Wax Mobil: Arti, Jenis, Cara Kerja & Harga | Wuling

Life Style

Wax Mobil: Arti, Jenis, Cara Kerja & Harga

27 Desember, 2020

Image Wax Mobil: Arti, Jenis, Cara Kerja & Harga

Saat ini ada cukup banyak wax mobil yang beredar di pasaran. Namun tidak banyak yang paham mengenai wax yang akan mereka gunakan dan perbedaan antara satu wax dengan wax yang lain.

Pada dasarnya wax adalah sebuah lapisan khusus sintetis yang terbuat dari carnauba wax, natural oils, beeswax, dan petroleum distillates. Penggunaan wax diperuntukkan eksterior mobil yang membentuk lapisan tipis untuk melindungi cat mobil.

Walaupun antara satu wax dan wax yang lain terdapat perbedaan, namun secara fungsi dasar tidak terlalu ada perbedaan, yaitu untuk melindungi permukaan cat secara keseluruhan.

Pengertian Wax Mobil

Pengertian Wax Mobil

Salah satu tahap perawatan mobil yang sangat penting untuk memberikan perlindungan dan mengembalikan kilap cat mobil supaya selalu tampak baru. Pengaplikasian wax dilakukan dengan menggunakan lap microfiber atau sponge.

Sebelum Anda mengaplikasikan wax ke mobil, ada 4 hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu, yaitu berikut ini:

Permukaan Bodi Mobil Harus Bersih

Sebelum mengaplikasikan wax, usahakan mobil sudah dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu. Ini dimaksudkan supaya lapisan wax dapat menempel dengan sempurna ke bodi mobil.

Produk yang Digunakan

Ini juga poin penting yang harus diperhatikan, karena sampai sekarang tidak sedikit pemilik mobil yang tidak bisa membedakan mana polishing compound dan wax, apalagi sekarang sudah banyak produk yang mengkombinasikan keduanya. Anda harus memilih mana satu produk yang dibutuhkan, cek labelnya dan pilih produk yang memang dibutuhkan. Wax atau Polish.

Media Aplikator

Media aplikator yang digunakan biasanya adalah microfiber atau sponge, namun untuk microfiber ada hal yang harus Anda perhatikan adalah kondisinya. Pastikan saat digunakan bahan microfiber masih lembut dan tidak keras, karena jika tidak bisa mengakibatkan bodi mobil tergores.

Lokasi Melakukan Wax

Lakukan waxing di lokasi yang tertutup dan jangan lakukan di bawah sinar matahari karena akan membuat bodi mobil menjadi panas. Akibatnya waxing hasilnya tidak akan sempurna.

Perbedaan Wax dan Polish

Perbedaan Wax dan Polish

Sampai saat ini tidak sedikit pemilik mobil yang tidak bisa membedakan antara waxing dan polishing mobil, padahal keduanya adalah hal yang sama sekali berbeda. Namun fungsi keduanya saling melengkapi satu sama lain. Akan tetapi tidak harus keduanya dilakukan secara beriringan, terkadang ada kalanya mobil hanya membutuhkan salah satu perawatan wax atau polish saja.

Lalu, sebenarnya apa perbedaan antara keduanya?

Wax

Wax

Pada dasarnya fungsi dari waxing adalah memberikan perlindungan pada cat bodi mobil untuk mempertahankan kilau cat dan warna mobil dan menghindarkan dari warna kusam. Dengan menggunakan bahan sintetis, bodi mobil akan diberikan lapisan tipis wax.

Perawatan ini sangat cocok untuk mobil yang dibeli dalam kondisi baru. Jadi Anda bisa mempertahankan kilau warna baru mobil Anda lebih lama. Semakin sering Anda melakukan waxing, maka kilau mobil Anda akan tetap terjaga seperti baru.

Untuk perawatan mobil yang sudah tidak baru lagi, tetap bisa dilakukan selama sudah melalui proses polish dan kilau mobil kembali. Baru setelah itu Anda bisa rutin melakukan waxing supaya cat tidak kusam kembali.

Polish

Polish

Polish ditujukan untuk mengembalikan kondisi cat yang sudah kusam. Jadi kalau Anda melakukan waxing tanpa melakukan polish terlebih dahulu, maha semua yang Anda lakukan adalah sia-sia saja.

Polish merupakan salah satu kategori perawatan car detailing dan menggunakan cairan yang sifatnya abrasif atau mengikis permukaan cat. Polish akan mengikis bagian cat yang kusam dan mengembalikan kilap mobil ataupun mengatasi baret halus pada mobil.

Interval Wax Mobil

Interval Wax Mobil

Meskipun kebanyakan orang memiliki pemikiran masing masing terkait seberapa sering melakukan waxing mobil, namun sampai sekarang produsen tidak pernah mengatakan seberapa sering boleh melakukan wax. Namun pada umumnya, aturan mendasar dalam melakukan waxing adalah satu kali dalam tiga bulan.

Hal ini dilakukan supaya cat mobil Anda tetap mendapatkan perawatan yang baik namun Anda juga terhindar dari hal hal yang menyebabkan cat mobil Anda menjadi kusam seperti penggunaan obat polish yang bersifat abrasif.

Jenis Wax Mobil

Dalam pengaplikasian wax mobil dibedakan menjadi beberapa jenis, Anda hanya perlu memilih mana saja yang sesuai dengan mobil anda.

Secara Bentuk

  • Bubuk
  • Cairan (Liquid)

Segi Penggunaan

  • Tuang
  • Semprot

Susunan Bahan

  • Carnauba

Harga wax jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan wax mobil jenis lain. Ini dikarenakan cukup sulit menghasilkan jenis lilin ini. Lilin ini dibuat dari pohon palem Carnauba yang cuma bisa hidup di Brazil dan dalam pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Jenis wax yang satu ini memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap sinar UV, air dan memiliki sifat hypoallergenic.

  • Polymer

Wax jenis ini dibagi lagi menjadi dua bagian. Pembagiannya ini berdasarkan seberapa baik larutan Polymer memberikan perlindungan maksimal pada cat mobil hingga ke bagian pori-pori.

    1. full polymer
    2. polymer nano

Segi Kelas

  • Standard class

Bahan dasar yang digunakan adalah silikon, pada kelas ini merk yang cukup bagus adalah Kit dan Sanpoly

  • Medium class

Bahan dasar yang digunakan lebih baik dari silikon, pada kelas ini merk yang cukup bagus adalah Meguiars dan Turtle Wax.

  • High-end class

Bahan dasar yang digunakan mengandung carnauba, pada kelas ini merk yang cukup bagus adalah Chemical Guy, Zymol, dan Swissvax.

Cara Kerja

Cara Kerja 

Cara kerja wax adalah melakukan perawatan mobil secara menyeluruh dengan memberikan lapisan wax diatas lapisan clear coat cat mobil Anda. Dengan menggunakan lapisan yang serupa lilin ini, Anda dapat melindungi clear coat lebih lama.

Wax sebenarnya bisa hilang saat melakukan proses pencucian mobil, dalam 3-5 pencucian mobil lapisan wax ini mulai memudar. Oleh karena itu kalau tidak penting sekali jangan terlalu sering mencuci mobil karena akan mengurangi lapisan wax mobil Anda. Cukup lap dengan air dan kain bersih saja.

Range Harga

Range Harga

Walaupun saat ini sudah banyak cairan wax murah di pasaran, namun sebaiknya jangan asal membeli produk wax. Karena kesalahan dalam membeli akan berakibat sangat fatal pada mobil Anda. Karena tidak sedikit produk wax murah yang bersifat abrasif.

Produk wax kategori baik yang bisa Anda beli harganya berkisar Antara Rp. 70.000 – Rp. 200.00. Pada harga ini ada beberapa produk yang sudah banyak disarankan seperti Turtle Wax, Silicon Glaze Amway ataupun 3M.

Untuk produk yang jauh lebih baik dengan kualitas premium, Anda bisa mendapatkannya dalam kisaran harga Rp. 200.000 – Rp. 500.000. Ada cukup banyak produk premium yang bisa Anda gunakan dalam kisaran harga ini, salah satunya adalah Meguiars.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik