Apa Arti dan Keunggulan dari Lampu LED pada Mobil?

17 October, 2020

Image Apa Arti dan Keunggulan dari Lampu LED pada Mobil?

Seiring dengan kemajuan teknologi, lampu depan mobil terus berkembang. Saat ini lampu depan sudah makin canggih. Dalam beberapa tahun belakangan marak ditemukan mobil dengan lampu depan LED yang disebut-sebut efisien dan mempunyai banyak keunggulan.

Apa Itu Lampu LED?

 Apa Itu Lampu LED?

Lampu Light-emitting Diode (LED) merupakan lampu semikonduktor yang dapat memancarkan cahaya ketika ada arus listrik mengalir. Awalnya, teknologi LED digunakan pada perabotan rumah tangga. Kemudian pabrikan Jepang memberikan gambaran bahwa teknologi LED bisa dipasang sebagai lampu depan mobil.

Saat itu bohlam LED digunakan sebagai lampu kecil sedangkan lampu jauh masih mengusung halogen. Lalu pada tahun 2008, pabrikan Jerman mulai mengadaptasi LED untuk lampu depan pada salah satu modelnya.

Baca juga: Mengatasi Silau Cahaya Lampu Mobil di Malam Hari

Keuntungan Lampu LED

Keuntungan Lampu LED

Efisiensi masih menjadi salah satu fokus dari pabrikan ketika meluncurkan mobil baru. Efisiensi ini juga bisa didapat ketika Anda memiliki mobil dengan lampu LED. Lampu LED tak membutuhkan banyak listrik ketika dinyalakan. Inilah sebabnya para pabrikan memilih lampu LED karena alternator tak perlu bekerja ekstra sehingga bahan bakar yang digunakan cenderung tak boros.

Lampu LED Lebih Awet

Lampu LED Lebih Awet

Perawatan lampu ini tidaklah rumit. Biasanya, lampu LED memiliki jangka waktu hingga 15.000 jam atau berkisar 11-22 tahun lebih lama dibandingkan lampu halogen yang hanya 1.000 jam. Artinya, lampu LED bakal lebih lama untuk diganti daripada halogen.

Lampu-lampu yang ada saat ini dibuat dengan material kelas atas sehingga juga bisa diadaptasi pada industri otomotif dan lampu LED ini pun terbilang jarang mengalami kerusakan.

Baca juga: Eksterior Wuling Almaz Membersi Desain Berkelas

Instalasi yang Mudah

Instalasi yang Mudah

Bagi Anda yang mobilnya sudah dibekali lampu LED maka tak perlu lagi repot-repot menggantinya. Namun bagi Anda yang memiliki mobil tetapi belum dibekali lampu LED maka dapat mengkonversinya dengan membeli paket lampu utama. Ada paket perangkat lampu LED yang dapat langsung dipasang di tempat bohlam halogen. Ini menjadi keuntungan tersendiri karena tak perlu memodifikasi mobil pada bagian sistem kelistrikannya.

Lampu LED tak hanya bermanfaat bagi para pengemudi namun juga pengguna jalan di sekitar kendaran Anda. Sinar lampu dari LED cenderung tak menyilaukan dan tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi para pemilik mobil.

Di Indonesia, lampu jenis LED untuk mobil ini marak terpasang pada beberapa mobil. Termasuk Wuling Almaz yang juga mengadaptasi teknologi ini. Lampu LED tak sekadar efisien, melainkan juga membuat tampilan mobil lebih menawan. Anda bisa menilainya sendiri ketika melihat Almaz. Desain Almaz yang gagah tambah elegan dengan adanya lampu depan LED.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer