Masih Bingung Cara Parkir Netral Mobil Matic? Ini Tipsnya

29 October, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Masih Bingung Cara Parkir Netral Mobil Matic? Ini Tipsnya

Parkir merupakan salah satu tindakan yang mungkin terlihat sederhana, tetapi sebenarnya memerlukan perhatian khusus dari pengemudi, terutama saat menggunakan mobil otomatis atau mobil matic. Bagi pengemudi pemula, parkir menggunakan mobil matic mungkin terasa agak tricky, apalagi jika parkir dalam kondisi netral.

Posisi netral adalah posisi ketika transmisi mobil berada dalam posisi yang tidak menghubungkan roda dengan mesin, sehingga roda dapat berputar secara bebas tanpa menerima tenaga dari mesin.

Umumnya, parkir dalam kondisi netral dilakukan saat kendaraan parkir secara paralel, yaitu parkir secara berbaris membentuk garis lurus. Ketika parkir secara paralel, pengemudi biasanya dihimbau untuk memposisikan mobil dalam kondisi netral dan tidak menggunakan parking brake, agar mobil bisa didorong untuk memberi jalan bagi mobil lain yang akan keluar.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai panduan dan tips cara parkir mobil matic posisi netral yang benar agar pengemudi tidak lagi kebingungan.

Cara Parkir Netral Mobil Matic yang Benar

Cara Parkir Netral Mobil Matic yang Benar

Untuk melakukan parkir netral mobil matic, Anda dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Lokasi Parkir yang Aman

Sebelum Anda parkir, pastikan bahwa lokasi parkir yang dipilih merupakan lokasi yang aman dan sesuai untuk parkir. Pastikan tidak ada tanda larangan parkir di lokasi tersebut dan perhatikan tanda-tanda lalu lintas serta regulasi setempat yang berlaku.

2. Parkir Mobil Matic Sesuai Lokasi

Jika lokasi parkir sudah dipastikan keamanannya, selanjutnya Anda bisa memarkir mobil matic Anda seperti biasa sesuai lokasi yang tersedia.

3. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi P

Setelah mobil diparkir dengan benar, pindahkan tuas transmisi dari posisi D ke posisi P supaya mesin mobil beserta seluruh fungsi dan sistem elektronik mobil mati dengan sempurna. Sebaiknya jangan langsung memindahkan tuas transmisi ke posisi N karena nantinya hanya mesin mobil saja yang mati, sedangkan fungsi dan sistem elektronik lainnya akan tetap menyala. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa mengunci mobil dari luar.

4. Matikan Mesin Mobil dan Aktifkan Parking Brake

Selanjutnya, matikan mesin mobil dengan tombol engine stop, lalu aktifkan parking brake. Parking brake perlu diaktifkan terlebih dahulu supaya mobil tidak bergerak saat nanti Anda memindahkan tuas transmisi dari posisi P ke posisi N.

5. Aktifkan Shift Lock

Berikutnya, Anda bisa mengaktifkan fitur Shift Lock. Fitur ini berfungsi untuk membolehkan pengemudi memindahkan tuas transmisi dari posisi P ke posisi N. Jika Anda tidak mengaktifkan fitur ini, maka tuas transmisi akan terkunci di posisi P dan tidak bisa dipindahkan ke posisi N. Fungsi Shift Lock dapat berupa tombol kecil yang harus ditekan atau berupa lubang yang harus dimasukkan anak kunci, tergantung jenis mobilnya.

6. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi N

Setelah fitur Shift Lock diaktifkan, Anda bisa memindahkan tuas transmisi dari posisi P ke posisi N supaya mobil berada dalam kondisi netral, sehingga ban tidak terkunci dan mobil bisa didorong.

7. Nonaktifkan Parking Brake

Setelah tuas transmisi berada di posisi N, selanjutnya Anda bisa menonaktifkan parking brake. Setelah itu, Anda bisa meninggalkan mobil dan mengunci pintunya. Untuk memastikan kembali, Anda bisa mencoba mendorong mobil Anda dari luar. Jika mobil bisa didorong dengan mudah, artinya mobil matic Anda telah terparkir netral dengan benar.

2 Masih Bingung Cara Parkir Netral Mobil Matic_ Ini Tipsnya 1000x569

Parkir dengan Bantuan Sistem ADAS pada Alvez

Parkir Netral umumnya dibutuhkan saat Anda perlu melakukan parkir paralel. Bagi Anda pengguna mobil matic Wuling Alvez, Anda bisa melakukan parkir paralel secara lebih mudah dengan memanfaatkan  fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System). ADAS sendiri merupakan teknologi canggih yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan berkendara dan memberikan bantuan saat mengemudi.

Fitur ADAS dapat digunakan  oleh pengemudi saat memarkir mobil, tidak terkecuali parkir netral.  Fitur ADAS menggunakan sensor parkir dan rear-view camera  untuk membantu Anda melihat apa yang ada di belakang mobil saat mundur dan memudahkan parkir di ruang terbatas.

Selain itu, fitur ini juga bisa membantu memberikan peringatan bagi pengemudi berupa suara jika posisi mobil Anda terlalu dekat dengan mobil lain. Dengan begitu, Anda bisa mengatur posisi mobil saat parkir netral dengan lebih mudah, supaya tidak terlalu berdekatan dengan mobil lain.

Adanya sistem ADAS pada mobil matic Wuling Alvez dapat memberikan bantuan tambahan bagi pengemudi dalam melakukan manuver parkir dengan aman. Meskipun begitu, Anda sebagai pengemudi tetap harus memahami cara parkir netral mobil matic dengan baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Anda juga harus mematuhi peraturan yang ada pada lokasi parkir demi menjaga keamanan dan keselamatan seluruh pengguna kendaraan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer