Berapa Biaya Perbaikan Baret Mobil di Bengkel Saat Ini?

20 March, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Berapa Biaya Perbaikan Baret Mobil di Bengkel Saat Ini?

Banyak pemilik mobil yang jarang mengetahui biaya perbaikan baret mobil di bengkel. Padahal baret pada mobil ini bisa terjadi kepada siapa saja dan dimana saja. Ada banyak faktor yang mungkin akan dialami oleh setiap pemilik mobil yang mengakibatkan baret mobil.

Pengetahuan untuk perbaikan baret mobil di bengkel ini menjadi penting sebagai referensi perbaikan di kemudian hari. Meskipun tidak pernah mengalami kecelakaan fatal, mobil masih mungkin mengalami kerusakan, seperti tersenggol sepeda motor, terkena serpihan aspal, atau dibersihkan dengan lap kasar. Perbaikan mobil yang baret dan lecet tidak murah.

Meskipun baret pada bodi mobil tidak mengganggu pengemudi saat berkendara, namun hal itu membuat mobil menjadi kurang menarik. Bagian bumper depan dan belakang, serta pintu, biasanya mengalami kerusakan cat bodi.

Hal ini terjadi karena pengendara tidak memperhitungkan posisi kepala atau ekor mobil saat berkendara atau parkir. Berikut ulasan biaya perbaikan baret mobil di bengkel hingga cara mencegah baret mobil.

Biaya Perbaikan Baret Mobil

Biaya Perbaikan Baret Mobil

Biaya pengecatan ulang mobil baret atau lecet biasanya dihitung per panel. Pengecatan ulang ini masih menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi masalah seperti baret dan lecet.

Berikut kisaran biaya perbaikan baret mobil berdasarkan per panel:

  • Kap mesin Mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp600 ribu
  • Kap bagasi Mulai dari Rp350 ribu hingga Rp600.000
  • Atap mobil Mulai dari Rp500 ribu hingga Rp800 ribu
  • Panel pintu Mulai dari Rp300 ribu
  • Kabin atas Mulai dari Rp650 ribu
  • Bemper depan dan belakang Mulai dari Rp350 ribu
  • Fender per panel Mulai dari Rp350 ribu

Harga di atas merupakan estimasi biaya secara rata-rata, selain itu harga cat mobil polyurethane akan lebih mahal daripada cat acrylic, tergantung pada bagian mobil yang dicat ulang, jenis kerusakan baret, dan jenis cat yang dipilih.

Biaya Cat Siram Mobil Full Body

Kita juga menghitung biaya pengecatan full body mobil dengan menggunakan metode pengecatan oven untuk mengatasi baret. Kita bisa memilih bengkel cat umum yang menawarkan pilihan cat berkualitas tinggi untuk biaya yang lebih rendah.

Biaya yang diperkirakan untuk cat ulang mobil secara keseluruhan bengkel body repair, termasuk memperbaiki bodi yang rusak, baret, dan penyok, dapat ditemukan di bawah ini.

  • Harga cat siram bodi penuh menggunakan bahan tertentu dengan harga kisaran mulai dari Rp4.000.000, tergantung pada kondisi bodi mobil dan pilihan warna.
  • Harga cat siram body penuh yang dibuat dengan bahan premium berkisar antara 6,5 juta dan 9 juta rupiah, tergantung ukuran dan warna.

Ganti Rugi Mobil Lecet

Bila mengalami suatu kejadian seperti kecelakaan hingga mengakibatkan baret pada body mobil sewaan atau orang lain karena kesalahan diri sendiri, Anda dapat mengganti biaya ganti rugi sesuai dengan patokan-patokan harga seperti di atas.

Harga ini bisa menjadi patokan namun tetap mengedepankan negosiasi yang baik dengan pihak lainnya. Pasalnya harga biaya perbaikan baret hingga lecet pada mobil bisa berbeda dari wilayah satu dengan wilayah lainnya.

Biaya Perbaikan Baret Mobil

Tips Cara Cegah Mobil Baret

Baret pada mobil sebenarnya bisa dihindari dengan sebuah antisipasi dan hati-hati dalam berkendara dan memarkirkan mobil. Selain itu, bisa dengan melakukan perawatan sebagai berikut:

  • Bersihkan Mobil Secara Teratur

Membersihkan mobil secara teratur, baik dari debu maupun hanya mencucinya sebelum digunakan. Mobil yang kotor dapat menjadi kusam dan baret karena debu yang menempel pada bodi. Ingatlah untuk menggunakan sabun khusus yang tidak merusak cat mobil saat mencucinya, dan gunakan lap yang lembut saat membersihkannya.

  • Berkendara dengan Hati-Hati

Menggunakan mobil dengan sembrono dapat menyebabkan mobil baret, terutama di jalanan yang sempit. Berkendara dengan hati-hati sangat penting untuk menjaga cat mobil tetap aman. Untuk memastikan bahwa tidak ada benda atau pengendara lain yang menghalangi Anda, periksa kondisi mobil di depan, samping, dan belakang.

  • Lapisi Body Mobil dengan Wax

Salah satu cara untuk memastikan cat mobil tetap bagus adalah melapisinya dengan wax mobil. Cara ini melindungi cat mobil dari sinar matahari, air hujan, dan debu dari jalanan. Pastikan Anda membeli wax mobil berkualitas tinggi untuk memperlambat korosi dan karat.

  • Rutin Lakukan Perawatan di Bengkel

Jangan lupa untuk mengunjungi bengkel secara teratur, mulai dari penggantian oli hingga perbaikan kecil. Dengan cara ini, mobil tidak hanya akan terlihat lebih baik, tetapi bagian mesin turut terawat dan berfungsi dengan baik.

Pastikan untuk selalu mengedepankan keamanan dalam berkendara agar mobil Anda tidak mengalami kerusakan selama perjalanan. Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk tetap menjaga bodi mobil lebih awet.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer