Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula | Wuling

Auto Tips

Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

30 April, 2022

Image Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Kebanyakan mobil memiliki dua transmisi yang bisa dipilih oleh pemilik mobil, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Transmisi otomatis tentunya memiliki penggunaan yang lebih mudah. Hal itulah yang membuat beberapa orang memilih untuk menggunakan transmisi semacam ini. Namun beberapa orang beranggapan kalau mengendarai mobil otomatis bukanlah pengalaman mengendarai mobil yang sesungguhnya. Itulah kenapa banyak orang yang belajar cara menyetir mobil manual. Kalau Anda penasaran cara untuk menyetir mobil manual maka Anda bisa mengikuti cara-cara autotips yang Wuling berikan di bawah ini. Anda bisa menemukan berbagai situasi yang mungkin bisa Anda temukan di jalanan saat mengendarai mobil manual.

Apa Itu Mobil Transmisi Manual?

Naikkan Gigi

Gambar Ilustrasi Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Transmisi manual atau yang juga dikenal sebagai manual gearbox, transmisi standar, atau stick shift, merupakan sistem transmisi kendaraan bermotor multi speed, dimana penggantian gigi harus dilakukan oleh pengemudi secara manual dengan cara mengoperasikan stik gigi dan kopling.

Automobile zaman dulu menggunakan transmisi manual sliding mesh bersamaan dengan 3 rasio gigi depan. Sejak tahun 1950-an, transmisi manual constant-mesh sudah lebih sering digunakan dan jumlah rasio maju sudah meningkat menjadi 5 speed dan 6 speed untuk kendaraan saat ini.

Alternatif lainnya untuk transmisi manual adalah transmisi otomatis; transmisi otomatis yang sering digunakan adalah transmisi otomatis hidrolik dan transmisi variabel berkelanjutan (CVT), dimana transmisi manual otomatis dan transmisi mobil dual clutch memiliki inti yang sama dengan transmisi manual konvensional, tapi diganti secara otomatis.

Secara bergantian, ada transmisi yang memfasilitasi operasi kopling manual, tapi input pengemudi masih dibutuhkan untuk mengganti gigi secara manual, dinamakan transmisi semi otomatis.

Sistem ini menggunakan desain dari transmisi otomatis konvensional, dengan pengganti gigi, dan secara mekanik mirip dengan transmisi manual konvensional, dengan kontrol pengemudi dan input yang masih dibutuhkan untuk mengganti gigi, tapi sistem kopling benar-benar otomatis, dan penghubung mekanik untuk pedal koplingnya diganti dengan aktuator, servo, atau solenoid, dan sensor, yang mengoperasikan sistem kopling secara otomatis saat pengemudi menyentuh atau menggerakan pengganti gigi. Hal ini membuat pedal kopling fisik jadi tidak dibutuhkan.

Cara Menyetir Mobil Manual dengan Halus

Konsentrasi

Gambar Ilustrasi Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Menyetir mobil manual bisa secara halus lho! Berikut ini cara menyetir mobil manual dengan halus yang bisa Anda lakukan.

Perhatikan tekanan pedal gas

Anda harus selalu memperhatikan tekanan kaki kanan ke pedal gas saat sedang mengemudi. Jangan pernah menginjak pedal gas terlalu dalam karena bisa membuat mobil lompat. Kalau mobil terus menggunakan rpm yang tinggi, maka komponen mesin mobil juga akan jadi lebih cepat rusak.

Sering berjalan dengan kecepatan tinggi juga bisa meningkatkan risiko kecelakaan, mengingat jalanan di Indonesia yang selalu padat pengguna jalan. Anda hanya perlu menginjak gas secara perlahan dan membuat mobil berjalan sesuai dengan batas kecepatan yang sudah ditentukan di jalanan.

Jangan rem saat sudah dekat

Anda memang perlu menginjak pedal rem saat mau berhenti dan supaya tidak menabrak pengendara lain. Namun alangkah lebih baik bagi Anda jika pedal rem Anda injak saat jarak Anda dengan kendaraan lain masih jauh. Hal ini akan membuat mobil berhenti dengan lebih mulus dan mobil tidak terasa menghentak. Cara yang satu ini akan lebih baik digunakan daripada tiba-tiba mengerem saat jarak Anda dengan kendaraan lain sudah dekat.

Mengurangi kecepatan di jalanan berlubang

Jalanan yang Anda lewati di perjalanan pastinya tidak selalu dalam keadaan mulus. Pasti ada beberapa titik yang sudah mengalami kerusakan atau berlubang. Bukan hanya itu, biasanya juga ada banyak polisi tidur yang diletakkan di daerah pemukiman warga.

Anda bisa membuat perjalanan Anda tetap nyaman dan mulus dengan memperlambat laju kendaraan Anda. Saat Anda melihat jalanan yang berlubang dan lubangnya masih kecil, Anda mungkin bisa memperlambat laju kendaraan dan menghindari lubang. Namun Anda harus memperhatikan sisi lainnya karena bisa jadi ada tembok atau pengendara lain saat Anda ingin menghindari lubang.

Kalau lubang besar, maka Anda lebih baik mengerem sebelum melewati lubang tersebut supaya benturan yang terjadi bisa lebih mulus dan komponen suspensi pada mobil juga bisa lebih tahan lama. Anda juga bisa menggunakan cara yang sama saat melewati polisi tidur. Anda bisa mengerem terlebih dahulu sebelum melewati polisi tidur. Biarkan roda depan dan belakang melewati polisi tidur, baru Anda bisa menginjak gas lagi.

Hati hati ketika berbelok

Melewati perempatan atau pertigaan atau jalan di pegunungan membutuhkan kewaspadaan yang tinggi. Bisa ada kendaraan lain dari arah berlawanan datang tapi Anda tidak melihatnya. Anda bisa mengurangi kecepatan berkendara serta memperhatikan rambu yang ada. Hal ini bisa menghindari tabrakan dan juga membuat penumpang lebih nyaman di perjalanan.

Memperhatikan oper gigi mobil manual

Anda bisa mengendarai mobil manual dengan lebih halus dan nyaman dengan cara memperhatikan teknik penggantian gigi. Anda harus mengganti gigi dengan memperhatikan rpm yang ada di panel instrumen.

Naikkan posisi gigi tiap 3000-3500 rpm dan oper gigi ke gigi yang lebih rendah saat mau mengerem. Lakukan hal ini dengan mulus dengan cara memperhatikan pelepasan kaki kiri di kopling dan kaki kanan yang ada di gas.

Anda harus menginjak pedal kopling secara penuh dulu dan melepas kaki kanan dari gas, baru Anda bisa memindahkan gigi. Pertahankan rpm mesin dengan mengontrol injakan gas. Pada saat itu, lepaskan kaki kiri dari pedal kopling secara perlahan dengan kaki kanan yang menginjak gas supaya mesin tidak mati dan mobil juga tidak menghentak.

Tips Belajar Mobil Manual untuk Wanita

Menjalankan Mobil

Gambar Ilustrasi Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Belajar mobil manual itu susah-susah gampang, khususnya untuk wanita. Berikut ini adalah tips belajar mobil manual untuk wanita.

Memahami semua tombol yang ada di kendaraan

Anda pasti pernah merasa grogi dan takut saat pertama kali mengemudikan mobil. Hal ini merupakan hal yang wajar karena Anda memiliki risiko yang cukup besar. Namun hal ini bisa Anda kurangi dengan memiliki beberapa informasi dasar tentang semua fungsi dari tombol dan fitur yang ada pada mobil Anda.

Anda akan berhadapan dengan berbagai macam tombol yang memiliki fungsi berbeda-beda sehingga Anda harus paham fungsinya agar Anda bisa menggunakannya secara maksimal. Kalau Anda tidak mengerti informasi ini maka sangat wajar bagi Anda untuk takut saat berkendara. Setelah Anda memahami semua fungsi dari tombol yang ada, Anda bisa langsung menerapkan ilmu tersebut supaya Anda bisa lebih ahli dalam berkendara.

Berlatih di tempat yang tepat

Cara belajar mobil manual untuk wanita selanjutnya adalah berlatih di tempat yang sesuai. Anda bisa berlatih di lapangan yang luas. Lapangan dianggap sebagai tempat yang paling cocok untuk berlatih mengemudi karena Anda tidak akan menemukan penghalang.

Kalau Anda tidak bisa menemukan lapangan luas di daerah tempat Anda tinggal maka Anda bisa menggunakan jalan umum yang sepi pengendara. Anda bisa menggunakan cara yang satu ini supaya Anda tidak terlalu merasa grogi saat bertemu pengendara lain.

Fokus

Tentu saja Anda bisa merasa tegang saat Anda sedang mengendarai mobil. Anda bahkan bisa merasakan hal ini saat Anda baru saja masuk ke dalam kabin kendaraan dan menemukan banyak tombol yang tidak Anda ketahui kegunaannya apa.

Minta ditemani orang yang ahli

Anda bisa meminta bantuan dari salah satu anggota keluarga atau teman dekat untuk belajar mobil. Anda juga bisa mengikuti kelas kursus mengemudi apabila Anda ingin lebih ahli dalam mengendarai mobil.

Meningkatkan level wilayah berkendara

Tentunya Anda harus belajar terlebih dahulu sebelum Anda menjadi ahli dalam bidang tertentu dan hal yang sama juga berlaku saat mengendarai mobil. Semua orang memiliki waktu yang berbeda untuk bisa benar-benar ahli dalam mengendarai mobil dan tentunya Anda bisa mempercepat kemampuan ini dengan cara berlatih secara rutin.

Itulah kenapa Anda harus melatih kemampuan Anda dengan tidak hanya berhenti di satu medan saja. Kalau Anda sudah cukup ahli menyetir di jalan perkotaan yang padat maka Anda bisa melewati jalan yang ekstrim dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Cara Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

Turunkan gigi

Gambar Ilustrasi Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Menyetir mobil manual di tanjakan itu susah. Perlu latihan yang banyak agar berpengalaman dan, sehingga mudah saat menyetir di tanjakan. Berikut ini adalah cara menyetir mobil manual di tanjakan.

Jangan panik

Anda memang harus matang secara psikologi supaya Anda tidak panik saat melewati jalan-jalan yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Contohnya seperti saat Anda disalip kendaraan lain atau mundur saat menanjak. Anda harus tenang saat Anda menghadapi hal-hal seperti ini supaya Anda bisa menentukan langkah yang akan Anda ambil untuk membuat mobil berhenti dan tidak membuat kendaraan di belakang Anda tertabrak.

Gunakan rem tangan

Lalu Anda bisa langsung menarik rem tangan agar mobil berhenti. Rem kaki dan kopling terbilang kurang efektif dan dapat membuat kaki pegal. Cara yang satu ini juga cukup baik digunakan saat Anda sedang berada di jalan yang macet. Gunakan rem tangan dan hindari penggunaan rem kaki.

Atur berjalan maju

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah masukkan kopling ke gigi 1 dan menginjak pedal gas sambil mengangkat pedal kopling secara perlahan supaya mobil maju. Anda mungkin akan merasakan kalau mobil Anda cukup berat karena rem tangan yang masih digunakan.

Berjalan maju

Anda harus menginjak gas dan menurunkan rem tangan secara perlahan. Gunakan gigi sedang kalau Anda sedang melewati tanjakan yang tidak terlalu curam tapi Anda harus menggunakan gigi yang rendah saat Anda melewati jalanan yang curam.

Cara Menyetir Mobil Manual di Turunan

Tidak hanya tanjakan, menyetir mobil manual di turunan juga susah. Agar lancar, Anda bisa ikuti cara menyetir mobil manual di turunan ala Wuling ini.

Gunakan gigi rendah

Anda harus menggunakan gigi rendah, seperti gigi 3 saat Anda melewati jalan yang menurun melandai. Namun kalau turunannya tajam maka Anda harus menggunakan gigi 2. Hari ini Anda lakukan supaya mobil tidak berjalan terlalu cepat karena adanya rem mesin yang membuat putaran menjadi tidak terlalu tinggi. Jangan gunakan gigi tinggi seperti gigi 4 atau 5 supaya mobil tidak berjalan terlalu cepat.

Gunakan rem mobil

Rem mobil bisa Anda gunakan supaya mobil tidak kepanasan dan blong. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan saat berada pada jalan yang menurun dan bisa membahayakan pengendara lain di jalanan.

Cara Menghilangkan Rasa Takut saat Menyetir Mobil

Tempat Latihan Aman

Gambar Ilustrasi Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Saat menyetir, terkadang pengemudi mobil akan mengalami rasa takut. Namun, rasa takut ini bisa dihilangkan lho. Dengan cara menghilangkan rasa takut saat menyetir mobil dari Wuling ini, rasa takut Anda bisa segera ilang loh. Cobain deh!

Atur posisi duduk

Anda harus memilih posisi duduk yang paling membuat Anda nyaman sebelum Anda memulai perjalanan mengemudi mobil. Hal ini cukup penting karena dengan ini Anda bisa memiliki pandangan yang lebih luas.

Tinggi jok yang sesuai akan membuat pandangan Anda tidak terhalang oleh dasbor. Anda juga bisa menyesuaikan jarak jok dengan pedal gas, rem dan kopling. Jangan sampai jarak jauh Anda terlalu jauh dengan pedal pedal tersebut sehingga Anda kesulitan untuk menginjak pedal.

Perhatikan juga sandaran jok. Hal ini memang terdengar sepele tetapi sangat berpengaruh untuk memberikan kenyamanan dan menghilangkan grogi untuk mereka yang baru saja belajar mengemudi.

Belajar dengan orang yang profesional dan tenang

Belajar dari orang yang profesional adalah pilihan paling tepat supaya Anda tidak grogi karena pengemudi profesional sudah sangat mengerti cara untuk menangani pengemudi pemula yang biasanya ketakutan ketika baru belajar. Mereka juga pasti sangat tenang dan tidak panik sehingga saat Anda terkena masalah di jalanan mereka bisa membantu Anda. Hal ini juga pastinya akan membuat rasa grogi Anda berkurang.

Memahami bagian mobil dan fungsinya

Ada berbagai bagian dalam mobil yang harus dipahami oleh pengemudi supaya tidak salah dalam menggunakannya. Anda bisa menemukan pedal yang terdapat di bawah bagian kaki. Ada juga tuas transmisi dan rem tangan yang bisa Anda temukan di sebelah kiri Anda.

Tuas transmisi memiliki kegunaan untuk mengatur tenaga dan juga kecepatan mobil. Kalau rem tangan digunakan supaya Anda bisa berhenti. Bukan hanya bagian itu saja yang harus Anda pahami tapi Anda juga harus paham tombol-tombol lainnya, seperti tombol sein. Tombol wiper untuk menghidupkan wiper saat hujan juga cukup penting untuk dipelajari.

Sering-seringlah berlatih

Sering berlatih mengemudi bisa membuat Anda terbiasa dengan keadaan mengemudi dan pastinya Anda juga akan kehilangan rasa grogi dengan melakukan hal ini. Kalau Anda masih merasa grogi maka Anda harus lebih sering berlatih lagi supaya grogi bisa hilang dari pikiran Anda. Anda harus berlatih sampai berkali-kali sampai grogi ini hilang.

Jalan perlahan

Saat baru saja mengendarai mobil, Anda bisa menjalankan mobil Anda secara perlahan. Hindari mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi karena bisa membuat Anda panik dan meningkatkan rasa grogi Anda. Bukan hanya akan panik tapi Anda juga bisa menimbulkan kecelakaan.

Kecepatan mobil juga akan sangat mempengaruhi perasaan grogi yang Anda miliki dan Anda bisa kehilangan rasa grogi tersebut ketika Anda rileks. Itulah kenapa jangan terlalu ngebut saat Anda sedang belajar mengemudi.

Cara Mengendarai Mobil Kopling

Hidupkan Mobil

Gambar Ilustrasi Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Pada mobil manual, ada kopling, dan Anda perlu menguasainya agar dapat mengendarai mobil manual secara mulus. Berikut ini adalah cara mengendarai mobil kopling yang bisa Anda coba.

Kenali semua jenis pedal

Anda harus mengetahui semua fungsi pedal yang ada pada mobil kopling. Pedal yang berada di sebelah kiri merupakan pedal untuk kopling, pedal tengah adalah pedal rem dan pedal di kanan adalah pedal gas. Kalau Anda sudah mengetahui semua fungsi dari pedal maka Anda bisa mulai untuk mengendarai mobil ini.

Menguasai kopling

Kopling merupakan alat yang digunakan untuk memutuskan putaran mesin dan transmisi yang berhubungan dan juga untuk mempermudah penggantian gigi. Anda harus ingat kalau Anda ingin mengurangi atau menambah gigi maka Anda harus menginjak kopling.

Hal penting yang harus Anda ingat pada mobil kopling adalah perputaran mesin, kopling, transmisi, dan roda mobil. Anda harus tahu kalau masih mobil sudah berputar meski mobil belum berjalan.

Hal ini karena putaran terjadi pada mesin belum terhubung dengan roda sehingga roda tidak akan bergerak. Rangkaian kopling lah yang akan menghubungkan roda ke putaran mesin. Mesin yang berputar, kopling dan roda akan terhubung saat tuas persneling berada pada posisi 1,2,3,4,5 dan R. Kalau persneling berada dalam posisi normal maka kopling dan roda tidak bisa terhubung.

Mengoperasikan pedal

Anda harus selalu fokus dalam mengingat jarak ayunan pedal dan jarak pedal rem serta pedal gas. Supaya Anda bisa mengemudi mobil secara manual maka Anda harus terbiasa melepas pedal kopling secara perlahan dan teratur. Kuasai semua pedal yang ada.

Menghidupkan mesin

Anda bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara menstarter kunci kontak. Kalau mesin sudah menyala, Anda baru bisa melepas pedal kopling dan tuas transmisi yang ada pada posisi Netral.

Menginjak kopling secara penuh

Anda harus mempelajari cara menekan kopling dengan cara menginjak kopling secara penuh dan tahan. Mengingat jarak dari pedal kopling, pedal rem, pedal gas sangatlah penting untuk Anda ingat. Anda bisa melepaskan kopling secara hati-hati sampai Anda mendengar suara mesin sudah mulai turun. Anda bisa menginjak pedal kopling berkali-kali supaya bisa lebih familiar dengan suara mesin ini.

Menjalankan mobil

Kalau Anda ingin menjalankan mobil maka Anda bisa mengangkat kaki Anda yang ada di posisi kopling sampai putaran mesin menurun lalu menginjak pedal gas secara perlahan. Anda harus bisa menyeimbangkan gas dan kopling secara bersamaan. Cobalah berulang kali supaya tekanan saat menginjak gas dan melepas kopling bisa Anda kombinasikan.

Anda juga bisa berusaha untuk menemukan hasil kombinasi gas dan kopling yang maksimal. Tentunya Anda harus selalu waspada dan konsentrasi dalam penggunaan rem tangan supaya Anda bisa berhenti dalam keadaan darurat. Kalau Anda melepas pedal kopling terlalu cepat maka mesin mobil akan mati.

Anda harus mendengarkan suara mesin dengan baik. Kalau mesin terdengar seperti ingin mati maka Anda bisa menahan pedal kopling dengan lebih dalam. Mesin mobil yang berputar berlebihan ketika kopling diinjak bisa membuat kopling cepat aus dan mengeluarkan asap.

Cara Mengemudi Mobil Mundur

Mengetahui Fitur Mobil

Gambar Ilustrasi Cara Mengemudi Mobil Manual untuk Pemula

Mengemudi mobil mundur butuh latihan yang sering. Dan Anda bisa mengikuti cara mengemudi mobil mundur dari Wuling ini. Semoga berhasil!

Anda boleh menoleh ke belakang

Hal yang sering terjadi pada pengemudi Baru adalah mereka ragu untuk menoleh ke belakang. Mereka biasanya hanya menggunakan kaca spion saja. Hal ini akan membuat estimasi jarak dengan objek di sekitar menjadi kurang baik dan Anda bisa lebih mudah menabrak benda-benda di sekitar.

Anda bisa menoleh kebelakang dan mendapatkan perhitungan yang lebih akurat. Letakkan tangan kanan pada kemudi dan lepaskan tangan kiri dari kemudi. Lihatlah ke arah belakang lewat sebelah kiri, kemudian Anda bisa menginjak gas dan memundurkan mobil.

Memahami arah roda dan kemudi

Memahami arah dari roda dan kemudi mungkin adalah dua hal yang cukup membingungkan untuk pengemudi pemula. Posisi mundur mungkin akan membuat mereka bingung untuk mengoperasikan arah gerak kemudi. Kebanyakan pengemudi salah memutar kemudi sehingga mereka berjalan ke arah yang tidak seharusnya.

Anda bisa mengingat Kalau roda ingin bergerak mundur ke arah kanan maka Anda juga bisa memutar kemudi ke arah kanan. Hal ini sama saja saat Anda ingin mundur ke arah kiri. Anda juga bisa berlatih mundur secara rutin sebelum langsung masuk ke jalanan.

Gunakan rem

Anda juga harus terbiasa untuk menggunakan rem saat sedang mengemudikan mobil mundur. Cara mengemudikan mobil mundur yang tepat tidak harus menggunakan kecepatan yang tinggi.

Anda bisa menggunakan rem untuk mengatur kecepatan dan jika Anda merasa kalau mobil Anda melaju terlalu kencang maka Anda bisa menginjak pedal rem. Anda juga bisa menginjak pedal gas secara perlahan.

Dengan membiasakan refleks semacam ini Anda bisa mengurangi risiko salah menginjak pedal saat mundur. Salah menginjak pedal tentunya akan sangat berbahaya apalagi saat Anda melewati jalanan yang ramai. Itulah kenapa Anda harus memiliki refleks yang cepat dan sesuai dengan situasi di mana Anda sedang memundurkan mobil.

Tetap melihat ke depan

Situasi dan kondisi di belakang mobil yang harus Anda perhatikan saat Anda mengendarai mobil mundur. Namun Anda juga tidak boleh benar-benar melupakan sisi depan. Anda bisa memperhatikan spion mobil untuk mengetahui objek yang ada di sekitar.

Sisi depan mobil juga harus diperhatikan karena bagian moncong mobil harus tetap diawasi agar tidak menabrak objek lain. Hal ini juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan posisi mobil yang lebih rapi dan lurus.

Selalu rileks

Inilah kunci utama dalam mengemudi mobil mundur, yaitu tetap rileks. Pengoperasian mobil yang cukup kompleks ini mungkin bisa membuat Anda panik. Namun Anda harus tetap mencoba untuk selalu rileks dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan. Gerakan mobil ketika Anda sudah siap. Jangan malu atau takut dengan pengendara lain karena mereka pasti akan memaklumi Anda. Selalu berpikiran positif supaya Anda bisa konsentrasi.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan terkait dengan cara menyetir mobil manual. Di atas kami telah memberikan langkah demi langkah untuk Anda mempelajari cara menyetir mobil manual.

Anda juga bisa menemukan berbagai situasi yang biasa dihadapi di jalanan. Mengikuti langkah demi langkah tips yang kami berikan di atas tentunya akan membantu Anda dalam mempelajari cara menyetir mobil manual.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari orang-orang yang sudah ahli supaya Anda tidak melakukan kesalahan saat belajar menyetir dan Anda juga bisa menjadi ahli dalam waktu yang lebih cepat. Berlatihlah secara sering supaya reflek Anda di jalanan juga bisa menjadi lebih baik lagi. Semoga informasi trivia di atas dapat membantu Anda untuk belajar cara menyetir mobil manual dengan cepat.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik