Hindari Menurunnya Fokus Mengemudi Saat Puasa

27 February, 2024
clock-bold
3 menit membaca

Image Hindari Menurunnya Fokus Mengemudi Saat Puasa

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan wajib hukumnya bagi umat muslim di seluruh dunia. Ketika berpuasa tubuh mengalami kekurangan cairan sehingga terjadi dehidrasi, kemudian stamina dan daya konsentrasi ikut menurun yang akhirnya tubuh jadi lemas serta mengantuk. Namun perlu dicatat, meski menahan lapar dan haus, Anda tak boleh beralasan untuk tidak melakukan kegiatan apapun. Agar Anda tetap fokus berkendara, berikut tips fokus berkendara saat puasa beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap konsentrasi di belakang kemudi.

Yang Harus Dilakukan

Yang Harus Dilakukan

Sebaiknya, ketika sahur, hidangan yang dimakan sehat dan mudah dicerna. Kandungan yang ada pada makanan juga harus seimbanga antara karbohidrat, protein, dan lemak. Makanan seperti keju, telur, susu, kacang, dan sayuran baik disantap ketika sahur.

Makanan yang mengandung banyak protein baik untuk tubuh, karena Anda tidak mudah lemas pada siang hari. Selain itu, konsumsi vitamin yang berasal dari buah atau jus agar stamina Anda tetap terjaga

Tak lupa, agar tidak mengalami dehidrasi ketika di siang hari, pastikan sebelum waktu imsak, Anda minum air mineral yang cukup. Buah kurma juga baik disantap tak hanya ketika waktu berbuka, saat sahur juga dianjurkan.

Yang Harus Dihindari

Yang Harus Dihindari

Ketika sahur, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan terlalu pedas, asin, atau berlemak tinggi. Makanan pedas dan asin dipercaya dapat memicu rasa haus terus menerus.

Khusus makanan pedas, bisa saja memicu terjadi sakit perut dan mengganggu pencernaan. Sedangkan bagi yang menderita maag, maka mengkonsumsi makanan pedas khususnya memicu meningkatnya asam lambung sehingga berpotensi menyebabkan nyeri di perut. Sementara makan makanan berlemak tinggi, dapat memperburuk gejala sembelit, serta mempercepat kerja sistem pencernaan  menimbulkan diare.

Ketika sahur juga hindari kebiasaan mengkonsumsi unsur kafein, seperti halnya kopi dan juga minuman bersoda. Sebab, hal ini justru dianggap membuat tubuh dehidrasi dan lesu. Sementara saat berbuka puasa, jangan langsung menyantap makanan pedas karena membuat perut yang selama seharian kosong menjadi kaget dan nyeri

Selain soal konsumsi makanan, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengemudi saat berpuasa yaitu:

Atur Kecepatan

Fokus Berkendara Saat Puasa Dengan Atur Kecepatan

Mengemudi ketika berpuasa memang harus lebih sabar. Sebab, kondisi tubuh ketika berpuasa memang berbeda seperti biasanya. Salah satunya serangan ngantuk kerap kali terjadi.

Karena itu, sebaiknya berkendara dengan kecepatan sewajarnya. Sebab, jika mengemudi dengan kecepatan tinggi, hal tersebut dikhawatirkan Anda tiba-tiba mengantuk, dan reaksi melihat jarak serta membaca kecepatan berkurang.

Menjaga Emosi

Fokus Berkendara Saat Puasa Dengan Menjaga Emosi

Sama seperti biasanya, mengemudi di jalan raya kerap kali memicu emosi. Nah, selama ramadan, sebaiknya tahan emosi ketika mengemudi. Memang, ketika berpuasa semua orang merasa jadi lebih terburu-buru lantaran ingin segera sampai di tempat tujuan, tak terkecuali berbuka bersama keluarga di rumah. Oleh karena itu, tahan emosi tersebut, ya.

Nikmati Perjalanan

Nikmati perjalanan

Ketika puasa tak ada salahnya tetap menikmati perjalanan meski kondisi jalanan cukup macet. Karena itu, pastikan mendapatkan hiburan saat mengemudi dengan fitur di mobil Anda.

Seperti ketika Anda mengendarai mobil Wuling Almaz, dapat menikmati fitur Smart Multimedia Hallo Wuling. Fitur ini dapat diakses dalam satu layar di dasbor dengan mengucapkan perintah melalui suara untuk mengoperasikan fitur tersebut, sehingga supir bisa tetap fokus berkendara ketika ingin mengaktifkan atau menonaktifkan multimedia. Hal ini memba

Selain itu, Smart Multimedia Hallo Wuling juga bisa menyalakan AC, membuka Aplikasi, menanyakan tanggal dan waktu, hingga membuka sunroof. Perintah suara ini amatlah membantu bagi pengendara agar pandangannya tetap fokus ke depan tanpa harus repot memencet tombol di layar multimedia Anda.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer