentu saja bensin. Semua ini untuk antisipasi saat terjebak macet, namun Anda tenang karena semua fungsi berjalan dengan baik serta bensin Anda masih sangat memadai untuk perjalanan jauh.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer