Berapa Jauh Kemampuan Jarak Tempuh Wuling Air ev?

30 September, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Berapa Jauh Kemampuan Jarak Tempuh Wuling Air ev?

Wuling Air ev menjadi mobil listrik yang sangat populer di Indonesia. Saat ini sudah cukup banyak masyarakat yang menggunakannya di jalan raya untuk keperluan sehari-hari, mulai dari bekerja hingga sekolah.

Wuling Air ev yang bisa dikatakan sebagai pemain baru di pasar mobil listrik, memberi gebrakan dengan mobil yang ramah lingkungan dengan desain compact yang menunjang mobilitas sehari-hari.

Bentuknya yang mungil ini menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi para pecinta otomotif. Selain itu untuk eksteriornya, mobil listrik ini mengusung konsep future-tech dengan tampilan yang modern.

Dibekali berbagai fitur canggih, sebagai mobil listrik pengisian daya tentu menjadi salah satu bagian penting. Maka dari itu, Wuling Air ev ini memiliki fitur Easy Charging yang menjadi keunggulannya.

Jarak Tempuh Wuling Air ev

Setiap mobil listrik pasti memiliki patokan jarak tempuh yang bisa ditempuh dengan sekali pengisian daya. Jarak tempuh ini tentu sangat berkaitan dengan kapasitas baterai yang dimiliki mobil listrik tersebut.

Apabila kapasitas baterainya besar, tentu jarak tempuhnya akan semakin jauh. Begitu pula sebaliknya, apabila kapasitas baterainya kecil, tentu jarak tempuhnya semakin pendek.

  • Wuling Air Ev Long Range Jarak Tempuh

Memiliki kapasitas baterai 26.7 kWh, Wuling Air ev tipe Long Range memiliki jarak tempuh hingga 300 Km.

  • Wuling Air Ev Standard Range Jarak Tempuh

Memiliki kapasitas baterai 17.3 kWh, Wuling Air ev tipe Standard Range memiliki jarak tempuh hingga 200 Km.

  • Wuling Air Ev Lite Jarak Tempuh

Setara dengan Tipe Standard Range, Wuling Air ev Lite memiliki kapasitas baterai 17.3 kWh dengan  jarak tempuh hingga 200 Km.

Patokan jarak tempuh dari pabrikan akan berbeda dengan patokan jarak tempuh di lapangan karena kondisi medan jalan yang dilalui. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti kapasitas dan kualitas baterai. Apabila kapasitas dan kualitasnya bagus, tentu jarak yang ditempuh akan normal seperti bawaannya.

Selanjutnya adalah kondisi jalan yang ditempuh. Apabila jalanan halus dan rata, maka beban motor penggerak akan lebih kecil, dan penggunaan energi dari baterai akan lebih hemat.

Terakhir adalah gaya berkendara, apabila gaya berkendara yang agresif akan membuat konsumsi daya menjadi tidak efisien. Mobil listrik yang dipacu dengan kecepatan tinggi secara berlebihan akan membuat baterai mobil cepat habis. Selain itu, rem yang diinjak secara agresif berulang kali juga bisa membuat baterai mobil cepat habis.

Kecepatan Wuling Air ev

Kecepatan Wuling Air ev

Kecepatan maksimum mobil listrik berbeda-beda tergantung daya motor penggeraknya. Mobil listrik Wuling Air ev memiliki kecepatan sampai 100 kilometer per jam. Kecepatan mobil listrik Wuling ini dapat dicapai dengan motor listrik yang dapat menghasilkan tenaga hingga 40 hp serta torsi hingga 110 Nm.

Meski dibawa berkendara dengan kecepatan hingga 100 kilometer per jam, namun Air ev tetap stabil dikendarai. Mobil ini juga minim guncangan sehingga tetap nyaman digunakan. Namun begitu, pengendara harus tetap mematuhi rambu lalu lintas, utamanya rambu yang mengatur tentang batas kecepatan maksimum saat berkendara di jalan.

Kapasitas Baterai Wuling Air ev

Kapasitas baterai dari Wuling Air ev ini akan berbeda dari setiap tipe yang ditawarkan. Saat ini ada tiga tipe yaitu Long Range, Standard Range dan Lite. Untuk ketiga tipe tersebut, perbedaan yang paling menonjol adalah kapasitas baterai bawaannya.

Untuk tipe Long Range berkapasitas 26.7 kWh, sedangkan untuk Standard Range dan Lite berkapasitas 17.3 kWh yang sama-sama memiliki motor bertenaga 30 kW atau setara dengan 40,2 dk dengan berpenggerak roda belakang.

Berapa Lama Charge Wuling Air Ev?

Keunggulan dari mobil listrik Wuling Air ev ini adalah adanya fitur Easy Charging. Fitur ini memungkinkan pemilik kendaraan untuk melakukan pengisian daya baterai dengan mudah dan cepat.

Selain itu, fitur ini memungkinkan pengguna Wuling Air ev bisa melakukan pengisian daya baterai dari rumah. Wuling Air ev dibekali dengan 2 system easy charging, yaitu socket box dan charging pillar.

Socket Box mobil Wuling Air ev ini berisi socket atau colokan listrik dan alat pengaman elektrikal. Jenis socket charging yang digunakan adalah jenis AC GB/T. Socket Box ini mampu meneruskan daya listrik sebesar 2200 W.

Charging pillar untuk mobil Wuling Air ev ini telah dilengkapi dengan charging gun sehingga bisa langsung dicolokkan ke mobil listrik. Pillar ini mampu meneruskan daya listrik hingga 7700 W.

Setiap pembelian Wuling Air ev sudah dilengkapi dengan Socket Box, sementara untuk charging pillar dijual secara terpisah. Dengan perangkat ini, pengguna mobil listrik pintar tersebut bisa melakukan pengisian daya baterai dengan mudah dan mandiri dari rumah masing-masing.

Untuk waktu yang dibutuhkan dalam mengisi daya baterai dari Wuling Air ev ini beragam. Tergantung tipe dari mobil listrik tersebut, serta daya listrik minimum yang digunakan. Untuk Long Range memerlukan daya listrik 2200-6600 VA, sedangkan daya listrik minimum yang dibutuhkan Standard Range dan Lite adalah 2200 VA.

Durasi pengecasan menggunakan Socket Box dengan daya 2200 VA, tipe Long Range membutuhkan waktu kurang lebih 11 jam untuk pengisian baterai. Sedangkan untuk tipe Standard Range dan Lite membutuhkan waktu kurang lebih 8.5 jam.

Simulasi Gambaran Jarak Tempuh Air ev

Simulasi Gambaran Jarak Tempuh Air ev

Memiliki tiga tipe Long Range, Standard Range, dan Lite, membuat mobil listrik ini memiliki kemampuan jarak tempuh pada 300 Km dan 200 Km dalam satu kali pengisian daya. Sebagai contoh, jarak antara Bandung ke Bogor melalui jalan Tol Cipularang memiliki jarak 182 Km sehingga bisa ditempuh dengan satu kali pengisian daya menggunakan Wuling Air ev Standard Range maupun tipe Lite.

Selain itu, Wuling Air ev Long Range bisa menempuh jarak PP Bandung - Jakarta dengan satu kali pengisian dengan melalui rute jalan Tol Cipularang. Dengan begitu, pengendara akan nyaman tanpa was-was harus mengisi ulang baterai saat di tengah perjalanan.

Berapa Harga Wuling Air ev dan Garansinya?

Dalam pembelian unit baru, mobil listrik Wuling Air ev akan mendapat potongan PPN 10% yang membuat harganya semakin terjangkau karena Anda cukup membayar PPN 1% hingga Desember 2023. Saat ini harga mobil listrik mungil tersebut dipatok dengan harga Rp 206 hingga Rp 299 jutaan untuk OTR Jakarta.

Untuk komponen inti kendaraan mendapatkan garansi khusus yang jangka waktunya lebih lama dengan jarak yang lebih panjang, yaitu 8 tahun atau 120.000 kilometer.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer