Injector Cleaner: Pengertian, Cara Penggunaan dan Harga

20 October, 2020
clock-bold
3 menit membaca

Image Injector Cleaner: Pengertian, Cara Penggunaan dan Harga

Semakin bertambahnya usia pemakaian, kinerja injector akan mengalami penurunan. Salah satu penyebab utama adalah mampetnya lubang pin injector karena tumpukan residu sisa pembakaran. Solusi permasalahan ini adalah menggunakan injector cleaner supaya mobil tetap berada dalam kondisi yang prima harga nya pun juga terjangkau.

Anda tidak perlu khawatir, berikut ini kami akan memberikan cara menggunakan injector cleaner yang mudah.

Pengertian Injector Cleaner

Pengertian Injector Cleaner

Injector adalah perangkat penting dalam mobil yang memiliki fungsi utama menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran dalam mesin. Injector mobil yang bermasalah akan berakibat mesin mobil sulit dinyalakan, bahan bakar menjadi lebih boros dan menimbulkan suara mesin yang kasar.

Hal ini terjadi karena Injector tidak dapat bekerja dengan baik sehingga Electronic Control Unit (ECU) tidak dapat mengatur frekuensi dan tekanan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Injector cleaner berfungsi untuk membersihkan dan mencegah lubang pin injector dari residu sisa pembakaran. Selain itu juga berfungsi untuk menjaga sistem bahan bakar selalu bersih apabila digunakan secara teratur. Dampak langsung nya adalah performa kendaraan meningkat karena proses pembakaran menjadi jauh lebih baik.

Baca Juga: 7 Komponen Mesin Mobil, Apa Saja?

Perbedaannya dengan Carbon Cleaner

Perbedaannya dengan Carbon Cleaner

Walaupun memiliki fungsi yang hampir sama, tapi pada kenyataannya injector cleaner dan carbon cleaner memiliki perbedaan. Perbedaan utamanya adalah pada fokus pembersihan, injector cleaner berfungsi untuk membersihkan lubang injector dari residu sisa pembakaran. Sedangkan carbon cleaner berfungsi untuk membersihkan karbon yang menempel di ruang pembakaran mesin mobil.

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Kopling Mobil Agar Awet

Risiko Pemakaian

Risiko Pemakaian

Injector cleaner memang memiliki fungsi yang sangat baik untuk membersihkan injector. Anggapan yang banyak ditemui adalah penggunaan injector dapat membuat mesin mobil langsung prima, tapi sebenarnya tidak selalu seperti itu. Ada jangka waktu tertentu untuk menggunakannya, apabila terlalu sering menggunakannya akan berakibat mesin menjadi loyo dan susah dihidupkan atau bahkan mati.

Risiko lain yang mengintai adalah tingginya kandungan zat kimia Acetone yang seringkali ditemui di injector cleaner yang murahan. Zat ini memang mampu membersihkan residu dan harganya juga cukup murah, namun dapat merusak logam dan cat  mobil. Kadar Acetone berlebih pada injector cleaner ini dapat berisiko merusak seal dan sensor yang sensitif seperti sensor MAP.

Baca Juga: 9 Trik Irit Bensin Agar Pengeluaran Tidak Boros

Cara Menggunakan

Cara Menggunakan

Keluarga Wuling, tahukah Anda kalau ada cara yang cukup sederhana dan mudah untuk menggunakan injector cleaner ini di mobil. Yaitu dengan menuangkan cairan injector cleaner ke dalam lubang pengisian bahan bakar. Pencampuran ini sebaiknya setiap 5.000-10.000 kilometer, tergantung pada kualitas bahan bakar saat mobil digunakan.

Penggunaan injector cleaner dinilai cukup aman untuk bahan bakar, karena memiliki kandungan oktan yang dapat terbakar di ruang pembakaran. Namun sebaiknya hindari penggunaan pada mobil yang diam dan tidak digunakan dalam waktu lama, karena pembersihan menjadi tidak bisa maksimal dan selalu gunakan injector cleaner berkualitas.

Baca Juga: 6 Jenis Oli yang Harus Anda Tahu untuk Mesin Mobil

Range Harga

Range Harga

Memilih injector cleaner sebaiknya jangan melihat dari harga yang murah saja. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kandungan zat Aceton. Tingginya kandungan Aceton pada injector cleaner malah akan merusak bagian mesin.

Maka dari itu sebaiknya pilih merk injector cleaner yang sudah direkomendasikan oleh bengkel resmi supaya bagian mesin selalu terlindungi. Pada umumnya injector cleaner yang berkualitas harganya berkisar antara 50 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah.

Keluarga Wuling, injector cleaner memiliki peranan penting dalam pemeliharaan berbagai jenis mesin mobil supaya tetap prima. Sebelum memutuskan akan membeli injector cleaner merk tertentu, sebaiknya perhatikan cara menggunakan injector cleaner pada mobil yang sudah kami paparkan di atas, ya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer