5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Perjalanan | Wuling

Life Style

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Perjalanan

30 Juni, 2020

Image 5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Perjalanan

Visibilitas penting dijaga ketika Anda berkendara apalagi saat musim hujan dan seringkali terjadi kaca mobil yang tiba-tiba berembun. Hal ini bisa lebih terjadi di malam hari karena suhu malam hari cenderung lebih dingin dibandingkan siang. Tiap bidang permukaan, termasuk kaca mobil pun menjadi dingin.

Bagi pengendara, embun sangat mengganggu penglihatan dan mengurangi jarak pandang karena membuat kaca menjadi biru. Tentu sangat berbahaya, lantas bagaimana cara mengatasi kaca mobil Anda ketika berembun dan mengganggu aktivitas berkendara Anda? Baca tips berikut:

Turunkan Suhu Dalam Mobil

Turunkan Suhu dalam Mobil

Embun muncul karena adanya perbedaan temperatur antara di dalam dan luar mobil. Untuk itu, langkah yang bisa Anda lakukan ketika embun muncul adalah menurunkan suhu di dalam mobil sehingga kondensasi pun akan berkurang.

Atur suhu kipas yang paling tinggi agar sirkulasi udara bisa lebih maksimal. Kemudian turunkan suhu mobil hingga yang paling rendah namun pada tingkatan yang masih bisa ditolerir.

Baca juga: Kenali 3 Ragam Jenis Kaca Atap Mobil

Menggunakan Fitur Defrost/Defogger

Menggunakan Fitur Defrost/Defogger

Bila mobil Anda dibekali dengan fitur defogger ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan embun. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung dari dasbor. Sementara bila embun yang terjadi di belakang mobil, Anda dapat menggunakan fitur defogger untuk menghilangkannya.

Resirkulasi Udara dalam Mobil

Resirkulasi Udara dalam Mobil

Opsi lain untuk menghilangkan kaca mobil berembun adalah menggunakan tombol resirkulasi. Dengan mengaktifkan fungsi ini, mobil akan memasukan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara tersebut tanpa mengubah suhu. Hal ini dapat mencegah adanya perbedaan suhu. Tak perlu berlama-lama resirkulasi udara di dalam mobil, bila sudah cukup embun menghilang maka Anda bisa mematikan fitur tersebut.

Mengaktifkan AC dan Wiper 

Mengaktifkan AC dan Wiper

Embun tak hanya terjadi bila suhu udara di luar dingin, namun juga bisa sebaliknya. Saat udara luar panas, dan suhu di dalam mobil dingin ini juga memungkinkan titik-titik embun muncul pada kaca.  Untuk menghilangkannya, Anda bisa mengurangi kecepatan AC.

Apabila AC dalam mobil bekerja dengan baik, suhu otomatis menurun secara cepat. Mengurangi suhu AC secara otomatis mengurangi embun yang menempel di kaca. Bisa juga menggunakan wiper dalam menyeka embun-embun tersebut. Pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan supaya tak mengganggu penglihatan Anda.

Baca juga: 6 Fungsi Kaca Film Mobil Ini Wajib Anda Tahu

Membuka Jendela

Membuka Jendela

Cara paling cepat dan mudah menghilangkan embun adalah membuka jendela. Bukalah jendela dalam waktu singkat dan biarkan embun menghilang. Setelahnya tutup kembali agar AC di dalam mobil bisa kembali terasa.

Nah, mudah kan mengatasi kaca mobil Anda berembun saat berkendara di musim hujan? Selamat mencoba.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik