Cara Cuci Mobil Sendiri Ala Profesional | Wuling

Auto Tips

Cara Cuci Mobil Sendiri Ala Profesional

13 April, 2020

Image Cara Cuci Mobil Sendiri Ala Profesional

Di tengah penyebaran virus COVID-19 yang kian meluas di seluruh dunia, para pengendara disarankan untuk turut rajin membersihkan kendaraannya, baik itu sisi eksterior maupun interiornya. Membersihkan kendaraan bisa dilakukan dengan rutin cuci mobil Anda.

Di saat seperti ini, tidak memungkinkan untuk sering mencuci mobil Anda ke tempat cuci steam, karena berisiko di lingkungan umum dan pekerja tidak tahu riwayat kesehatannya. Maka untuk meminimalisir risiko penularan virus tersebut, ada baiknya Anda untuk mencuci mobil di rumah sendiri.

Anda tentu tidak menginginkan mobil kesayangan justru menjadi sumber penyakit untuk Anda dan keluarga. Berikut adalah tips-tips cuci mobil ala profesional yang bisa dilakukan sendiri.

Siapkan Semua Peralatan Mencuci

Siapkan Semua Peralatan Mencuci

Agar tak repot bolak-balik karena tangan licin penuh busa sampo mobil, sebaiknya Anda sudah menyiapkan semua peralatan seperti selang air, ember, dan spons.

Usahakan untuk menyiapkan tiga ember. Satu ember diisi campuran sampo mobil dan air, kemudian ember lainnya diisi air bersih. Tujuannya agar kotoran bisa benar-benar bersih. Bayangkan bila Anda hanya menggunakan satu ember. Kotoran yang ada di mobil bisa-bisa kembali menempel karena penggunaan ember yang sama.

Satu ember lagi digunakan khusus untuk membersihkan ban. Bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, ban dan pelek biasanya lebih kotor. Dengan menyiapkan ember khusus ini, Anda terhindar dari memindahkan kotoran di ban ke bodi mobil. Tak lupa lap kering dan cairan pemoles mobil juga disiapkan di sekitar Anda mencuci.

Mulailah Mencuci

Mulailah Mencuci

Setelah semua peralatan sudah siap, segeralah mencuci mobil Anda. Anda bisa menggunakan spons untuk membersihkan seluruh permukaan mobil dengan campuran cairan sampo dan juga air. Pastikan sampo yang digunakan khusus untuk membersihkan mobil, agar tidak memberikan kerusakan pada cat  mobil serta bagian eksterior lainnya.

Segera Bilas dan Keringkan

Usai membubuhkan seluruh permukaan mobil dengan sampo, segera bilas mobil. Hal itu dilakukan agar cairan bekas sampo tak membekas di permukaan mobil. Anda tentu tak ingin cat mobil baru Anda memiliki noda-noda putih bekas sampo, bukan? Segeralah lap mobil dengan menggunakan lap bersih atau kanebo.

Mencuci Ban

Mencuci Ban

Usai seluruh bodi mobil dicuci dan dilap dengan bersih, Anda bisa memulai mencuci ban. Ban sengaja dicuci paling akhir karena letaknya berada di bawah sehingga tak berpotensi mengotori bodi mobil. Bila ada, siapkan sikat gigi kala mencuci ban. Ini dapat membantu Anda menjangkau sela-sela ban yang sulit tersentuh tangan.

Memoles Mobil

Memoles Mobil

Supaya mobil tetap bersih dan mengkilap, Anda bisa menggunakan cairan waxing. Ini membantu agar cat mobil Anda terlihat lebih mengkilap dari biasanya. Penggunaan cairan wax juga dapat menjaga cat mobil dari kotoran bersifat korosif yang menempel seperti kotoran burung. Gunakan juga cairan ini untuk memoles ban agar bersih lebih sempurna.

Bersihkan Bagian Interior

Bersihkan Bagian Interior

Interior mobil merupakan bagian yang paling sering tersentuh tangan. Untuk itu, Anda sebaiknya rajin untuk membersihkannya secara rutin. Bisa menggunakan lap dan juga cairan pembersih interior yang aman. Hindari penggunaan hand sanitizer di interior karena kandungan alkohol di dalamnya berisiko merusak bagian dalam mobil tersebut.

Membersihkan mobil memang sangat penting. Jangan sampai mobil kesayangan Anda, seperti Wuling Almaz, yang memiliki tampilan premium dan modern, tidak dijaga kebersihannya. Rutin melakukan cuci mobil berkelas premium dan modern ini dapat memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang dalam setiap perjalanan, tidak hanya tampilannya saja!