Jenis Dongkrak Mobil dan Cara Kerjanya | Wuling

Auto TipsBlog

Jenis Dongkrak Mobil dan Cara Kerjanya

2 Mei, 2021

Image Jenis Dongkrak Mobil dan Cara Kerjanya

Dongkrak merupakan salah satu peralatan otomotif yang dipakai untuk mendongkrak mobil atau mengangkat bodi mobil. Dongkrak menjadi salah satu peralatan wajib yang harus dimiliki para pemilik mobil.

Dongkrak biasanya dipakai untuk membantu proses servis mobil, melakukan pengecekan bagian bawah mobil dan untuk mencuci mobil. Dongkrak juga menjadi peralatan yang bisa membantu Anda dalam kondisi darurat seperti mengganti ban yang kempes dengan ban serep. Setidaknya ada beberapa jenis dongkrak yang perlu diketahui dan dipahami cara kerjanya.

1. Dongkrak Mobil Botol

Dongkrak Mobil Botol

Dongkrak mobil botol adalah salah satu jenis dongkrak yang bentuknya menyerupai sebuah botol dan penggunaan alat ini sangatlah sederhana. Anda hanya perlu naik turunkan tuas supaya sistem hidrolik mobil bekerja dengan baik.

Dongkrak jenis ini juga memiliki bentuk yang sangat simpel dan kecil, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana saja. Sebelum Anda menggunakan dongkrak ini, maka pastikan sudah mengencangkan katup kecil yang berada di sebelah tuas pengungkit.

Sebaliknya, apabila ingin menurunkan dongkrak Anda tinggal putar tuas ke arah yang sebaliknya sampai dongkraknya turun ke bagian bawah. Dongkrak jenis ini sangat cocok untuk para pemilik dengan tipe kendaraan pribadi.

2. Dongkrak Gunting

Dongkrak Gunting

Dongkrak gunting merupakan dongkrak yang bentuknya paling simpel di antara semua jenis dongkrak. Dongkrak jenis ini tidak menggunakan sistem hidrolik, sehingga pengguna harus menggunakan tenaga yang besar untuk mengangkat mobil.

Meskipun penggunaan dongkrak ini sangat menguras tenaga, namun dongkrak ini sangat cocok untuk jenis mobil pribadi. Bentuk dari dongkrak ini sangatlah mungil, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Harga dongkrak ini juga sangat murah.

Mobil yang berukuran kecil dengan beban dibawah 2 ton sangat cocok memakai dongkrak ini. Apabila ingin mengangkat mobil yang sangat berat, akan sangat tidak mungkin. Jika dipaksakan, tentunya Anda perlu mengeluarkan tenaga yang besar.

3. Dongkrak Buaya

Dongkrak Buaya

Dongkrak buaya adalah salah satu jenis dongkrak yang memiliki ukuran sangat besar, sehingga lumayan berat. Pemilik dongkrak jenis ini sangatlah jarang di Indonesia. Kebanyakan pemiliknya hanyalah bengkel-bengkel mobil yang sudah resmi.

Tidak hanya berukuran besar, jenis dongkrak ini juga memiliki harga yang tinggi. Dongkrak ini juga sudah menggunakan teknologi hidrolik untuk mengangkat beban. Jenis dongkrak ini sangat aman dipakai, karena mampu mengangkat mobil yang ukurannya besar.

4. Dongkrak Penyangga

Dongkrak Penyangga

Dongkrak penyangga adalah jenis dongkrak yang biasanya dipakai oleh bengkel untuk mengangkat badan mobil. Dongkrak ini berbentuk kotak dengan sebuah pengungkit yang berada di salah satu sisinya. Penggunaan dongkrak ini sangatlah mudah untuk dibawa kemana-mana.

5. Dongkrak Kereta

Dongkrak Kereta

Dongkrak kereta merupakan jenis dongkrak yang banyak dipakai untuk mengangkat offroad yang memiliki bobot besar. Kapasitas angkat beban yang bisa dilakukan dengan dongkrak ini mencapai 20 ton. Kebanyakan pemilik dongkrak ini adalah bengkel.

6. Dongkrak Gabungan Botol dan Buaya

Dongkrak Gabungan Botol dan Buaya

Dongkrak botol buaya adalah jenis dongkrak yang merupakan gabungan dari dongkrak botol dan buaya. Dongkrak gabungan ini punya kapasitas angkat yang lebih besar. Kekurangan dongkrak ini yaitu memiliki ukuran yang besar, sehingga sangat sulit untuk dipindah tempatkan. Dongkrak jenis ini kebanyakan hanya dimiliki pihak bengkel resmi.

Sekian bahasan lengkap mengenai jenis dongkrak mobil dan cara kerjanya. Semoga bahasan di atas bisa menjadi referensi terbaik dan dapat bermanfaat untuk Anda dan Keluarga.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik