Kenali Cara Auto Detailing Mobil dan Kisaran Biayanya | Wuling

Life Style

Kenali Cara Auto Detailing Mobil dan Kisaran Biayanya

30 November, 2020

Image Kenali Cara Auto Detailing Mobil dan Kisaran Biayanya

Siapa sih yang tidak ingin mobilnya tampil cantik menawan baik eksterior maupun interior? Auto detailing adalah proses teknik merawat dan mempercantik mobil dengan lebih detail supaya lebih sempurna.

Auto detailing ini juga seringkali digunakan pada mobil kontes, namun tidak menutup kemungkinan juga penggunaan mobil harian dapat menggunakan layanan ini yang senang kebersihan dan supaya mobilnya tampak lebih baik dari sebelumnya.

Pengertian Auto Detailing

Pengertian-Auto-Detailing

Jika salon mobil fungsinya untuk membersihkan dan memberikan perlindungan ekstra ke mobil, maka auto detailing memberikan perawatan ekstra yang jauh lebih mendetail mulai dari eksterior, interior hingga ke dalam bagian mesin.

Seperti yang sudah diketahui, setiap harinya mobil selalu terkena berbagai kotoran seperti debu jalanan, aspal, oli, goresan kerikil, kotoran burung, sinar matahari dan masih banyak lagi yang berpotensi membuat mobil mulai tampak tidak sedap dipandang. Seperti cat yang mulai kusam, timbulnya jamur dimana-mana, kabin berbau tidak sedap hingga mesin yang terlihat kotor.

Disinilah auto detailing diperlukan, karena auto detailing tidak hanya sekadar membersihkan mobil, namun juga hingga ke bagian detail yang tidak tersentuh saat masuk ke salon mobil seperti baut pada velg, kolong mobil dan masih banyak lagi.

Biaya Auto Detailing

Biaya-Auto-Detailing

Biaya auto detailing bervariasi tergantung dari ukuran mobil dan produk yang digunakan. Namun pada umumnya untuk mobil ukuran kecil seperti sedan kecil, city car, atau hatchback biayanya berkisar 2,5 jutaan rupiah. Untuk mobil ukuran sedang seperti mobil 5 seater biayanya sekitar 3  jutaan rupiah.

Sedangkan untuk mobil berukuran besar dengan 7 seater atau sedan luxury biayanya sekitar 3,5 jutaan rupiah. Namun kalau untuk penambahan lapisan nano coating ada tambahan sekitar 3 juta – 3,5 juta rupiah diluar biaya paket detailing.

Cara Detailing Mobil

Cara-Detailing-Mobil

Cara melakukan detailing mobil jauh lebih detail daripada sekadar masuk ke salon mobil. Untuk penyempurnaan proses auto detailing pada mobil ada beberapa tahapan yang dilakukan supaya tampilan mobil menjadi semakin sempurna.

Cleaning

1.-Cleaning

Tahap pertama ini sangat penting untuk dilakukan, tahapan ini juga bisa ditemui tidak hanya di auto detailing namun juga di salon mobil pada umumnya. Tujuannya adalah untuk membersihkan bagian bagian mobil supaya menjadi lebih bersih. Proses ini sangat penting dilakukan karena kotoran yang terakumulasi akan merusak penampilan mobil.

Apabila diperlukan, pada proses ini juga akan dilakukan claying yang berguna untuk membersihkan endapan kotoran yang tidak terangkat saat melakukan proses cleaning. Proses ini dilakukan dengan menggunakan clay bar dan cairan lubrikasi yang berguna untuk mempermudah proses claying ini. Selain claying, paint cleaning juga dapat dilakukan apabila proses cleaning tidak bisa mengangkat kotoran sepenuhnya.

Paint Correction

2.-Paint-Correction

Tahap selanjutnya adalah paint correction yang merupakan proses koreksi cat mobil akibat goresan, baret halus, ataupun proses oksidasi pada bagian permukaan body mobil Anda. Pada tahap ini ada beberapa proses yang dilakukan seperti compounding, polishing dan glazing. Tidak jarang juga digunakan cairan lain sesuai dengan spesifikasi persoalan pada body kendaraan.

Bagian ini merupakan bagian paling penting dalam proses auto detailing karena akan mempengaruhi hasil akhir yang sempurna. Karena pada tahap ini penampilan kendaraan akan benar benar diperbaiki melalui proses yang ada.

Protection

3.-Protection

Proses paint correction akan memastikan tampilan mobil menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya, namun semua ini akan percuma tanpa adanya perlindungan maksimal pada mobil. Oleh karena itu, tahapan selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah protection atau tahapan proteksi pada body mobil supaya jauh lebih baik lagi.

Pada tahap ini ada beberapa proses yang harus dilakukan, seperti wax, sealant, atau coating yang dilakukan pada permukaan cat mobil. Pada permukaan yang lain seperti trim, krom, metal, ban dan lainnya menggunakan bahan lain yang berbeda sesuai jenis permukaannya. Adanya tahapan ini, kotoran pada mobil menjadi tidak mudah terakumulasi sehingga air dan debu menjadi tidak mudah menempel pada body kendaraan.

Maintenance

4.-Maintenance

Proses auto detailing yang terakhir adalah maintenance. Proses ini sifatnya tidak permanen alias sementara, durasinya tergantung dari produk yang digunakan. Tujuannya adalah menjaga kemampuan proteksi bisa menjadi lebih optimal dan lebih tahan lama.

Bagian ini dilakukan agar proses auto detailing dapat bekerja dengan maksimal dan mencegah kotoran menumpuk yang akan merusak proteksi mobil Anda. Metode yang digunakan dalam tahapan ini adalah detailer, finishing, last touch, atau sejenisnya. Namun harus ingat bahwa tahapan ini harus dilakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan.

Itulah tahapan-tahapan serta estimasi biaya untuk auto detailing mobil kesayangan Anda. Jika ingin memaksimalkan tampilan mobil, jangan ragu untuk melakukannya di tempat yang terpercaya dan memiliki tenaga profesional, ya.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik